Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Kacang Hijau

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Setelah sebelumnya dibahas mengenai pemanfaatan getah bonggol pisang sekarang kita akan mengupas mengenai "Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Kacang Hijau". Informasi ini merupakan bagian dari contoh karya ilmiah remaja (KIR) tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang hijau.

Dalam karya ilmiah yang berkaitan dengan tema ini kita akan meneliti dan membuktikan seberapa jauh peranan atau pengaruh cahaya yang terjadi pada pertumbuhan suatu kacang hijau. Disini, tentunya kita akan melakukan penelitian terlebih dahulu dan kemudian melaporkannya dalam sebuah karya tulis yaitu karya ilmiah remaja tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang hijau. Bagaimana contoh KIR tersebut, mari langsung kita simak contohnya dibawah ini.

Gambaran Materi Karya Ilmiah Remaja

Jika memutuskan memilih tema seperti ini kita dapat mempertimbangkan beberapa point materi yang dapat disuguhkan dalam karya ilmiah remaja tersebut seperti materi-materi yang tertera pada contoh daftar isi berikut.

DAFTAR ISI

Riwayat hidup penulis
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Batasan Masalah
1.3 Rumusan Masalah
1.4 Rumusan Hipotesa
1.5 Tinjaun penelitian

BAB II KAJIAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Pengaruh
2.2 Pengertian Cahaya
2.3 Pertumbuhan
2.4 Kacang Hijau
BAB III METODELOGI PENELITIAN
3.1 Metode Penelitian
3.2 Langkah Kerja
3.3 Desain Penelitian
3.4 Teknik Pengumpulan Data
3.5 Penyajian Data
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian
4.2 Analisis dan Pembahasan
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
Meski materi-materi yang tersusun dalam contoh di atas tidaklah mutlak benar dan sesuai namun gambaran materi pada contoh daftar isi kir tersebut setidaknya akan memberikan sedikit pencerahan kepada kita tentang bagaimana isi sebuah karya ilmiah remaja yang membahas mengenai tema ini. Selanjutnya tentu kita dapat menyesuaikan dan menyusun materi kita sendiri sesuai dengan penelitian dan panduan yang ada.

Bab I Pendahuluan Kir Tentang Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Kacang Hijau

Untuk bekal dalam memahami contoh yang sedang kita bahas ini tidak ada salahnya saya sedikit memberikan cuplikan isi KIR tersebut, untuk itu mari kita pelajari bersama-sama cuplikan bab I pendahuluan berikut ini.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang berperan sebagai produsen di muka bumi ini. Dalam ekosistem terdapat dua macam komponen yang saling ketergantungan, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik . komponen biotik terdiri dari tumbuhan, hewan, dan manusia. Sedangkan komponen abiotik antara lain : udara, gas, angina, cahaya, matahari, dan sebagainya. Antara komponen biotik dan abiotik saling mempengaruhi, misalnya, tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Hasil fotosintesis di butuhkan oleh makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, kami mengadakan eksperimen untuk mengetahui apakah benar ada pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kacang hijau.

1.2 Batasan Masalah
Dalam penulisan makalah ini kami membahas, melihat dan mengamati sebatas pada pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman {kacang hijau}.
1.3 Perumusan Masalah
Sesuatu di sebut makalah, jika ada kesenjangan antara harapan dengan kenyataan, antara apa yang ada dan apa yang seharusnya, dan apa yang tersedia dengan apa yang di butuhkan. Perumusan masalah nya adalah :
1.3.1 apakah ada pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang hijau.
1.3.2 Dari penelitian yang kami lakukan yang termasuk :
Variabel bebas adalah Cahaya matahari
Variabel terikat adalah Kacang Hijau
Variabel terkendali adalah kacang hijau yang di tanam di tempat gelap dan tempat terang
1.4 Rumusan Hipotesa
1.4.1 Asumsi
Benih kacang hijau yang di tanam tersebut memiliki daya tumbuh yang berbeda karena pengaruh cahaya matahari
1.4.2 Hipotesa
Berdasarkan asumsi di atas dapat di simpulkan bahwa: Ada pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kacang hijau
1.5 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan kami melakukan penelitian ini sebagai berikut :
1.5.1 Kami ingin mengetahui, apakah benar ada pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kacang hijau
1.5.2 Kami Ingin mengetahui dan mengkaji masalah pengaruh cahaya matahari
1.5.3 Kami ingin mengetahui bagaimana cahaya matahari dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman kacang hijau.
Dengan bekal materi pada daftar isi dan cuplikan penyusunan Bab I Pendahuluan tersebut saya berharap proses penelitian dan penyusunan karya ilmiah remaja yang sedang dilakukan dapat berjalan mulus tanpa kendala yang berarti. 

Setelah mempelajari contoh kir kedelai tersebut tentunya kita akan lebih mudah dalam menyusun Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Hasil dan Pembahasan serta Bab IV Penutup. Sampai disini, lain waktu akan saya sertakan contoh lengkap kir kacang hijau ini. Selamat bekerja.