Laporan Hasil Praktikum Biologi Peranan Enzim Katalase

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Laporan Praktikum Peranan Enzim Katalase - Pada mata pelajaran biologi kita sering melakukan penelitian praktek dalam menemukan berbagai informasi yang dipelajari. Untuk itu akan kita bahas bagaimana menyusun Laporan Praktikum Peranan Enzim Katalase tersebut khususnya yang membahas mengenai peranan enzim katalase. Melalui pembahasan ini kita akan memahami bagaimana menyusun laporan praktek biologi tersebut dengan baik.

Bagian-Bagian Laporan Hasil Praktikum Biologi 

Ada tiga bagian penting dalam laporan penelitian yang akan kita susun. Tiga bagian tersebut yaitu bab I pendahuluan, bab ii metode penelitian, bab iii hasil dan pembahasan serta bab iv kesimpulan dan saran. Ketiga bab tersebut secara runut dan berkaitan disusun berdasarkan praktek yang dilakukan.

Bab I Pendahuluan membahas berbagai informasi dasar sebagai gambaran tentang praktikum yang diadakan. Informasinya meliputi antara lain latar belakang yang mendasari pelaksanaan praktikum, tujuan praktikum yang memuat secara spesifik apa tujuan yang diharapkan dari penelitian tersebut dan juga landasan teori yang menjadi dasar praktikum yang dilakukan.

Pada Bab II Metode Penelitian kita akan memberikan berbagai informasi penting yang berkaitan dengan metode-metode yang digunakan dalam melaksanakan praktikum. Pada praktikum biologi informasi yang dapat diberikan pada bab ini seperti misalnya alat, bahan dan cara kerja serta hasil dari penelitian atau pengamatan tersebut.

Dari latar belakang dan metode pada bab sebelumnya kemudian akan disusun informasi mengenai hasil dan pembahasan yang terletak pada bab III Hasil dan Pembahasan. Bab ini tentunya memuat detail informasi mengenai hasil pengamatan lengkap dengan uraian pembahasan dari penyusun.

Pada bab terakhir yaitu bab IV penulis akan memberikan kesimpulan terhadap apa yang sudah diamati dan didapat dalam praktikum yang telah dilakukan tersebut. Selain itu penulis juga dapat memberikan saran yang berkaitan dengan praktikum biologi yang dilakukan.

Contoh Daftar Isi Laporan Praktikum Tentang Peranan Enzim Katalase

Agar dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana isi laporan praktikum biologi tentang peranan enzim katalase, berikut akan disertakan sebuah contoh halaman daftar isi yang dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi penyusunan laporan praktikum tersebut.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan Praktikum
C. Dasar Teori
    1. Enzim
    2. Enzim Katalase

BAB II METODE PENELITIAN
A. Alat dan Bahan
B. Cara Kerja
C. Data Hasil Pengamatan

BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
B. Pembahasan

Bab IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Setidaknya dari daftar isi yang disertakan di atas kita sedikit mendapatkan gambaran tentang bagaimana susunan laporan praktikum yang membahas mengenai peranan enzim katalase. Saya rasa cukup sampai disini uraian singkat kita mengenai "Laporan Praktikum Peranan Enzim Katalase", semoga dapat menjadi bahan belajar dan rujukan penyusunan laporan biologi.