Contoh Makalah Perawatan Bedah Kebidanan

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Meski informasi ini secara khusus bermanfaat bagi sobat mahasiswa kebidanan namun informasi yang akan dibahas dalam makalah perawatan bedah kebidanan kali ini dapat pula digunakan sebagai rujukan bagi masyarakat umum. Untuk itu kali ini makalah perawatan bedah kebidanan akan dibahas di blog contoh karya tulis.

Materi Pembahasan Perawatan Bedah Kebidanan 

Lebih jauh mengenai perawatan bedah kebidanan ini, ada beberapa informasi penting yang dapat disajikan yaitu sebagai berikut:
1. Perawatan preoperative
2. Perawatan intraoperatif
3. Pascaoperatif

Perawatan preoperative
Keperawatan pre operatif (preoperative) merupakan tahapan awal dari keperawatan perioperatif. Kesuksesan tindakan pembedahan secara keseluruhan sangat tergantung pada fase ini. Hal ini disebabkan fase ini merupakan awalan yang menjadi landasan untuk kesuksesan tahapan-tahapan berikutnya. Kesalahan yang dilakukan pada tahap ini akan berakibat fatal pada tahap berikutnya. Pengakajian secara integral dari fungsi pasien meliputi fungsi fisik biologis dan psikologis sangat diperlukan untuk keberhasilan dan kesuksesan suatu operasi.

Perawatan intraoperatif
Keperawatan intraoperatif merupakan bagian dari tahapan keperawatan perioperatif. Aktivitas yang dilakukan pada tahap ini adalah segala macam aktivitas yang dilakukan oleh perawat di ruang operasi. Aktivitas di ruang operasi oleh perawat difokuskan pada pasien yang menjalani prosedur pembedahan untuk perbaikan, koreksi atau menghilangkan masalah-masalah fisik yang mengganggu pasien. Tentunya pada saat dilakukan pembedahan akan muncul permasalahan baik fisiologis maupun psikologis pada diri pasien. Untuk itu keperawatan intra operatif tidak hanya berfokus pada masalah fisiologis yang dihadapi oleh pasien selama operasi, namun juga harus berfokus pada masalah psikologis yang dihadapi oleh pasien. Sehingga pada akhirnya akan menghasilkan outcome berupa asuhan keperawatan yang terintegrasi.

Perawat intra operatif bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kesejahteraan (well being) pasien. Untuk itu perawat intra operatif perlu mengadakan koordinasi petugas ruang operasi dan pelaksanaan perawat scrub dan pengaturan aktivitas selama pembedahan. Peran lain perawat di ruang operasi adalah sebagai RNFA (Registered Nurse First Assitant). Peran sebagai RNFA ini sudah berlangsung dengan baik di negara-negara amerika utara dan eropa. Namun demikian praktiknya di indonesia masih belum sepenuhnya tepat. Peran perawat sebagai RNFA diantaranya meliputi penanganan jaringan, memberikan pemajanan pada daerah operasi, penggunaan instrumen, jahitan bedah dan pemberian hemostatis.

Pascaoperatif
Asuhan pascaoperasi harus dilakukan diruang pemulihan tempat adanya akses yang cepat ke oksigen, pengisap, peralatan resusitasi, monitor, bel panggil emergensi, dan staf terampil dalam jumlah dan jenis yang memadai. Asuhan pasca operatif meliputi : meningkatkan proses penyembuhan luka serta mengurangi rasa nyeri, pengkajian suhu tubuh, pengkajian frekuensi jantung, mempertahankan respirasi yang sempurna, mempertahankan sirkulasi, mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit dengan cara memonitor input serta outputnya, empertahankan eliminasi, dengan cara mempertahankan asupan dan output serta mencegah terjadinya retensi urine, pengkajian tingkat kesadaran, pemberian posisi yang tepat pada ibu, mempertahanka aktivitas dengan cara latihan memperkuat otot sebelum ambulatori, mengurangi kecemasan dengan cara melakukan komunikasi secara terapeutik.

Contoh Makalah Perawatan Bedah Kebidanan

Beberapa materi yang saya sampaikan di atas merupakan pilihan yang dapat kita gunakan dalam pembahasan sebuah makalah tentang perawatan bedah kebidanan. Di dalam 3 informasi penting di atas masih banyak terdapat sub pembahasan yang akan memberikan berbagai informasi bermanfaat bagi sobat mahasiswa kebidanan dan juga masyarakat umum.

Makalah Perawatan Bedah Kebidanan


Akan lebih jelas kita sobat yang akan menyusun makalah seperti ini dapat melihat contoh makalah yang dapat dipelajari. Untuk itu bagi yang membutuhkan silahkan langsung melihat contoh yang sudah disediakan, Salin contoh makalah yang dibutuhkan melalui tautan yang telah disediakan di atas.

Jangan lupa, untuk mendapatkan contoh-contoh makalah lain silahkan sobat berlangganan dengan email sobat. Dengan berlangganan, sobat akan dapat pemberitahuan mengenai makalah terbaru yang dibahas diblog contoh karya tulis ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu…