Contoh Kir Baru tentang Peduli Lingkungan Dan Pergaulan Remaja

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Kir Baru - Peduli Lingkungan Dan Pergaulan Remaja. Masih mengenai karya ilmiah remaja, kali ini saya akan memberikan kir baru dari Contoh Kir Lengkap yaitu tentang peduli lingkungan dan pergaulan remaja. 

Tidak usah terlalu panjang lebar memberikan pengantar pada uraian kir baru ini silahkan simak langsung cuplikan dan uraian lainnya mengenai peduli lingkungan dan pergaulan remaja ini.

Cuplikan Kir Peduli Lingkungan dan Pergaulan Remaja 

Berikut silahkan disimak langsung cuplikan yang akan saya berikan mengenai penelitian dalam kir peduli lingkungan dan pergaulan remaja. Cuplikan ini bukan untuk pedoman mutlak tetapi hanya sebagai referensi saja yang dapat dipelajari lebih dalam. Berikut cuplikan kir selengkapnya.

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Akhir-akhir ini banyak sekali berita di media cetak dan elektronik tentang keadaan remaja saat ini. Contohnya seperti, tawuran mahasiswa akhir-akhir ini di Jakarta dan di luar Pulau Jawa. Tidak hanya menggunakan tangan kosong, tetapi mahasiswa juga banyak membawa senjata tumpul dan tajam. Banyak sekali yang menjadi provokatornya.

Hal itu semua terjadi karena hal-hal yang kecil, seperti saja tidak sengaja menabrak atau berkata yang tidak sopan kepada orang lain. Selain orang zaman sekarang, mudah terbawa dan meledak emosinya, tetapi juga karena lingkungan dan pergaulan mereka. Memang zaman sekarang, para remaja mudah dan gampang untuk mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan mereka, seperti berkata buruk, merokok, berjudi, pemakai dan pengedar narkoba, serta hamil di luar nikah atau terkena penyakit HIV/AIDS. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna narkoba suntik di seluruh dunia menurut laporan Jurnal Kedokteran Inggris. Mereka menyatakan sekitar tiga juta pengguna narkoba suntik di dunia yang kemungkinan positif terkena penyakit AIDS.

Dan hal yang sama, juga berasal dari kutipan berita oleh BBC. Saluran televisi internasional itu menyatakan, bahwa empat puluh persen pengguna narkoba, terutama narkoba suntik, tersebar di sembilan negara. Di berbagai negara di Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Eropa Timur, tingkat infeksinya HIV di kalangan pengguna jarum suntik di atas empat puluh persen. Di Estonia, angka itu lebih dari tujuh puluh dua persen.

Dalam kasus lain, di Indonesia banyak kejadian anak SMP, bahkan anak SD sudah merokok layaknya orang dewasa. Hal ini justru akan membuat anak-anak itu hidupnya menjadi tidak sehat. Yang membuat hal ini makin menjadi adalah, karena mereka hampir semua disebabkan oleh pergaulan mereka di sekolah, di masyarakat, dan juga di rumah. Contohnya, seperti : teman-temannya merokok sepulang sekolah. Dia lalu ditawari sebatang rokok. Awalnya dia tak mau, tapi lama-kelamaan hal itu menjadi kesenangan dan kesehariannya. Iklan-iklan rokok di sepanjang jalan, di media massa, dan elektronik juga makin membuat hal ini tambah parah.

Dalam karya ini, saya ingin memperlihatkan bagaimana keadaan pergaulan remaja di Indonesia saat ini yang berada dalam keadaan kritis. Dan, saya juga ingin memberikan manfaat dan cara-cara penanggulangan bahaya dari pergaulan remaja, dengan melakukan berbagai macam hal dan tindakan yang berguna bagi keluarga, bangsa, dan agama sesuai dengan judul dari karya ilmiah ini.

Dari uraian di atas, dapat dikemukakan secara ringkas dan jelas, latar belakang masalah penelitian ini, yakni :
Permasalahan lingkungan dan pergaulan para remaja pada saat sekarang.
Perlunya mencari cara-cara penyelesaian dari berbagai macam masalah yang ada dalam pergaulan para remaja.
Memberikan manfaat dan pengubah pola pikir respon pembaca terhadap pergaulan remaja dengan baik.

