Contoh KIR Buah Singkong Sebagai Insektisida Alami

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh KIR Buah Singkong Sebagai Insektisida Alami - Pernahkah sobat berfikir bahwa buah singkong dapat digunakan sebagai insektisida alami? Saya sendiri masih ragu tentang kualitas dari hasil penelitian ini. Untuk itulah, tugas sobat semua untuk memperkuat atau memperlemah teori ini sehingga dapat memberikan titik terang yang bermanfaat bagi kita semua. 

Untuk itu silahkan sobat pelajari contoh kir kali ini yang mengetengahkan mengenai analisis tentang singkong sebagai insektisida alami.

Sekilas untuk Contoh Kir ini 

Berikut silahkan diamati sekilas mengenai contoh kir kali ini. Meski cuma sekilas pasti sobat akan mendapatkan sesuatu yang berguna bagi kemudahan penyusunan karya ilmiah remaja yang sedang dilakukan.

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Indonesia merupakan negara agraris, yang dimana terdapat berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang memiliki banyak manfaat, baik berupa bahan pangan maupun obat-obatan. Salah satunya adalah tanaman singkong, singkong merupakan perdu yang berasal dari Amerika selatan dengan lembah sungai Amazon sebagai tempat penyebaranya. Pohon singkong dapat tumbuh hingga 1-4 meter dengan daun besar yang menjari dengan 5 sampai 9 belahan lembar daun. Singkong terdapat beberapa jenis, dan dapat dibedakan bedasarkan kandungan HCN, yaitu jenis pahit dan manis. ( http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=15646 )

Salah satu jenis singkong pahit yang sering dijumpai adalah singkong karet. Karena singkong karet memiliki kandungan HCN tinggi. Pohon singkong karet biasanya ditanam bukan untuk dikonsumsi melainkan untuk tanaman peneduh sehingga biasanya ditanam di pinggir-pinggir jalan. singkong karet memiliki buah berbentuk bulat, dan berwarna hijau, dan mengandung vitamin A, mineral, dan asam sianida. Pada umumnya buah singkong karet belum dimanfaatkan secara baik, dan hanya dibiarkan membusuk dipohon

Lingkungan merupakan tempat hidup suatu organisme memiliki peranan yang sangat penting. Tumbuhan memperoleh cahaya, air, mineral, vitamin, dan zat-zat lain yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan hidupnya dari lingkungan. Akan tetapi tumbuhan juga dapat terserang penyakit yang berada di lingkungan. Jika keadaan tersebut dibiarkan, akan menghambat pertumbuhan sehingga tumbuhan lama-kelamaan akan mati.

Penyakit tumbuhan dapat disebabkan infeksi oleh jamur, bakteri, virus, dan alga. Selain itu tumbuhan juga dapat terserang hama, misalnya tikus, belalang, dan wereng yang dapat merusak tumbuhan sehingga dapat mengurangi produktivitas tumbuhan.( IPA BIOLOGI UNTUK SMP KELAS VIII. Malang: Erlangga)

Oleh karena itu, kami mencoba untuk menciptakan pembasmi serangga secara alamiah, selain itu kami juga mencoba untuk meningkatkan daya guna buah singkong, sehingga bermanfaat dan dapat meringankan biaya produksi pertanian.

1.2.Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah.
  1. Apakah buah singkong dapat digunakan sebagai insektisida alami yang ramah lingkungan? 
  2. Apakah insektisida buah singkong efektif untuk membasmi serangga? 
  3. Apakah insektisida buah singkong dapat mengurangi penggunaan bahan bahan kimia berbahaya? 
1.3.Batasan Masalah
  1. Dalam penelitian ini, kami menggunakan buah singkong karet ( Manihot glaziovii M.A ) 
  2. Dalam penelitian ini, kami menggunakan semut, dan kami juga menggunakan penggerek batang kakao sebagai pembanding. 
1.4.Tujuan
Tujuan yang dapat dicapai dalam penelitian ini adalah.
  1. Untuk mengetahui apakah buah singkong dapat digunakan sebagai insektisida secara alami 
  2. Untuk mengetahui keefektifan daya racun buah singkong terhadap serangga 
  3. Untuk mengetahui apakah insektisida buah singkong dapat mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya 
1.5 Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah.
  1. Dapat memanfaatkan buah singkong sebagai insektisida alami 
  2. Untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang pembuatan insektisida alami 
  3. Dapat mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya 
  4. Menambah wawasan penulis tentang penelitian tumbuhan 

Salin Kir Buah Singkong Sebagai Insektisida Alami 

Melalui salin kir buah singkong ini sobat dapat mempelajari dan mendapatkan ide penelitian yang merujuk pada penelitian sebeumnya mengenai insektisida dari buah singkong. Silahkan di salin melalui tautan dibawah ini.

Download Contoh KIR Buah Singkong Sebagai Insektisida Alami

Kalau hanya merujuk pada satu contoh, tentunya pemahaman dan pengetahuan kita akan sedikit, untuk itu sobat dapat mencari beberapa contoh lain yang berkaitan. Sebagai alternatif lain yang mungkin bermanfaat, sobat juga dapat menyalin contoh lain mengenai kir dibawah ini.
  1. Pemanfaatan Bunga Asoka Sebagai Selai
  2. Analisis Penokohan Dalam Novel “Jalan Menikung Para Priyayi 2” 
  3. Peduli Lingkungan Dan Pergaulan Remaja 
  4. Manfaat Bawang Putih Sebagai Masker Alami 
  5. Buah Singkong Sebagai Insektisida Alami
Mempelajari, membandingkan dan mendalami beberapa contoh dan penelitian yang sebelumnya telah dilakukan tentunya akan memberikan banyak keuntungan bagi kita, karena itu silahkan dilihat juga contoh-contoh di atas.