Contoh Makalah Tentang Bencana Alam

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Bencana Alam - Anda membutuhkan bahan atau referensi dalam menyusun makalah ilmu pengetahuan alam ini? Atau apakah anda membutuhkan contoh makalah sebagai bahan belajar? Anda bisa mendapatkan hal itu disini, selain itu anda juga bisa mengikuti ulasan cara membuat makalah bencana alam yang akan dijelaskan dengan lengkap.

Materi tentang bencana alam yang terjadi biasanya juga tak luput dari pembahasan suatu makalah. Pentingnya informasi mengenai bencana tersebut tentu membuat posisi karya tulis ini menjadi penting baik sebagai sumber informasi dan juga bahan belajar bagi peserta didik secara khusus maupun masyarakat pada umumnya.

Bencana alam apapun bentuknya memang tidak diinginkan. Sayangnya kejadian pun terus saja ada. Berbagai usaha tidak jarang dianggap maksimal tetapi kenyataan sering tidak terelakkan. Masih untung bagi kita yang mengagungkan Tuhan sehingga segala kehendak-Nya bisa dimengerti, meski itu berarti derita.

Banyak masalah yang berkaitan dengan bencana alam. Kehilangan dan kerusakan termasuk yang paling sering harus dialami bersama datangnya bencana itu. Harta benda dan manusia terpaksa harus direlakan, dan itu semua bukan masalah yang mudah. Dalam arti mudah dipahami dan mudah diterima oleh mereka yang mengalami. Bayangkan saja harta yang dikumpulkan sedikit demi sedikit, dipelihara bertahun-tahun lenyap seketika. 

Mengingat efeknya yang sangat besar maka tidak salah jika masalah bencana alam menjadi perhatian banyak sekali kalangan. Pemerhati lingkungan, ilmiah, praktisi hukum, dunia pendidikan, semua masyarakat pasti memikirkan hal ini. 

Salah satu bentuk nyata kepedulian dalam masalah bencana ini adalah dijadikannya bencana alam sebagai bahan kajian dalam sebuah karya tulis baik oleh pelajar, mahasiswa maupun umum. Salah satunya yaitu kajian makalah yang membahas tentang bencana alam ini. Jika anda sedang menyusun karya makalah (paper) yang membahas mengenai materi ini maka anda bisa belajar cara membuat dan contohnya di sini.

Untuk menyusun makalah ini - seperti juga makalah lain- cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan konsep atau draft acuan. Draft tersebut akan memandu kita dalam meneliti dan menyusun berbagai bahan yang ada.

Untuk lebih mudah kita bisa membuat daftar isi makalah sebagai draft acuan untuk menyusun paper ini. Nah, jika anda sudah tidak memiliki masalah dengan berbagai teknik penyusunan makalah tersebut maka silahkan lihat beberapa cuplikan isi makalah berikut.

Rumusan Masalah
Masalah – masalah dalam makalah ini dirumuskan sebagai berikut : 

  1. apa pengertian tsunami, gempa bumi, gunung meletus, banjir, erosi, kebakaran hutan, angin puting beliung, amblasan tanah?
  2. apa saja penyebab, proses kejadian, dampak/akibat, upaya/usaha penanggulangan?

Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui pengertian, penyebab, proses kejadian, dampak/akibat, upaya/usaha penanggulangan dari bencana bencana tersebut

Apa saja yang dibahas dalam Contoh Makalah Tentang Bencana Alam ini? Pertanyaan tersebut tentu akan terlintas di benak anda apalagi jika anda belum memiliki ide berbagai pembahasan yang akan diangkat. Jika anda membahas makalah dengan tema ini ada beberapa pembahasan yang bisa dijadikan bahan yaitu antara lain sebagai berikut:
1. Tsunami
2. Gempa bumi
3. Gunung Meletus 
4. Banjir
6. Kebakaran Hutan
7. Angin Puting Beliung

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan faktor non-alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis. Contoh bencana alam antara lain antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan dan tanah longsor. Sedangkan bencana non alam contohnya adalah konflik social, epidemi dan wabah penyakit.

Karena umumnya bahaya bencana dapat terjadi di mana saja dengan sedikit atau tanpa peringatan, maka sangat penting bersiaga terhadap bahaya bencana untuk mengurangi risiko dampaknya. Melalui pendidikan masyarakat, dapat dilakukan beberapa hal untuk mengurangi risiko bencana. 

Selain itu, agar masyarakat mengetahui langkah-langkah penanggulangan bencana sehingga dapat mengurangi ancaman, mengurangi dampak, menyiapkan diri secara tepat bila terjadi ancaman, menyelamatkan diri, memulihkan diri, dan memperbaiki kerusakan yang terjadi agar menjadi masyarakat yang aman, mandiri dan berdaya tahan terhadap bencana.


Contoh Makalah Tentang Bencana Alam
Contoh Makalah Tentang Bencana Alam
http://q.gs/7bm0m

)* copy paste link di atas untuk menyalin contohnya

Tentu saja, akan sedikit sulit jika berbicara namun tidak bisa melihat langsung contohnya, untuk itu sebuah Contoh Makalah Tentang Bencana Alam telah disiapkan khusus untuk dipelajari. Jika anda membutuhkan contoh lengkap ini anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi alamat url (di bawah gambar) di atas.

Silahkan copy alamat di atas kemudian paste di browser yang digunakan, kemudian klik skip, anda akan diarahkan ke halaman dimana contoh tersebut bisa anda salin. Mudah-mudahan anda bisa melakukannya dan contoh kali ini bisa bermanfaat sebagai tambahan referensi bagi anda semua.