Contoh Makalah Pendidikan Kewarganegaraan

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Pendidikan Kewarganegaraan - Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul "Pendidikan Kewarganegaraan". Penulisan ini merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Pendidikan dan Kewarganegaraan. 

Dalam penulisan makalah PKN ini saya merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang saya miliki. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat saya harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.

Akhirnya saya sebagai penulis berharap semoga Allah memberikan pahala yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal’Alamiin.

Sebelum anda semua mendownload Contoh Makalah Pendidikan Kewarganegaraan ini silahkan lihat terlebih dahulu apa saja materi yang dibahas dalam contoh makalah tersebut. Berbagai materi yang ada yaitu sebagai berikut:
2.1 Pendidikan kewarganegaraan di indonesia
2.2 Tujuan pendidikan kewarganegaraan dan Asas
2.3 Sifat Ketahanan Nasional
2.4 Pengaruh Aspek Ketahanan Nasional Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara
2.5 Keberhasilan Ketahanan Nasional
2.6 Dasar Pikiran Ketahanan Nasional
2.7 Pemahaman Hak Dan Kewajiban Warga Negara
2.8 Pemahaman Demokrasi
2.9 Prinsip Dasar Pemerintahan Republik Indonesia
2.10 Pemahaman Tentang Hak Asasi Manusia

Perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia yang dimulai sejak era sebelum dan selama penjajahan, kemudian dilanjutkan dengan era perebutan dan mempertahankan kemerdekaan sampai hingga era pengisian kemerdekaan menimbulkan kondisi dan tuntutan yang berbeda sesuai dengan jamannya.

Kondisi dan tuntutan yang berbeda tersebut ditanggapi oleh Bangsa Indonesia berdasarkan kesamaan nilai–nilai perjuangan bangsa yang senantiasa tumbuh dan berkembang. Kesamaan nilai–nilai ini dilandasi oleh jiwa, tekad, dan semangat kebangsaan. Kesemuanya itu tumbuh menjadi kekuatan yang mampu mendorong proses terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam wadah Nusantara.

Semangat perjuangan bangsa yang telah ditunjukkan pada kemerdekaan 17 Agustus 1945 tersebut dilandasi oleh keimanan serta ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan keikhlasan untuk berkorban. Landasan perjuangan tersebut merupakan nilai–nilai perjuangan Bangsa Indonesia. Semangat inilah yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Republik Indonesia. Selain itu nilai–nilai perjuangan bangsa masih relevan dalam memecahkan setiap permasalahan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta terbukti kehandalannya.

Tetapi nilai–nilai perjuangan itu kini telah mengalami pasang surut sesuai dengan dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Semangat perjuangan bangsa telah mengalami penurunan pada titik yang kritis. Hal ini disebabkan antara lain oleh pengaruh globalisasi.

Globalisasi ditandai oleh kuatnya pengaruh lembaga–lembaga kemasyarakatan internasional, negara–negara maju yang ikut mengatur percaturan politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan global. Disamping itu, isu global yang meliputi demokratisasi, hak asasi manusia, dan lingkungan hidup turut pula mempengaruhi keadaan nasional.

Globalisasi juga ditandai oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang informasi, komunikasi, dan transportasi. Hingga membuat dunia menjadi transparan seolah–olah menjadi sebuah kampung tanpa mengenal batas negara.

Semangat perjuangan bangsa ynag merupakan kekuatan mental spiritual telah melahirkan kekuatan yang luar biasa dalam masa perjuangan fisik. Sedangkan dalam era globalisasi dan masa yang akan datang kita memerlukan perjuangan non fisik sesuai dengan bidang profesi masing–masing.

Perjuangan non fisik ini memerlukan sarana kegiatan pendidikan bagi setiap warga negara Indonesia pada umumnya dan mahasiswa sebagai calon cendikiawan pada khususnya, yaitu melalui Pendidikan Kewarganegaraan.

Dari latar belakang sekarang anda bisa melihat rumusan masalah dari Contoh Makalah Tentang Pendidikan Kewarganegaraan tersebut. Rumusan masalah yang diambil adalah:
1. Apa latar belakang, tujuan, serta landasan hukum dari kewarganegaraan?
2. Apa pengertian bangsa dan negara?
3. Bagaimana hak dan kewajiban sebagai warga negara?

Contoh Makalah Pendidikan Kewarganegaraan
Contoh Makalah Pendidikan Kewarganegaraan
http://q.gs/7YvA4
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya

Sekarang, setelah melihat sedikit cuplikan-cuplikan di atas, jika anda merasa bahwa contoh karya tulis ini sesuai dengan apa yang sedang anda cari maka anda dapat mendownloadnya lengkap dari bab awal sampai akhir. Bagaimana cara Download Makalah Pendidikan Kewarganegaraan ini, silahkan klik saya tautan atau link yang telah disediakan.