Contoh Makalah Ginekologi Tentang Onkologi Payudara

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Ginekologi Tentang Onkologi Payudara - Masih tentang kesehatan kaum hawa, kali ini dengan senang contoh karya tulis akan membahas mengenai sebuah makalah ginekologi tentang onkologi payudara. Makalah seperti ini biasanya disusun oleh sobat mahasiswa yang mengambil jurusan kesehatan khususnya di jurusan akademi kebidanan. Ingin tahu bagaimana gambaran isi dari karya tulis tersebut?

Karena informasi di dalamnya sangat penting, maka tidak ada salahnya melalui uraian singkat ini saya akan sedikit memberikan pengantar untuk sebuah informasi yang sangat bermanfaat. Apa dan bagaimanakah informasi yang ada dalam makalah ginekologi ini, simak ulasan singkatnya berikut.

Adakalanya, menyusun makalah yang sebenarnya dapat dikerjakan dengan mudah menjadi sangat rumit karena pikiran kita sendiri. Sebelum menyusun makalah tersebut otak kita sudah dipenuhi dengan pikiran negatif yang mengganggu. Padahal, jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh bahkan makalah yang sangat sulit sekalipun bisa selesai. Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk melihat juga beberapa informasi berikut!

1) Tumor jalan lahir
2) Pengertian onkologi
3) Makalah proses laktasi
4) Macam macam onkologi
5) Makalah onkologi kebidanan
6) Makalah kanker payudara pdf
7) Makalah kanker payudara doc
8) Tahap perkembangan payudara
9) Makalah kanker payudara wanita
10) Contoh makalah kanker payudara
11) Anatomi dan fisiologi payudara pdf
12) Struktur makroskopis dan mikroskopis payudara

Sama halnya dengan makalah jurusan kebidanan yang akan kita bahas kali ini. Mungkin terdengar pusing tetapi dengan referensi yang cukup maka tidak mustahil untuk menyelesaikan makalah ini tepat waktu. Apalagi sekarang sudah ada internet, kita bisa mencari beragam referensi dengan lebih mudah. Tinggal bagaimana kita mengolah data yang sudah kita dapat tersebut.

A. Latar Belakang

Seperti juga makalah lain, dalam makalah ini juga akan dijabarkan terlebih dahulu apa dan bagaimana latar belakang dari makalah yang akan di susun. Tentu, latar belakang ini merupakan gambaran umum yang akan menghantarkan pembaca pada pokok masalah yang akan dikembangkan lebih jauh. Sebagai referensi, mari kita pelajari beberapa informasi dasar di dalam latar belakang di bawah ini.

Onkologi istilah secara harfiah berarti cabang ilmu yang berhubungan dengan kanker dan tumor. Kata "Onko" berarti massal, massa, atau tumor sementara "Logi" cara belajar. Kanker payudara merupakan jenis kanker dengan jumlah kasus terbanyak di dunia, sekaligus penyebab kematian terbesar. Sebagian besar penderita baru terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut karena rendahnya tingkat kesadaran untuk periksa kesehatan.

Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang terbanyak ditemukan di Indonesia. Biasanya kanker ini ditemukan pada umur 40-49 tahun dan letak terbanyak di kuadaran lateral atas.

Data dari RS Dharmais pada lima tahun terakhir menyebutkan, angka kejadian kanker payudara menempati urutan pertama, 32 persen, dari total jumlah kasus kanker. Dari total penderita kanker payudara, 40 persen berobat pada stadium awal, 30 persen dari total jumlah penderita kanker terdeteksi stadium lanjut lokal, dan dari kelompok ini, 30 persen dengan metastasis.

Penderita kanker payudara di Indonesia pada tahun 2004 (sebagaimana dikutip dari Profil Kesehatan Indonesia tahun 2008) sebanyak 5.207 kasus.

Setahun kemudian pada 2005, jumlah penderita kanker payudara meningkat menjadi 7.850 kasus. Tahun 2006, penderita kanker payudara meningkat menjadi 8.328 kasus dan pada tahun 2007 jumlah tersebut tidak jauh berbeda meski sedikit mengalami penurunan yakni 8.277 kasus.

Yang perlu diketahui data penderita kanker payudara tersebut merupakan pasien yang keluar rawat inap dengan diagnosis kanker. Jadi penderita kanker payudara sebenarnya sangat mungkin jauh lebih besar lagi.

B. Rumusan Masalah

Setelah diatas saya memberikan ulasan sedikit mengenai later belakang, maka berikut saya akan berikan sebuah contoh rumusan masalah dan juga tujuan untuk makalah ginekologi ini, rumusan masalahnya sebagai berikut. Dari latar belakang diatas maka rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut:

1) Apakah yang dimaksud dengan onkologi payudara? 

2) Apa saja macam onkologi pada payudara? 
3) Bagaimanakah cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari)? 
Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah seperti yang dijelaskan sebagai berikut:

1) Mengetahui apakah yang dimaksud dengan onkologi payudara. 

2) Mengetahui apa saja macam onkologi pada payudara. 
3) Mengetahui bagaimanakah cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari). 

Setelah dibahas mengenai rumusan dan juga tujuan di atas tentu anda bisa mendapatkan gambaran apa saja poin isi yang akan dibahas dalam makalah tersebut. Dari rumusan masalah jelas sekali bahwa setidaknya ada tiga poin penting yang akan dijabarkan yaitu pertama mengenai pengertian onkologi payudara, macam dan jenis onkologi payudara dan yang ketiga adalah cara memeriksa payudara sendiri. 

C. Salin Download Contoh Makalah Lengkap

Setelah membaca sedikit uraian di atas, tentunya sobat semua ingin melihat dan mempelajari contoh dari makalah agar informasi-informasi yang ada dapat terlihat dengan jelas. Untuk itu, tidak ada salahnya jika contoh lengkap untuk makalah ini juga dibagikan sebagai penunjang referensi penyusunan makalah ini. 

Karena itulah, pada kesempatan yang sempit melilit ini saya tak lupa mempersilahkan sobat semua yang membutuhkan contoh makalah ini untuk menyalin dan mempelajari contohnya di rumah. Tapi ingat, contoh hanyalah sebuah contoh, makalah yang sobat buat haruslah mencerminkan kemampuan sobat masing-masing dan bukan merupakan hasil jiplakan dari orang lain.

Contoh Makalah Ginekologi Tentang Onkologi Payudara 

Dengan mempelajari contoh yang blog ini berikan, semoga penyusunan makalah yang sedang sobat lakukan dapat berjalan dengan lancer. Jangan lupa, untuk memperoleh pemberitahuan tentang ulasan-ulasan terbaru contoh karya tulis lainnya silahkan sobat berlangganan dengan email.