Kepemimpinan Dan Kearifan Lokal: Makalah Kepemimpinan

Kepemimpinan Dan Kearifan Lokal: Makalah Kepemimpinan. Kepemimpinan dan kearifan lokal merupakan tema keempat yang dibahas sebagai salah satu contoh makalah pendidikan pada blog contoh karya tulis ini. Pada tema yang akan kita bahas kali ini kita akan mengaitkan suatu kepemimpinan dengan kearifan lokal. Ingin tahu bagaimana bentuk dan isi makalah kepemimpinan kita kali ini, simak langsung uraian berikut!

Makalah Kepemimpinan Yang Pernah Dibahas 

Jujur saja saya tidak terlalu pandai dalam memberikan pengantar untuk suatu hal, untuk itu pada kesempatan ini saya akan sediki mengingatkan tentang pembahasan-pembahasan sebelumnya terlebih dahulu sebelum memberikan apa yang sobat butuhkan. Tidak begitu panjang namun saya yakin apa yang akan saya sampaikan ini sangat berguna bagi sobat semua pengunjung blog ini.

Pada kesempatan-kesempatan lain, saya telah membuat suatu kumpulan contoh untuk membahas beberapa materi makalah tentang kepemimpinan. Beberapa materi tersebut saya pilih berdasarkan tingkat popularitas yang saya amati, tidak terlalu banyak namun mudah-mudahan dapat mewakili beberapa kebutuhan akan contoh karya tulis yang sering dibutuhkan. Makalah-makalah kepemimpinan yang sebelumnya pernah saya bahas tersebut akan saya jelaskan sedikit seperti dibawah ini.
  1. Peran dan Peranan Kepemimpinan Pendidikan; merupakan contoh makalah yang membahas mengenai peran serta peranan seorang pemimpin dalam sebuah instansi pendidikan. 
  2. Mewujudkan Kepemimpinan Sukses Berbasik Tasawuf; merupakan sebuah contoh makalah untuk mahasiswa jurusan pendidikan agama islam yang mengulas mengenai kepemimpinan yang berbasis tasawuf. 
  3. Kepemimpinan Kepala Sekolah; merupakan sebuah contoh karya tulis makalah yang membahas lebih dalam mengenai kepemimpinan seorang kepala sekolah. 
  4. Kepemimpinan Dan Kearifan Lokal; merupakan sebuah contoh makalah pendidikan yang akan memberikan informasi mengenai kepemimpinan dan kearifan lokal. 
  5. Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Kerjasama Tim; merupakan sebuah contoh makalah yang akan memberikan gambaran kepada kita tentang bagaimana peran seorang kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu sekolah melalui kerjasama tim (teamwork). 
Nah, itulah tadi beberapa pembahasan sebelumnya yang terkait dengan makalah kepemimpinan yang telah dibahas juga pada blog ini. Jika sobat juga membutuhkan contoh-contoh mengenai makalah diatas silahkan langsung menuju ke pembahasannya melalui tautan-tautan di atas.

Salin Makalah Kepemimpinan Dan Kearifan Lokal 

Seperti yang saya utarakan sebelumnya, saya tidak akan memberikan uraian terlalu panjang untuk pembahasan makalah kali ini. Untuk itu bagi yang membutuhkan dapat langsung salin makalah melalui tautan yang saya sediakan dibawah ini.


Kepemimpinan Dan Kearifan Lokal 




  1. Peran dan Peranan Kepemimpinan Pendidikan
  2. Mewujudkan Kepemimpinan Sukses Berbasik Tasawuf
  3. Kepemimpinan Kepala Sekolah
  4. Kepemimpinan Dan Kearifan Lokal
  5. Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Kerjasama Tim


Agar tidak ragu untuk menyalinnya karena belum mengetahui sama sekali mengenai isi dari contoh makalah ini, berikut tidak lupa saya berikan cuplikan untuk pembahasan mengenai kepemimpinan dan kearifan lokal yang sedang kita bahas. Simak cuplikan isi makalahnya berikut:

1.1 Latar Belakang Masalah
Manusia adalah makhluk social yang tidak dapat hidup sendiri. Dalam hidup, manusia selalau berinteraksi dengan sesame serta dengan lingkungan. Manusia hidup berkelompok baik dalam kelompok besar maupun dalam kelompok kecil.

Hidup dalam kelompok tentulah tidak mudah. Untuk menciptakan kondisi kehidupan yang harmonis anggota kelompok haruslah saling menghormati & menghargai. Keteraturan hidup perlu selalu dijaga. Hidup yang teratur adalah impian setiap insan. Menciptakan & menjaga kehidupan yang harmonis adalah tugas manusia.

Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling tinggi disbanding makhluk Tuhan lainnya. Manusia di anugerahi kemampuan untuk berpikir, kemampuan untuk memilah & memilih mana yang baik & mana yang buruk. Dengan kelebihan itulah manusia seharusnya mampu mengelola lingkungan dengan baik.

Tidak hanya lingkungan yang perlu dikelola dengan baik, kehidupan social manusiapun perlu dikelola dengan baik. Untuk itulah dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya yang berjiwa pemimpin, paling tidak untuk memimpin dirinya sendiri.

Dengan berjiwa pemimpin manusia akan dapat mengelola diri, kelompok & lingkungan dengan baik. Khususnya dalam penanggulangan masalah yang relatif pelik & sulit. Disinilah dituntut kearifan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan agar masalah dapat terselesaikan dengan baik.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah yang penulis uraikan, banyak permasalahan yang penulis dapatkan. Permasalahan tsb antara lain :
  1. Bagaimana hakikat menjadi seorang pemimpin? 
  2. Adakah teori – teori untuk menjadi pemimpin yang baik? 
  3. Apa & bagaimana menjadi pemimpin yang melayani? 
  4. Apa & bagaimana menjadi pemimpin sejati? 
  5. Bagaimana hubungan kearifan lokal dengan kepemimpinan? 
1.3 Tujuan Penulisan 
Adapun tujuan penulisan karya tulis ini adalah:
  1. Melatih mahasiswa menyusun paper dalam upaya lebih meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas mahasiswa. 
  2. Agar mahasiswa lebih memahami dan mendalami pokok bahasan khususnya tentang kepemimpinan dan kearifan lokal. 

Cuplikan diambil dari: 
http://emperordeva.wordpress.com/about/makalah-tentang-kepemimpinan/