Rangkuman Materi Makalah Sistem Otonomi Daerah

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Materi Sistem Otonomi Daerah - Untuk menyederhanakan bahan bacaan yang kita butuhkan berikut akan dibahas secara ringkas mengenai Sistem Otonomi Daerah agar bisa dijadikan rujukan untuk materi makalah yang akan disusun. Rangkuman ini akan berisi beberapa hal yaitu misalnya definisi otonomi daerah, prinsip, kendala dan lain sebagainya. Agar lebih jelas silahkan baca langsung berikut!

Point pertama yang akan di bahas secara ringkas adalah mengenai pengertian, arti atau makna Sistem Otonomi Daerah, baru setelah itu akan dibahas lebih lanjut mengenai berbagai prinsip dalam pemberian otonomi, kendala dan lainnya.

Arti Otonomi Daerah
Apakah yang dimaksud dengan tonomini daerah? Otonomi daerah adalah suatu keadaan yang memungkinkan daerah dapat mengaktualisasikan segala potensi terbaik yang dimilikinya secara optimal. Dimana untuk mewujudkan keadaan tersebut, berlaku proposisi bahwa pada dasarnya segala persoalan sepatutnya diserahkan kepada daerah untuk mengidentifikasikan, merumuskan, dan memecahkannya, kecuali untuk persoalan-persoalan yang memang tidak mungkin diselesaikan oleh daerah itu sendiri dalam perspektif keutuhan negara-bangsa.

Prinsip yang harus dipegang dalam pemberian otonomi daerah yaitu:
  1. Penyelenggaraan otonomi daerah dilaksanakan dengan memperhatikan aspek demokrasi, keadilan, pemerataan serta potensi dan keanekaragaman daerah
  2. Pelaksanaan otonomi daerah didasarkan pada otonomi luas, nyata dan bertanggung jawab
  3. Pelaksanaan otonomi daerah yang luas dan utuh diletakkan pada daerah kabupaten dan daerah kota sedang pada daerah propinsi merupakan otonomi yang terbatas
  4. Pelaksanaan otonomi daerah harus sesuai dengan konstitusi negara
  5. Pelaksanaan otonomi daerah harus lebih mengikatkan kemandirian daerah otonomi
  6. Pelaksanaan otonomi daerah harus lebih meningkatkan peran dan fungsi badan legislatif daerah
  7. Pelaksanaan asas dekonsentrasi diletakkan pada daerah propinsi dalam kedudukannya sebagai daerah administrasi
  8. Pelaksanaan asas tugas pembantuan dari pemerintah dan daerah ke desa disertai pembiayaan sarana dan prasarana serta SDM dengan kewajiban melaporkan dan bertanggung jawab kepada yang menugaskan
Kendala atau ketimpangan yang sering terjadi dalam penerapan kebijakan otonomi daerah:
  1. High Cost Economic dalam bentuk pungutan-pungutan yang membabi buta. Otonomi daerah dapat berubah sifat menjadi “Anarkisme Financial”
  2. High Cost Economic dalam bentuk KKN
  3. Orientasi Pemda pada Cash Inflow, bukan pendapatan
  4. Pemda bisa menjadi “drakula” bagi anak-anak mereka sendiri yaitu BUMD-BUMD yang berada dibawah naungannya. Modusnya bisa jadi bukan melalui penjualan aset, melainkan melalui kebijakan penguasa daerah yang sulit ditolak oleh jajaran pimpinan BUMD
  5. Karena terfokus pada penerimaan dana Pemda bisa melupakan kriteria pembuktian berkelanjutan
  6. Munculnya hambatan bagi mobilitas sumber daya
  7. Potensi konflik antar daerah menyangkut pembagian hasil pungutan
  8. Bangkitnya egosentrisme
  9. Karena derajat keberhasilan otonomi lebih dilandaskan pada aspek-aspek finansial pemerintah daerah bisa melupakan misi dan visi otonomi sebenarnya.
  10. Munculnya bentuk hubungan kolutif antara eksekutif dan legislatif di daerah.
Upaya pejabat daerah untuk mengatasi ketimpangan yang terjadi:
  1. Pejabat harus dapat melakukan kebijakan tertentu sehingga SDM yang berada di pusat dapat terdistribusi ke daerah
  2. Pejabat harus melakukan pemberdayaan politik warga masyarakat dilakukan melalui pendidikan politik dan keberadaan organisasi swadaya masyarakat, media massa dan lainnya.
  3. Pejabat daerah harus bisa bertanggung jawab dan jujur
  4. Adanya kerjasama antara pejabat dan masyarakat
  5. Dan yang menjadi prioritas adalah pejabat daerah harus bisa memahami prinsip-prinsip otonomi daerah.
Analisis langkah yang harus diambil pemerintah dalam mengontrol otonomi daerah:
  1. Merumuskan kerangka hukum yang memenuhi aspirasi untuk otonomi di tingkat propinsi dan sejalan dengan strategi desentralisasi secara bertahap.Untuk itu perlu dipersiapkan revisi UU No.22 dan No.25 ,termasuk usaha sosialisasi besar-besaran pada masyarakat dan parlemen di tingkat pusat maupun daerah.
  2. Menyusun sebuah rencana implementasi desentralisasi dengan memperhatikan faktor-faktor yang menyangkut penjaminan kesinambungan pelayanan pada masyarakat,perlakuan perimbangan antara daerah-daerah,dan menjamin kebijakan fiskal yang berkelanjutan.
  3. Untuk mempertahankan momentum desentralisasi,pemerintah pusat perlu menjalankan segera langkah desentralisasi,akan tetapi terbatas pada sektor-sektor yang jelas merupakan kewenangan Kabupaten dan Kota dan dapat segera diserahkan.
  4. Proses otonomi tidak dapat dilihat sebagai semata-mata tugas dan tanggung jawab dari menteri negara otonomi atau menteri dalam negeri,akan tetapi menuntut koordinasi dan kerjasama dari seluruh bidang dalam kabinet (Ekuin,Kesra & Taskin, dan Polkam).
Demikianlah tadi Materi Sistem Otonomi Daerah, yang bisa digunakan sebagai bahan referensi belajar mengenai otonomi dan juga belajar menyusun makalah. Terima kasih, silahkan baca juga beberapa materi lainnya di bagian bawah!