B. Rumusan Masalah
Permasalahan yang dikemukakan dalam karya tulis ini adalah problematika dalam lingkungan dan pergaulan remaja, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal itu harus dapat dibuktikan dengan pemikiran yang benar dan tepat.

Bagaimanakah hubungan antara para remaja, lingkungan dan pergaulan remaja, jika ada dan tidaknya peran orang tua, keluarga, guru, masyarakat, dan media pendidikan dengan cara membandingkan anak satu dengan yang lain dengan perbedaan pada tipe lingkungan pergaulan anak-anak itu, untuk mengetahui mana yang menunjukkan hasil baik dan mana yang menunjukkan hasil yang buruk.

Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : ”Apakah ada pengaruh dari pergaulan sekitar remaja dengan sikap dan perilaku remaja, serta dengan peranan dan bimbingan dari orang tua, guru, masyarakat, atau media pendidikan akan membawa sikap dan perilaku dari remaja itu lebih baik ke depannya nanti ?”.

Penelitian ini hanya dilaksanakan pada dua kelompok remaja saja pada tahun 2008, dengan populasi kelompok BI 1 dan BR 2.

Sementara, pengujian dan pengumpulan data dilakukan dengan cara perbandingan dalam satu waktu tertentu.

C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk :
  1. Menegetahui seberapa besar perbedaan sikap dan perilaku kelompok- kelompok remaja. 
  2. Mengetahui seberapa kuat efek pergaulan dalam kehidupan para remaja. 
  3. Mengetahui seberapa kuat pengaruh dari orang tua, guru, peran masyarakat, dan media pendidikan dalam membentuk kepribadian para remaja. 
  4. Memberi motivasi kepada orang tua, guru, peran masyarakat, dan media pendidikan supaya lebih santai dan lebih benar dalam menyelesaikan berbagai permasalahan remaja saat ini. 
  5. Mengetahui cara-cara pencegahan dan penyebaran terhadap pengaruh pergaulan para remaja. 
D. Manfaat Penelitian 
Penelitian ini juga bermanfaat untuk :
  1. Memberikan informasi ke orang tua dan guru bahwa penelitian ini dapat digunakan untuk menyikapi, menanggulangi, dan menyadarkan kepada anak dan anak didiknya. 
  2. Memberikan semangat baru dalam pendidikan pergaulan remaja, termasuk di rumah dan di sekolah. 
  3. Memberikan pengetahuan yang lebih baru dan lebih luas tentang remaja. 
  4. Memberikan rasa percaya diri dan keberanian bagi para remaja. 
  5. Memberikan rasa lebih berhati-hati dan lebih peduli dengan lingkungan pergaulannya. 
Contoh dikutip dari hanifmoxer.blogspot.com. 



Setelah melihat cuplikan diatas, saya yakin sobat yang sedang meneliti masalah yang berkaitan dengan kir ini mendapat sedikit pencerahan tentang isi dan pola penyusunan dalam kir terkait. Sebagai catatan, contoh ini saya dapat dari sumber lain yang berbaik hati membagikan contoh ini sehingga dapat kita gunakan bersama-sama untuk belajar menyusun sebuah karya ilmiah remaja.


Salin Kir Peduli Lingkungan Dan Pergaulan Remaja 

Contoh kir mengenai peduli lingkungan dan pergaulan remaja ini dapat sobat salin secara lengkap dari halaman cover depan sampai bagian bab penutup melalui tautan berikut.

Download Contoh Kir Baru tentang Peduli Lingkungan Dan Pergaulan Remaja
Jika ingin melihat contoh kir yang berkaitan dengan kir baru keren ini, silahkan dibaca juga beberapa pembahasan sebelumnya sebagai berikut:
  1. Pemanfaatan Bunga Asoka Sebagai Selai
  2. Analisis Penokohan Dalam Novel “Jalan Menikung Para Priyayi 2” 
  3. Peduli Lingkungan Dan Pergaulan Remaja 
  4. Manfaat Bawang Putih Sebagai Masker Alami 
  5. Buah Singkong Sebagai Insektisida Alami
Dengan membandingkan lebih dari satu contoh kir baru, tentunya sobat pelajar akan memperoleh gambaran yang lebih luas lagi baik mengenai tema yang dibahas, penyusunan, serta isi materi yang ada pada setiap jenis kir yang dibuat. Sampai disini, semoga bermanfaat.