Contoh KIR Bagian Tanaman untuk Dibentuk Menjadi Bonsai

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Bagian Tanaman untuk Dibentuk Menjadi Bonsai - Pernahkah terpikir oleh sobat bahwa analisis tentang bagian tanaman yang dapat dibentuk menjadi bonsai juga dapat dilakukan untuk menyusun sebuah karya tulis? Jika tidak sebaiknya sobat membaca ulasan yang akan saya berikan mengenai contoh karya ilmiah remaja (KIR) yang membahas mengenai bagian tanaman untuk bonsai ini. 

Saya pribadi tertarik untuk mengulas karya tulis ini karena menurut saya ide ini juga jarang diambil untuk diteliti oleh para pelajar yang sedang menyusun karya ilmiah.

Cuplikan Kir Bagian Tanaman Yang Dapat Dibentuk Menjadi Bonsai 

Berikut cuplikan kir yang dapat langsung sobat pelajari pada uraian kita kali ini. Cuplikan ini merupakan cuplikan karya ilmiah biologi bab I pendahuluan.

BAB I 
PENDAHULUAN

A. Tujuan
Dalam penyusunan karya ilmiah ini, tentunya memiliki tujuan yang ingin dicapai. Adapun tujuannya adalah agar dapat:
1. Mengetahui bagian – bagian tanaman yang dapat dibentuk menjadi bonsai
2. Mengetahui tanaman bibit bonsai
3. Mengetahui tanaman bakal bonsai dan bagaimana cara menanamnya
4. Mengetahui bagaimana cara membuat tanaman bonsai
5. Untuk memenuhi tugas mandiri mata pelajaran bahasa Indonesia

B. Latar Belakang
Menurut Rismunandar, (1993L tanpa halaman) menyatakan, “tanaman kerdil yang dipelihara di dalam pot yang beraneka ragam bentuk dan warnanya itu di Jepang diberi nama bonsai.”

Dari kutipan di atas menunjukan tentang pengertian bonsai, jadi bonsai adalah tanaman kerdil yang bentuknya menyerupai tanaman di alam bebas yang di tanam di pot yang beraneka ragam bentuknya dan warnanya atau sering juga disebut tanaman hias, itu karena bentuknya yang indah dan menarik dan biasa dipajang di halaman rumah sebagai Hiasan untuk menambah keindahan rumah, sehingga orang yang melihat akan merasa tertarik.

Pertama kalinya tanaman bonsai ini dikembangkan di Tiongkok pada abad ke XI, kemudian pada abad ke XV seni tanaman bonsai masuk ke Jepang, hingga seni tanaman kerdil ini disebut bonsai. Dengan keindahan dan keunikan dari tanaman bonsai ini akhirnya tanaman bonsai ini sampai merambah ke Amerika Serikat bahkan ke dunia Barat termasuk ke Indonesia bonsai ini banyak digemari dan diminati untuk bisa memiliki tanaman itu.

Dengan demikian untuk bisa memenuhi hasrat itu, maka bonsai dalam penyusunan karya ilmiah ini. Hal ini sengaja penulis sajikan agar menambah kreatifitas bagi yang berminat tanaman hias.

C. Metode
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis menggunakan metode deskripsi dan pendekatan yang digunakan yaitu dengan pendekatan normative, dimana penulis menjelaskan dan memaparkan bagaimana cara membentuk tanaman menjadi tanaman bonsai dengan menggunakan literature yang ada

D. Sistematika Penulisan
Di samping karya ilmiah ini harus bersifat ilmiah, juga harus tersusun secara sistematis. Adapun sistematika penulisannya adalah sebagai berikut:

Dalam sistematika penulisan karya ilmiah ini diawali dengan isi yang terdiri dari daftar isi, dilanjutkan dengan isi yang terdiri dari beberapa Bab yaitu Bab I, Bab II, dan Bab III, yakni rinciannya sebagai berikut:

Bab I Pendahuluan Isi dari Pendahuluan ini terdiri dari beberapa sub Bab yaitu; tujuan, latar belakang, metode; sistematika penulisan, dan terakhir Kegunaan Bab II Pembahasan Pembahasan ini menguraikan materi tentang tanaman bonsai secara teoritis dimana dalam hal ini terdiri dari beberapa sub yaitu: bagian tanaman, sifat dan fungsinya, bibit bonsai, bakal bonsai dan cara menanamnya; dan tahap-tahap pembentukan bonsai.

Bab III Penutup Dalam Bab III ini diisi dengan penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran, dimana penulis setelah menguraikan materi tentang bonsai selanjutnya menyimpulkan dan memberikan saran sehingga karya ilmiah ini bisa bermanfaat.

E. Kegunaan
Manfaat dan kegunaan penyusunan karya ilmiah ini diharapkan bisa:
1. Menumbuhkan minat seseorang untuk bisa memiliki bonsai
2. Memberikan motivasi untuk bisa berkreasi dan kreatif
3. Memberikan pengetahuan dan pengalaman bagaimana membentuk tanaman bonsai

Silahkan dibaca-baca cuplikan yang sudah saya sertakan diatas. Sebagai catatan, cuplikan tersebut dikutip dari lama lain yaitu www.peutuah.com

Salin Kir Bagian Tanaman untuk Dibentuk Bonsai 

Selain cuplikan diatas yang dapat sobat lain, sobat juga dapat mempelajari contoh kir ini secara keseluruhan dari bab I sampai bab penutup. Untuk mempelajari contoh ini secara lengkap sobat harus menyalinnya melalui tautan dibawah ini:

Download Contoh KIR Bagian Tanaman untuk Dibentuk Menjadi Bonsai 

Untuk menyalin contoh tersebut saya harap sobat semua telah faham dengan caranya, jika masih bingung sobat dapat membaca panduan cara salin karya tulis. Itu saja, semoga uraian ini dapat sedikit membantu sobat pelajar yang masih kesulitan dalam menyusun sebuah karya tulis khususnya karya ilmiah remaja. Sebagai tambahan sobat juga dapat melihat koleksi contoh lainnya sebagai berikut:
  1. Cara Mengawetkan Telur Menggunakan Minyak Kelapa 
  2. Bagian – Bagian Tanaman Yang Dapat Dibentuk Menjadi Bonsai 
  3. Pemanfaatan Bonggol Pisang 
  4. Boraks Dan Formalin Pada Makanan 
  5. Pemanfaatan Buah Mengkudu Sebagai Pengobatan Alternatif
Lain waktu akan ditambahkan lagi berbagai contoh kir (karya ilmiah remaja) lainnya yang lebih baru dan lebih segar idenya. Trims