Download Contoh Makalah Keragaman Budaya Nasional NTB

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah salah satu propinsi yang juga kaya akan budaya. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas sebuah contoh makalah tentang keragaman budaya nasional propinsi NTB tersebut. Seperti biasa, kita akan belajar bagaimana menyusun makalah dengan tema atau materi yang sudah dipilih.

Sama seperti makalah yang lalu, makalah pelajaran sma kali ini juga didahului dengan berbagai halaman awal seperti cover, kata pengantar dan juga daftar isi.

Halaman pertama adalah halaman judul atau cover. Pada sebuah makalah ada bagian halaman juddul, yang meliputi sebuah nama judul makalah, nama sekolah, gambara/logo sekolah, dang program studi. Semua poin tersebut dicantumkan dalam halaman judul, yang tujuannya untuk memudahkan para pembacannya.

Pada bagian kata pengantar, penulis diperkenankan menuliskan sebuah ucapan terima kasihh, dan syukur. Kata pengantar ini adalah murni kata-kata berupa pengantar, yang berisi ucapan terima kasih kepada orang terdekat atas lahirnya makalah ini. Dalam kata pengantar yang tidak bisa dilewatkan adalah doesn dan orang terdekat.  

Di halaman daftar isi mempunyai sebuah isi tentang keterangan berupa daftar dari keseluruhan sub judul yang ada di isi. Yang mana mempunyai sebuah pengertian untuk memudahkan pembacanya ketika membaca dengan cara acak. Sehingga halaman yang diinginkan bisa diketemukan dengan mudah, tanpa harus berulang kali membolek-balik halaman makalah.

1) BAB I Pendahuluan

Setidaknya, bab pertama makalah ini akan terdiri dari beberapa sub yaitu mulai dari latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan. Lalu bagaiamana jika kita ingin membuat sub bab tersebut, apa yang harus dilakukan?

Yang perlu dilakukan adalah mengetahui lebih dulu apa dan bagaimana sub yang akan dibuat.
Bagian latar belakang misalnya, menerangkan sebuah latar belakang dari isi yang ada di makalah tersebut.

Yang mana tujuannya tentu sebagai pendahuluan dan pencerahan sebelum hingga akhirnya pembaca membaca isi dari pada makalah tersebut. Dengan demikian pembaca dapat dengan baik memahami apa yang terkandung dalam makalah.  

Rumusan masalah juga harus ada dalam bagian pendahuluan di BAB I, yang tidak jauh dengan fungsi dari pada latar belakang yang ada di sub judul yang ke satu. Namun dalam hal kemasannnya tentu berbeda dengan latar belakang, karena dalam rumusan masalah, lebih dikemas dengan singkat berupa pertanyyaan.. 

Semisal dalam judul,” Keragaman Budaya Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat”, bisa dibuat dengan sebuah rumusan berupa, Dimana Letak Geografis NTB?, Bagaimana Rumah Adat NTB?, Bagaimana Pakaian Adat NTB?, Bagaimana Tari Tradisional NTB?, dan Bagaimana Tradisi Upacara Adat NTB?. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sekaligus mewakili sebuah rasa penasaran yang ada pada pembaca.

Pada sub tujuan penulisan dituliskan tujuan yang akan pembaca dapat setelah membaca makalah ini. Yang mana anda bisa membuat tujuan penulisan dengan kalimat: Mengetahui Dimana Letak Geografis NTB, Mengetahui Rumah Adat NTB, Mengetahui Pakaian Adat NTB, Mengetahui Tari Tradisional NTB, Mengetahui Tradisi Upacara Adat NTB.Kalimat-kalmat tersebut sudah bisa disebut sebagai tujuan penulisna yang ada pada makalah ini.

2) BAB II Pembahasan

Pada bagian pembahasan mualilah masuk kepada tahapan pemaparan isi dari judul yang sudah ditentukan pada halaman judul. Cara pembuatan dari pembahasan ini adalah dengan mencantumkan sebuah sub-sub judul dari judul iduk yang ada di halaman judul.

Seperti misalnya bila judul dari makalahnya,”Keragaman Budaya Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat”, maka sub judulnya meliputi; Letak Geografis, Rumah Adat, Pakaian Adat, Tari Tradisional, Tradisi Upacara Adat.

Jadi, pada bagian pertama bab pembahasan akan dijelaskan lebih jauh mengenai letak dari propinsi NTB itu sendiri. Jadi sebelum membahas mengenai bagaimana budaya-nya akan lebih baik jika pembaca diajak untuk mengetahui letak propinsi tersebut.

Baru setelah pembahasan mengenai letak, kita bisa masuk ke sub berikutnya misalnya mengenai rumah adat yang ada di nusa tenggara barat. Pada sub ini bisa dijelaskan lebih jauh mengenai bentuk rumah adatnya seperti apa, material atau bahan bagunan yang digunakan, sejarah, fungsi dan hal lain yang berhubungan dengan rumah adat.

Setelah bagian sub rumah adat selanjutnya bisa dibahas mengenai pakaian adat NTB. Ingat, kita bisa menjelaskan secara rinci mengenai sub-sub materi yang ada tersebut. Bahkan, jika diperlukan kita juga bisa menambahkan gambar-gambar yang sesuai.

Begitu kita lakukan pembahasan semua sub materi yang dipilih tadi mulai dari letak tadi, rumah, pakaian, tari, tradisi dan berbagai keragaman budaya lain yang ada di propinsi tersebut. Baru setelah semua selesai dibahas kita bisa mulai melangkah untuk membuat bab berikutnya.

3) BAB III Penutup

Kalau sudah sampai pada bab penutup itu berarti tinggal selangkah lagi makalah kita selesai. Masih ingat bukan bab ke-3 ini isinya apa saja? Ya, di bab terakhir ini akan dipaparkan atau dijelaskan mengenai kesimpulan dan juga saran.

Pada bagian penutup ada sub judul dari bab tersebut berupa kesimpulan. Pada bagian ini diberikan sebuah keterangan mengenai kesimpulan yang singkat padat dan jelas. Yang tujuannya, pembaca bisa lebih memahami dan tercerahkan dengan kesimpulan yang telah dibuat. Sehingga dalam pembuatan kesimpulan maka haruslah memperhatikan aspek-aspeknya.

Sedangakn untuk bagian saran merupakan halaman dimana penulis memberikan sebuah pernyataan tentang sebuah saran dari pembaca, atau untuk pembaca. Pernyatan dari pembaca yang dimaksud adalah kalimat yang mempunyai pengertian bahwa penulis membutuhkan saran dari pembaca tentang penulisan dalam makalah ini. Sedangkan saran untuk pembaca mempunyai maksud bahwa kalimat tersebut mengantung sebuah saran untuk para pembaca.