Makalah Kecakapan Sosial dan Personal

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Kecakapan Sosial dan Personal - Kecakapan sosial dan kecakapan personal merupakan salah satu materi pelajaran sosiologi sma yang juga akan dipelajari oleh para siswa. Tak jarang para siswa dalam belajar akan diajarkan juga untuk menyusun makalah yang berkaitan dengan materi tersebut.

Membuat makalah atau karya tulis untuk pelajar selain bermanfaat untuk menambah informasi mengenai materi yang dibahas juga untuk melatih para siswa dalam membuat karya ilmiah. Pembuatan karya bentuk makalah ini juga tidak berbeda dengan yang sudah kita bahas lain waktu.

Dalam membuat makalah ini mula-mula juga harus dibuat halaman awal tentang identitas makalah. Termasuk didalamnya sebuah yang ditunjukan kepada orang terdekat penulis. Yang tujuannya adalah agar bisa lebih mengetahui tentang penyusun makalah.

Halaman judul memberikan sebuah pengertian tentang halaman yang memuat tentang keterangan atau identitas dari pada makalah, yang meliputi sebuah; nama judul makalah, nama sekolah, nama dosen, logo, program studi, dan alamat instansi pada bagian bawah beserta tahun pembuatan.

Juga sebuah kata pengantar yang memuat tentang kalimat ungkpan pengantar dari penyusun, atas keberhasilan menyusun makalah dengan baik. kata pengantar tersebut memuat tentang ungkapan terima kasih kepada orang terdekat, dan ucapan syukur kepada tuhan Yang Maha Esa.

Diberi juga sebuah halaman daftar isi yang memuattentang daftar isi keseluruhan sub judul dan nmer halaman yang ada pada makalah. Halaman daftar isi ditulis dengan dengan cara berurutan dan rapih, sehingga bisa memudahkan para pembacanya untuk mencari halaman tertentu dengan cepat.

A. BAB I Pendahuluan
Tiga hal yang ada dalam bab ini juga sama dengan makalah yang pernah kita buat yaitu terdiri dari 1.1 latar belakang, 1.2 rumusan masalah dan 1.3 tujuan. Cara membuat sub bab tersebut juga tidak berbeda.

Pada bagian sub judul latar belakang dituliskan sebuah keterangan tentang masalah yang ada, dan yang berkaitan dengan isi yang akan disampaikan pada makalah tersbut. Masalah bisa dari sisi mana saja, yang terpenting permasalahan tersebut berkaitan erat dengan materi yang disampaikan.

Bagian rumusan masalah adalah sebuah sub judul yang memuat tentang sebuah kalimat berupa pertanyaan yang diajukan atau berkaitan dengan isi yang hendak disampaikan. Sehingga kalimatnya haruslah sebuah kalimat tanya yang mengundang rasa penasaran pada pembacannya.

Tujuan berisi keterangan tentang tujuan penulisan yang berupa kalimat sederhana. Kalimat ditulis dengan singkat padat dan jelas. Kalimat pada bagian sub judul tujuan penulis, juga merupakan sebuah kalimat yang berisi tentang jawaban dari pada rumusan masalah.

B. BAB II Pembahasan
Pada bagian pembahasan sudah mulai dituliskan sebuah keterangan tentang isi yang akan dismapaikan berkaitan dengan tema. Sheingga pembahasannya juga harus secara detail dan menyeluruh, agar bisa memberikan sebuah pemahaman yang baik pada para pembaca.

Dalam pembuatan isi pada makalah haruslah dibuat sebuah sub judul berupa keterangan tentang sebuah sudut pandang bahasan yang menjadi permasalahan. Sehingga para pembaca akan lebih memahami isi dari sudut pandang yang sudah ditentukan yang menjadi masalah umum.

Contoh sebuah kalimat tentang sub judul yang bisa membentuk sudut pandang pada bahasan isi makalah ini adalah kecakapan sosial (social skill), dan kecakapan personal. Seperti terlihat pada judul, dua kecakapan tersebut memang menjadi inti dari makalah ini.

Dalam pembahasannya, bisa dibuat dalam dua sub bab terpisah misalnya “2.1” dan “2.2”. Untuk kecakapan sosial bisa terdiri dari beberapa sub pembahasan yaitu misalnya a) Komunikasi, dan b) Kerja sama.

C. BAB III Penutup
Simpulan dan saran akan menjadi dua sub yang akan ditulis dalam bab terakhir yaitu bab penutup. Pada bagian kesimpulan dituliskan sebuah keterangan tentang kesimpulan yang didapat para isi yang sudah disampaikan. Yang tujuannya agar mempermudah para pembaca untuk mengambil inti sari pembahasan yang sudah diterangkan di bagian pembahasan.

Saran juga menjadi hal yang wajib untuk dicantumkan, mengingat sebuah karya tentulah tidak ada yang sempurna, karena selalu terdapat sebuah kelebihan dan kekurangan. Dan kekurangan makalah yang kita buat tentu kita tidak pernah tahu, untuk itulah adanya sebuah sub judul saran tidak lain memiliki sebuah fungsi sebagai kalimat yang memberikan permintaan saran penulis kepada para pembaca.

Jangan lupa juga dengan daftar pustaka. Daftar pustaka memuat tentang buku yang digunakan dalam pembuatan makalah. Dengan pencantuman daftar pustaka ini, pembacca bisa mengetahui, bahwa makalah yang anda buat bisa dipertanggungjawabkan.