Contoh Makalah tentang Kehidupan Koperasi Indonesia

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Kehidupan Koperasi Indonesia - Berikut ini adalah sebuah contoh makalah ekonomi yang membahas tentang koperasi Indonesia. Pembahasan pada makalah ini meliputi latar belakang kehidupan koperasi Indonesia, sejarah serta perundang-undangan yang mengaturnya. Terdiri dari tiga bab yaitu: Bab I Pendahuluan, Bab II Pembahasan dan Bab III Penutup. Selengkapnya contoh tersebut dapat disimak di bawah ini.

Di Indonesia, koperasi memiliki peranan yang sangat penting. Karena itulah sudah sewajarnya kita mempelajari tentang koperasi Indonesia secara lebih dalam lagi. Selain buku pegangan yang diberikan di sekolah kita juga bisa mempelajari materi ini dari berbagai literatur lain seperti misalnya contoh karya tulis atau makalah.

Pada kesempatan ini akan diberikan langsung gambaran bagaimana tentang perkoprasian yang disusun dalam sebuah makalah. Contohnya tidak akan disertakan secara lengkap namun bisa di download dalam bentuk file dokumen ms word di bagian akhir.

Untuk gambaran silahkan lihat bab pendahuluan yang disertakan berikut, bab lain seperti bab II Pembahasan dan bab III Penutup bisa dilihat langsung setelah download. Mudah-mudahan pembahasan Makalah Kehidupan Koperasi Indonesia ini bisa bermanfaat untuk pengunjung semua.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Koperasi merupakan bagian dari tata susunan ekonomi, hal ini berarti bahwa dalam kegiatannya koperasi turut mengambil bagian bagi tercapainya kehidupan ekonomi yang sejahtera, baik bagi orang-orang yang menjadi anggota perkumpulan itu sendiri maupun untuk masyarakat di sekitarnya. Koperasi sebagai perkumpulan untuk kesejahteraan bersama, melakukan usaha dan kegiatan di bidang pemenuhan kebutuhan bersama dari para anggotannya.

Koperasi mempunyai peranan yang cukup besar dalam menyusun usaha bersama dari orang-orang yang mempunyai kemampuan ekonomi terbatas. Dalam
rangka usaha untuk memajukan kedudukan rakyat yang memiliki kemampuan ekonomi terbatas tersebut, maka Pemerintah Indonesia memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan perkumpulan-perkumpulan Koperasi.

Pemerintah Indonesia sangat berkepentingan dengan Koperasi, karena Koperasi di dalam sistem perekonomian merupakan soko guru. Koperasi di Indonesia belum memiliki kemampuan untuk menjalankan peranannya secara efektif dan kuat. Hal ini disebabkan Koperasi masih menghadapai hambatan struktural dalam penguasaan faktor produksi khususnya permodalan. Dengan demikian masih perlu perhatian yang lebih luas lagi oleh pemerintah agar keberadaan Koperasi yang ada di Indonesia bisa benar-benar sebagai soko guru perekonomian Indonesia yang merupakan sistem perekonomian yang yang dituangkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 .

Cita-cita Koperasi memang sesuai dengan susunan kehidupan rakyat Indonesia. Meski selalu mendapat rintangan, namun Koperasi tetap berkembang. Seiring dengan perkembangan masyarakat, berkembang pula perundang-undangan yang digunakan. Perkembangan dan perubahan perundang-undangan tersebut dimaksudkan agar dapat selalu mengikuti perkembangan jaman. Sesuai latar belakang di atas maka penulis memilih judul: “Sejarah dan Undang-Undang Koperasi”.

B. Perumusan Masalah
Di dalam penulisan karya ilmiah ini diperlukan sumber informasi yang luas agar didalam penulisannya dapat memberikan arah yang menuju pada tujuan yang ingin dicapai, sehingga dalam hal ini diperlukan adanya perumusan masalah yang akan menjadi pokok pembahasan di dalam penulisan karya ilmiah ini agar dapat terhindar dari kesimpangsiuran dan ketidak konsistenan di dalam penulisan. Permasalahan yang timbul dalam perkoperasian sangat luas dan beragam. Karena itu, dalam karya ilmiah ini dipilih beberapa pokok permasalahan yang diidentifikasi, yaitu:
1.      Bagaimanakah sejarah perkembangan Koperasi di Indonesia?
2.      Bagaimana landasan pokok undang-undang koperasi sekolah?

C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari karya ilmiah ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah sejarah perkembangan Koperasi di Indonesia?
2.      Bagaimana landasan pokok undang-undang koperasi sekolah?


Jika membutuhkan contoh lengkap untuk Makalah Kehidupan Koperasi Indonesia ini silahkan cek link download yang disertakan. Mudah-mudahan bisa dijadikan sebagai tambahan bahan kajian dalam menyusun sebuah karya tulis yang membahas mengenai kehidupan koperasi di Indonesia.

Contoh Makalah tentang Kehidupan Koperasi Indonesia
[Download]

Lain waktu akan diberikan berbagai contoh lain untuk menambah berbagai koleksi contoh makalah koperasi yang sudah ada. Jangan lupa pelajari juga beberapa contoh lain yang ada di bagian bawah makalah ini. Sampai disini, silahkan dilanjutkan.