Contoh Makalah Tentang Senam Lantai

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Senam Lantai - Banyak cara untuk belajar, bukan hanya mendengarkan arahan dari guru, membaca buku pegangan atau mengerjakan latihan soal. Belajar juga bisa dilakukan melalui berbagai tugas yang diberikan sebagai contoh yaitu ketika diminta membuat sebuah karya tulis makalah. Bukan tanpa tujuan kita diberi tugas yang sulit ini, mau tahu apa saja tujuannya?

Kegiatan menyusun sebuah makalah yang ditugaskan oleh pendidik memang bukan tanpa alasan. Kegiatan ini tentunya memiliki tujuan untuk memfasilitasi siswa dalam mempelajari berbagai materi yang diberikan di sekolah. Dengan penyusunan makalah peserta didik bukan hanya diajarkan bagaimana membuat sebuah karya tulis namun secara tidak langsung peserta didik akan diarahkan untuk lebih memahami materi yang akan di bahas dalam makalah tersebut. Maka dari itu tidak heran jika peserta didik sering sekali diberi tugas seperti ini.

Materi olahraga juga menjadi salah satu materi yang biasanya cukup sulit jika hanya diajarkan dari buku dan latihan saja, karena itu terkadang peserta didik juga diberi alternatif belajar dengan menyusun sebuah makalah olahraga baik secara individu maupun kelompok. Salah satu bahan yang sering diberikan untuk makalah pelajaran ini adalah materi tentang senam lantai.

Penugasan tersebut bertujuan untuk memberikan jalan bagi para peserta didik dalam meningkatkan pemahaman akan materi tersebut jadi pemberian tugas makalah ini antara lain bertujuan untuk:
1. Membantu siswa belajar membuat makalah
2. Memfasilitasi siswa untuk mempelajari materi senam lantai lebih dalam lagi
3. Ajang untuk menempa disiplin siswa

Melihat pentingnya tujuan tersebut maka wajar jika siswa diminta untuk membuat Makalah Tentang Senam Lantai oleh para pendidik. Untuk menyusun makalah ini sebenarnya tidak begitu sulit, jika hanya perlu membaca petunjuk bagaimana menulis makalah dan mencari dan mempelajari berbagai materi yang sesuai dengan tema yang diberikan. Gambaran mengenai isi dari makalah seperti ini bisa anda lihat pada beberapa cuplikan berikut yang pertama yaitu latar belakang.

Masyarakat maju yang kaya dan makmur dengan kenyamanan yang di dukung dengan mesin atau alat-alat otomatis, telah mengalami derita yang diakibatkan dengan kemajuan tersebut. Banyak ancaman yang di hadapi mereka seperti penyakit yang di akibatkan kurang gerak, sebagai sebagian penyakitnya, timbul penyakit egeneratif, seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes melitus, dan lainnya.

Gejala kemerosotan kebugaran jasmani di kalangan anak-anak dan remaja di seluruh dunia sudah merupakan gejala umum. Penyebab utamanya adalah mereka kurang aktif bergerak karena kurangnya waktu untuk melaksanakan latihan jasmani. Anak-anak begitu asik bermain permainan di komputer, disertai pola makan yang tidak sehat, seperti menyantap makanan yang siap hidang dimana susunan menu nya tidak seimbang, keadaan ini sudah terjadi di Indonesia.

Dengan demikian masyarakat Indonesia sangat kagum dengan menyaksikan penampilan seorang penari yang badannya lemah gemulai. Mungkin kita juga kagum menyaksikan seorang pesenam yang dapat menekukkan tubuhnya, seperti ular, lentur sekali gerakannya. Apa kesan kita ? Orang itu memiliki fleksibilitas yang sangat bagus. Fleksibilitas dapat di definisikan sebagai kemampuan dari sebuah sendi dan otot, serta tali sendi di sekitarnya untuk bergerak dengan leluasa dan nyaman dengan ruang gerak maksimal yang di harapkan. Fleksibilitas optimal memungkinkan sekelompok atau satu sendi untuk bergerak elegan efisien.

Senam mempunyai begitu banyak pengaruh bagi individu bila datang berolahraga dengan sikap dan respek yang baik. Senam dapat menyenangkan, menggairahkan dan memberi banyak pesona. Banyak keuntungan yang diperoleh dalam senam. Konsentrasi, keteguhan hati, dan keyakinan akan menjadi modal besar yang dapat membantu dalam bersenam. Pengaruh latihan senam terhadap perkembangan fisik, menakjubkan. Mempelajari keterampilan dalam senam akan meningkatkan kekuatan yang sangat hebat, kelentukan, koordinasi, sikap dan kesadaran kinnestetik.

Dari latar belakang akan dibentuklah sebuah kerangka pembahasan yang sering disebut juga dengan rumusan masalah. Untuk Contoh Makalah Senam Lantai ini rumusan masalahnya sebagai berikut.
1. Apa pengertian senam dan senam lantai ?
2. Apa saja sarana dan prasarana senam lantai ?
3. Bagaimana gerakan dasar senam lantai ?
4. Apa saja modifikasi permainan senam lantai ?

Selanjutnya dari rumusan di atas akan dibuat juga tujuan penulisan yang tentunya tujuan ini akan sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan. Pada contoh ini tujuannya yaitu:
1. Mengetahui pengertian senam dan senam lantai
2. Mengetahui apa saja sarana dan prasarana senam lantai
3. Mengetahui gerakan dasar senam lantai
4. Mengetahui modifikasi permainan senam lantai

Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras. Unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada saat meloncat kedepan atau ke belakang. Dalam cabang olahraga senam lantai diperlukan matras yang luasnya 12 x 12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam. 

Beberapa gerakan dasar senam lantai : 
Ø Roll depan
Ø Roll belakang
Ø Kayang
Ø Sikap lilin
Ø Meroda
Ø Profeller

Modifikasi permainan senam lantai :
Ø Roll depan berpasangan.
Ø Roll belakang berpasangan.

Semua informasi tentang senam lantai ini akan dibahas menyeluruh pada makalah yang dibuat. Untuk anda yang belum ada gambaran bagaimana membuatnya bisa membaca materi mengenai cara membuat makalah.

Contoh Makalah Tentang Senam Lantai
Contoh Makalah Tentang Senam Lantai
http://q.gs/7bm0q

)* copy paste link di atas untuk menyalin contohnya

Sekarang, khusus bagi anda yang sedang menyusun makalah dan membutuhkan bahan materi dan juga rujukan bisa mempelajari Contoh Makalah Tentang Senam Lantai lengkap yang disediakan. Jika anda ingin mendapatkan contoh tersebut silahkan gunakan tautan di atas untuk menyalin contohnya. 

Makalah adalah salah satu karya tulis ilmiah, kualitas karya ini akan sangat tergantung pada tingkat keilmiahannya. Jadi, pastikan anda menyusunnya lengkap dengan berbagai referensi dan sumber yang jelas. Itu saja, silahkan gunakan bahan tersebut sebagai sarana belajar.