Contoh Laporan Pagelaran Seni (Teater, Musik, Tari, Rupa)

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Laporan Pagelaran Seni (Teater, Musik, Tari, Rupa) - Untuk memenuhi salah satu persyaratan kelulusan biasanya pelajar sekolah menengah atas memiliki tugas untuk mementaskan suatu pagelaran seni yang meliputi seni teater, seni musik, seni tari dan juga seni rupa. Dalam pementasan tersebut biasanya siswa juga diwajibkan untuk menyusun laporan untuk acara tersebut. Untuk memiliki gambaran mengenai bagaimana bentuk laporan tersebut silahkan baca contoh laporan pagelaran seni berikut ini.

Negara Indonesia terdiri dari beragam seni dan budaya yang masing-masing mempunyai karakter dan ciri khas masing-masing dari berbagai suku bangsanya yang perlu dijaga kelestariannya. Pengetahuan dan kecintaan masyarakat terhadap suatu kesenian dan kebudayaan akan timbul apabila dapat berapresiasi dengan kesenian dan kebudayaan itu sendiri, meskipun dalam perjalanannya sering menemui hambatan.

Indonesia dikenal dengan Negara yang penuh akan kesenian dan budaya. Kesenian tersebut antara lain berupa seni teater, seni musik, seni rupa, dan seni tari. Seni-seni tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Hal inilah yang mampu memperkaya kesenian dan kebudayaan di Indonesia.

Namun pada akhir-akhir ini kebudayaan tersebut mulai pudar di kalangan remaja Indonesia. Banyak diantara mereka yang tidak mengetahui kebudayaan milik bangsa mereka sendiri. Mereka lebih mudah mengenal kebudayaan asing dibanding kebudayaan Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak adanya upaya untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia pada mereka. Sehingga karena hal tersebutlah membuat kami tertarik untuk memperkenalkan contoh-contoh dari kebudayaan Indonesia yang berupa teater, musik, rupa dan tari yang dikemas menjadi satu melalui pagelaran seni ini yang berjudul “Keong Madu vs Keong Racun”. Kami berharap dengan diadakannya acara pagelaran seni ini dapat memperkenalkan pada para remaja mengenai kebudayaan Indonesia.

A. Dasar Pemikiran
Teater berjudul Keong Madu vs Keong Racun ini diadaptasi dari kisah Bawang Merah dan Bawang Putih dari Jawa Barat. Kisah Bawang Merah dan Bawang Putih berisi tentang kejahatan yang dapat dikalahkan oleh kebenaran, sehingga hal itulah yang membuat kami tertarik untuk mengangkat cerita ini.

B. Konsep Garapan
1. Judul
Adapun teater ini berjudul “Keong Madu vs Keong Racun”.

2. Tema
Tema yang terdapat pada teater ini adalah percintaan.

3. Rangsang Tari
Rangsang tari yang digunakan pada tarian yang terdapat didalam pagelaran seni ini berupa visualisasi (melihat).

4. Tata Iringan
Pada teater ini, menggunakan iringan musik berupa band. Lagu yang digunakan adalah :
a. Babak 1: Ceria (Jrock)
b. Babak 2: Pandangan Pertama (Ran)
c. Babak 3: Cinta dalam hati ( Ungu)
d. Babak 4: Cinta dan Benci (Geisha) 
e. Babak 5: Kok Gitu Sih (Dewiq)
f. Babak 6: Sepanjang Usia (Kerispatih)
g. Babak 7: Ingatlah Hari Ini (Project Pop)

5. Konsep Tata Teknik Pentas
Tata Rias dan Busana

a. Kelompok Teater
Pada kelompok ini, tata rias dan busana yang digunakan disesuaikan dengan karakter dari masing-masing tokoh.

b. Kelompok Musik
Pada kelompok ini, tata rias dan busana yang digunakan adalah kaos dan celana jeans.

c.Kelompok Tari
Pada kelompok ini, tata rias dan busana yang digunakan terbagi menjadi 2, yaitu tradisional dan modern. Tata rias dan busana tradisional digunakan oleh kelompok tari tradisional sedangkan modern digunakan oleh kelompok tari modern (dance).

d. Kelompok Rupa 
Pada kelompok ini, semua anggota menggunakan busana yang berwarna serba hitam.

• Properti
- Babak 1: Foto ibu kandung Keong Madu, kursi, koper, peralatan mengepel, dan tongkat peri.
- Babak 2: Gerobak sayur, sayuran, dan dompet Keong Madu. 
- Babak 3: Majalah, kursi, tongkat peri, dan makanan.
- Babak 4: Makanan dan kursi.
- Babak 5: Gerbobak sayur dan sayuran.
- Babak 6: Kursi, tongkat peri, dan pisau.
- Babak 7: Kursi dan racun.

• Tempat Pementasan
Pementasan teater ini adalah di Gedung Kesenian (Aula) SMAN 1 

C. Tujuan dan Sasaran

1. Tujuan
Adapun tujuan diselenggarakannya pagelaran seni ini adalah :
- Sebagai syarat pengambilan nilai mata pelajaran Seni Budaya
- Sebagai hiburan

2. Sasaran
Adapun sasaran yang ditujukan pada pagelaran seni ini adalah seluruh siswa SMAN 1.

Demikianlah tadi sedikit ulasan mengenai Contoh Laporan Pagelaran Seni (Teater, Musik, Tari, Rupa), semoga dengan adanya sedikit pembahasan ini sobat pelajar yang kebetulan sedang bingung bagaimana menyusun laporan tersebut dapat terbantu. Apabila membutuhkan contoh lengkap laporan ini silahkan download Contoh Laporan Pagelaran Seni tersebut melalui tautan atau link yang telah disediakan.

Contoh Laporan Pagelaran Seni (Teater, Musik, Tari, Rupa)
Download

Cukup itu saja update artikel contoh karya tulis pada kesempatan ini, jangan lupa untuk berkunjung ke blog ini lagi untuk mendapatkan berbagai referensi karya tulis yang dibutuhkan. Sampai jumpa dan selamat mengerjakan pementasan.