Islam Pada Masa Nabi Muhammad SAW

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Download Contoh Makalah Islam Pada Masa Nabi Muhammad SAW - Kita akan berbicara mengenai salah satu tema dalam Sejarah Peradaban Islam. Kali ini adalah tentang bagaimana Islam pada zaman Rosululloh. Ya, kita akan membahas topik tersebut dalam bentuk sebuah makalah untuk dijadikan contoh penyusunan bagi yang membutuhkan.

Langsung saja, pada bagian awal makalah diberikan sebuah halaman yang menyangkut tentang halaman judul/cover, kata pengantar dan daftar isi. Yang tujuannya adalah sebagai sebuah pengenalan kepada pembaca tentang topik yang akan dibahas dari mata kuliah yang akan di sampaikan, dan nama kelompok yang akan mempersentasikan dll.

Sedangkan untuk bagian kata pengantar diterangakn sebuah kata pengantar dari penulis, berkaitan dengan sebuah ucapan trimakasih dan ucapan syukur. Jumlah yang ada pada kata pengantar tidak ada patokan, semua tergantung penulis yang menentukan tulisan tersebut mau seberapa banyak.

Untuk bagian daftar isi adalah halaman yang menerangakn sebuah sub jdudul dari keseluruhan isi makalah. Dengan demikian semua yang termuat dalam daftar isi adalah keseluruhan dari pada isi makalah yang hanya dituliskan sub judulnya saja, dan nomor halaman pada sub judul tersebut.

Dengan demikian pembaca akan lebih mudah ketika membuka makalah tersebut, terlebih ketika mencari halman yang akan dicarinya. Karena hanya melihat pada lembar daftar isi, sudah bisa mengetahui keseluruhan letak sub jdul yang ada pada makalah tersebut.

1) BAB I Pendahuluan

Kalau anda sering mengikuti pembahasan disini sebenarnya sudah tidak perlu dijelakan panjang lebar mengenai bab pertama. Ya, seperti yang sudah kita tahu, bab pendahuluan ini akan terdiri dari beberapa hal yaitu misalnya ada latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan penulisan.

Untuk bab II sudah masuk ke dalam bagian pendahuluan yang mana pada bagian pendahuluan ini adalah sebagai pengenalan secara umum tentang isi yang akan disampaikan pada makalah tersebut. Sehingga pembaca dapat secara benar dan bisa memahami dengan baik, isi yang akan disampaikan. Diantara yang ada pada bab pendahuluan adalah latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penulisan.

Pada bagian tuuan penulisan meuat su judul yang mempunyai pengertian menerangkan rumusan masalah yang berkaitan dengan isi dari pada makalah tersebut. penerangan tersebut biasanya dalam bentuk pertanyaan, yang intinya mengajak pembaca untuk berfikir tentang kaitannya rumusan masalah yang berkaitan dengan isi.

Untuk tema makalah yang berjudul,”Islam Pada Masa Nabi Muhammad SAW”, bisa anda beri rumusan masalah dengan kalimat berupa: Bagaimana bentuk peradaban Islam pada Masa Rasulullah periode Mekah?, dan Bagaimana bentuk peradaban Islam pada Masa Rasulullah periode Madinah?

Untuk sub judul pada tujuan diberikan sebuah keterangan tentang tujuan dari penulisan dari penulis. Yang biasanya adalah berkaitan erat dengan rumusan masalah, karena rumusan masalah berbentuk kalimat tanya, sedangkan tujuan berbentuk kalimat jawaban. Untuk sebuah tema yang sedang kita bahas ini, bisa anda cantumkan tujuan sebagai berikut; Untuk mengetahui bentuk peradaban Islam pada Masa Rasulullah periode Mekah, dan Untuk mengetahui bentuk peradaban Islam pada Masa Rasulullah periode Madinah.

Bisa dilihat bahwa antara rumusan masalah dan tujuan terkait satu sama lain. Karena pada dasarnya tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah makalah adalah menjawab pertanyaan atau masalah yang diambil. Selanjutnya kita ke bab pembahasan.

2) BAB II Pembahasan

Untuk bagian pembahasan di dalam Bab II sudah mulai dipaparkan tentang isi yang menjadi maksud utama dari makalah tersebut, yang tentunya berkaitan dengan judul. Dalam pembahasan juga harus dibuat sebuah sub judul yang berkaitan dengan judul utama.

Misalnya, dalam hal ini pembahasan kita berjudul”Islam di Masa Nabi Muhammad”, maka sub judulnya bisa dengan kalimat: Arab Sebelum Kedatangan Islam, Periode Mekah, dan Periode Madinah.

Jadi, paling tidak ada tiga poin utama yang akan dibahas dalam bab inti tersebut. Yang pertama yaitu pada sub judul 2.1 adalah tentang keadaan Arab sebelum datangnya umat Islam. Dengan begitu yang dijelaskan pada sub judul ini tentu berkaitan dengan poin tersebut.

Pada sub judul 2.2 akan dibahas tentang periode mekah dimana pembahasan akan mengupas bagaimana Islam pada masa nabi terutama di periode mekah tersebut. Selanjutnya, pada sub 2.3 akan dibahas periode selanjutnya yaitu islam masa periode Madinah.

Kalau sudah tahu apa saja yang akan dibahas seperti ini, sebenarnya menyusun sebuah makalah tidak akan terlalu sulit. Karena setelah mengetahui pokok-pokok pembahasan tersebut penyusun tinggal mencari informasi yang berkaitan, mempelajari informasi tersebut dan menjabarkan atau menjelaskannya dengan didukung dengan pendapat atau keterangan dari para ahli.

Sebagai contoh, pertama kita mencari informasi keadaan islam di periode Madinah pada masa nabi. Setelah itu kita pahami dan kita jabarkan informasi yang kita dapat tersebut dalam paragraf-paragraf yang tersusun rapi.

Tapi ingat, untuk mendukung penjelasan kita tersebut tentu kita perlu menyertakan atau menyisipkan kutipan untuk mendukung apa yang kita jelaskan. Dengan begitu apa yang kita informasikan tadi bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

3) BAB III PENUTUP

Seperti halaman awal dan bagian pendahuluan, bab penutup juga tidak perlu banyak dibahas. Bab ini hanya akan terdiri dari dua hal yaitu kesimpulan dan saran. Untuk bagian penutup sudah diterangakan masalah yang berkaitan dengan kesimpulan yang didapat dari isi.

Atau juga bisa dikatakan maksud inti isi yang bisa didapat dari isi yang sudah dipaparkan. Dengan memaparkan isi secara garis besar pada bagian sub judul, akan memudahkan pembaca untuk mengetahui kesimpulan/maksud dari pada isi yang suah dipaparkan.

Pada bagian saran dituliskan saran – saran yang mempunyai keterangan mengenai permintaan saran untuk pembaca. Yang kalimatnya juga dibuat agar secara tidak langsung penulis juga mau menilai karya tulis yang sudah dipaparkan tersebut.

Pada bagian akhir karya tulis ini jangan lupa juga untuk menambahkan daftar pustaka yang digunakan dalam penyusunan karya tersebut. Sudah tahu apa dan bagaimana daftar pustaka ini bukan?

Ya, bagian dafatar pustaka memuat lampiran berupa nama-nama buku atau referensi yang telah dipergunakan. Yang mana hal tersbeut dimaksudkan bahawa semua yang sudah dipaparkan dalam makalah ini bisa dipertanggung jawabkan dan ada dasar yang menguatkan. Untuk tata cara penulisan refrensi adalah nama pengarang, judul buku, tahun terbit, dan penerbit.