Karya Tulis KIR Boraks Dan Formalin Pada Makanan

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Karya Tulis KIR Boraks Dan Formalin Pada Makanan - Begitu banyaknya berita mengenai penggunaan pengawet pada makanan membuat banyak orang merasa sangat khawatir. Kekhawatiran ini pun disambut dengan penelitian oleh sobat pelajar melalui sebuah karya tulis ilmiah atau juga karya ilmiah remaja dengan pembahasan tentang boraks dan formalin pada makanan. 

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai penelitian yang telah dilakukan oleh salah satu sobat pelajar ini silahkan simak uraian saya berikut.

Cuplikan Bab Penelitian Boraks dan Formalin 

Karena keterbatasan sumber daya dan keuangan blog maka saya hanya akan menampilkan cuplikan dari bab pendahuluan untuk Karya Tulis KIR Boraks Dan Formalin Pada Makanan ini. Silahkan disimak dan dipelajari dengan baik cuplikan berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab I ini akan dijelaskan mengenai latar belakang masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, hipotesa dan manfaat. (Contoh Karya Tulis)

1.1 Latar Belakang Masalah
Sekarang ini banyak sekali bahan kimia dan berbagai campuran-campuran lain dibuat dan diciptakan untuk membuat pekerjaan manusia dalam membuat makanan lebih efektif dan efisien. Tetapi di samping untuk makanan dibuat juga bahan kimia untuk pembuatan kebutuhan lain. Di mana bahan kimia tersebut tidak boleh dipergunakan dalam pembuatan makanan dan dapat berakibat fatal.

Hal ini sangat penting dan juga memprihatinkan. Fenomena ini merupakan salah satu masalah dan kebobrokan bangsa yang harus diperbaiki. Janganlah sampai membiarkan hal ini terus berlarut dan akhirnya akibat menumpuk di masa depan. Oleh karena itu, kami berusaha merangkum sedemikian rupa dan mencoba membedah apa saja yang seharusnya dilakukan dan mengapa hal ini menjadi hal yang sangat penting.

1.2 Pembatasan Masalah
Boraks adalah bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet kayu, antiseptik kayu dan pengontrol kecoa. Sedangkan formalin adalah bahan kimia yang digunakan sebagai desinfektan, pembasmi serangga dan dalam industri tekstil serta kayu lapis.

Kedua bahan kimia tersebut memang berguna jika digunakan sesuai fungsinya, tetapi menjadi sangat berbahaya bila digunakan dalam pembuatan pangan. Di mana pangan itu merupakan segala sesuatu yang menjadi bahan makanan manusia. Dan akibat dari penggunaan bahan-bahan kimia tersebut bisa jadi sangatlah fatal, dari kanker hingga menyebabkan kematian.

Dalam karya tulis ini kami akan berusaha membahas pendeskripsian sedetail mungkin dari boraks dan formalin itu sendiri serta bagaimana kedua bahan kimia tersebut dapat digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan pangan. Begitu pula dengan berbagai akibat dari penggunaan boraks dan formalin pada pangan tersebut serta bagaimana solusi yang harus dilakukan demi membasmi hal ini dan mencegah terjadi lagi.

1.3 Perumusan Masalah
  1. Apa faktor yang mendorong pihak-pihak tertentu untuk menggunakan boraks atau formalin pada pangan yang diproduksinya? 
  2. Jenis pangan apa saja yang menjadi sasaran penggunaan boraks atau formalin pada proses pembuatannya? 
  3. Bagaimana mengetahui suatu pangan dibuat dengan bahan pengawet dari boraks atau formalin? 
  4. Apa akibat dari penggunaan boraks atau formalin pada produk pangan? 
  5. Bagaimana penanganan penggunaan boraks dan formalin pada produk pangan ini supaya dapat dibasmi secara tuntas? 
1.4 Tujuan Penulisan
  1. Mengetahui pengertian boraks dan formalin. 
  2. Mengetahui jenis-jenis pangan yang menjadi sasaran penggunaan boraks dan formalin pada proses pembuatannya. 
  3. Mengetahui dampak negatif dari penggunaan boraks dan formalin pada produk pangan. 
  4. Mengetahui peranan pemerintah dalam memberantas penggunaan formalin dan boraks pada makanan. 
1.5 Metode Penulisan
Pada penulisan karya tulis ini kami menggunakan satu metode, yaitu dengan angket. Di mana angket akan kami sebarkan dengan jumlah 40 lembar. Di mana angket itu berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai boraks dan formalin pada makanan mengacu pada tujuan yang telah ada.

1.6 Hipotesa
Boraks dan formalin merupakan bahan pengawet yang umumnya digunakan untuk industri tekstil, kayu, dsb. Dapat juga digunakan sebagai pembasmi serangga dan hal-hal lain yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan makanan.

Jenis pangan yang menjadi sasaran penggunaan boraks atau formalin pada proses pembuatannya adalah tahu, tempe, bakso dan ikan asin.

Akibat dari penggunaan boraks atau formalin pada produk pangan adalah berbagai gangguan pada saluran pencernaan, hati, saraf, otak, serta pada organ-organ yang berselaput yang terkena secara langsung. Dan bila terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan kanker bahkan kematian.
Sebenarnya pemerintah telah berperan dalam pemberantasan penggunaan boraks dan formalin pada produk makanan. Tetapi tindakan-tindakan yang dilakukan pemerintah kurang tegas dan tidak tepat mengenai sasaran. Sehingga hingga sekarang kita masih sering melihat orang-orang yang keracunan atau terkena penyakit lainnya, disebabkan memakan makanan yang mengandung boraks atau formalin.

1.7 Manfaat
  1. Dapat mengetahui ciri-ciri makanan dengan bahan baku boraks atau formalin sebagai pengawet sehingga dapat menghindarinya. 
  2. Dapat menghindari secara langsung penggunaan boraks dan formalik pada produk pangan. 
  3. Dapat menambah wawasan dengan mengetahui dampak yang diakibatkan dari penggunaan boraks dan formalin pada produk pangan. 
  4. Dapat membantu pencegahan dan pemberantasan penggunaan boraks dan formalin dengan berbagai solusi yang telah dipikirkan. 

Salin Karya Tulis Boraks Dan Formalin 

Khusus bagi sobat pelajar dan atau siapapun yang membutuhkan contoh lengkap untuk karya tulis mengenai borak dan formalin ini dapat menyalin contoh lengkapnya melalui tautan yang saya sediakan. Dengan begitu, contoh tersebut dapat dipelajari lebih dalam dan dapat dijadikan patokan awal untuk menyusun penelitian lanjutan yang berkaitan dengan borak dan formalin ini.

Pelajari Karya Tulis KIR Boraks Dan Formalin Pada Makanan 
Link1
http://adf.ly/LuU2w
Link2
http://adf.ly/MHBmo

Sebagai tambahan, saya ingin mengingatkan bahwa saat mengakses data dari blog ini mungkin sobat atau pengunjung lainnya akan mendapati beberapa iklan yang terpampang atau tautan salin yang mengarah ke halaman iklan. Karena pembiayaan blog ini melalui iklan-iklan tersebut jadi saya harap sobat semua tidak merasa terganggu dengan adanya iklan tersebut.