Dampak Pencemaran Air Oleh Limbah Pemukiman Pada Masyarakat

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Dampak Pencemaran Air oleh Limbah Pemukiman pada Masyarakat. Yang berikut juga merupakan salah satu contoh karya ilmiah remaja yaitu yang membahas mengenai dampak pencemaran pada lingkungan. Ada yang ingin mempelajari makalah ini?

Tenang, contoh yang satu ini agak sedikit berbeda dalam penyusunan nya jika dibandingkan dengan contoh-contoh sebelumnya. Namun begitu yang terpenting dari contoh ini kita dapat mengetahui materi apa saja yang dapat dibahas jika kita menyusun sebuah karya ilmiah remaja dengan tema pencemaran lingkungan.

Contoh kali ini tidak akan dimuat langsung dari awal sampai akhir. Dalam satu makalah tentu akan terdiri dari banyak lembar. Oleh karena itu tidak mungkin bisa memuat langsung semuanya.

Untuk itulah nanti akan diberi penjelasan rinci yang menyangkut inti atau poin penting dalam penyusunan karya tulis ini. Bisa dikatakan, kali ini kita mempelajari contoh karya tulis ilmiah atau bisa juga dijadikan bahan makalah.

A. Cuplikan Kir Dampak Pencemaran Air 

Berikut saya sertakan cuplikan langsung yang dapat dibaca dari blog ini sekarang. Sedikit berbeda dari contoh-contoh biasanya jadi sobat dapat membandingkan dan mempelajari contoh mana yang lebih cocok dan memenuhi syarat. Silahkan disimak cuplikannya dibawah ini.

BAB II 
DAMPAK PENCEMARAN AIR OLEH LIMBAH PEMUKIMAN PADA MASYARAKAT

2.1 Pengertian
Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaandisuatu tempat penampungan air seperti danau, sungai,lautan dan air tanah akibat aktifitas manusia atau masuknya zat atau bahan pencemar ke dalam air yang berdampak negatif terhadap manusia, hewan, tumbuhan atau organisme yang tinggal di lingkungan tersebut.

2.2 Polutan dari yang berasal dari limbah pemukiman
Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.

Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, tiksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek thermal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.

2.3 Dampak pencemaran air oleh limbah pemukiman pada masyarakat.
Dampak pencemaran air yang disebabkan oleh limbah pemukiman antara lain :
  • Berkurangnya jumlah oksigen yang digunakan oleh bakteri untuk melakukan proses pembusuk an sampah.
  • Sampah anorganik ke sungai, dapat berakibat menghalangi cahaya matahari sehingga menghambat proses fotosintesis dari tumbuhan air dan alga, yang menghasilkan oksigen.
  • Detergen sangat sukar diuraikan oleh bakteri sehingga akan tetap aktif untuk jangka waktu yang lama di dalam air, mencemari air dan meracuni berbagai organisme air.
  • Penggunaan detergen secara besar-besaran juga meningkatkan senyawa fosfat pada sungai atau danau yang merangsang pertumbuhan ganggang dan enceng gondok (eichornia crassipes).
  • Tumbuhan air yang mati membawa akibat proses pembusukan tumbuhan ini akan mengendapkan dan menyebabkan pendangkalan.
  • Material pembusukan tumbuhan air akan mengendapkan dan menyebabkan pendangkalan.
  • Pertumbuhan ganggang dan enceng gondok yang tidak terkendali menyebabkan permukaan air danau tertutup sehingga menghalangi masuknya cahaya matahari dan mengakibatkan terhambat nya photo sintesis.


BAB III
3.1 CARA-CARA MENCEGAH LIMBAH PEMUKIMAN (TINDAKAN PREFENTIF)
Untuk mencegah agar supaya limbah pemukiman tidak menyebabkan pencemaran lingkungan, maka dilakukan upaya-upaya pencegahan sebagai berikut :

3.1.1 Tidak membuang sampah kesungai
3.1.2 Tidak memakai deterjen secara berlebihan
3.1.3 Tidak melakukan pembuangan industri yang mengandung Pb,Hg, Zn karena dapat mencemari lingkungan / peraiaran.

3.2 CARA-CARA MENANGGULANGI LIMBAH PEMUKIMAN (TINDAKAN KURATIF)
Limbah dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Apabila hal ini sudah terlanjur ada didalam lingnkungan hidup kita, maka harus ada upaya penanggulangannya limbah pemukiman. Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi limbah pemukiman yaitu :

3.2.1 Mengelola sampah
3.2.2 Membuang sampah di tempatnya
3.2.3 Tidak membuang sampah ke sungai

B. Download Kir Dampak Pencemaran pada Masyarakat 

Akan lebih jelas lagi jika sobat membaca keseluruhan dari contoh ini sehingga nantinya dapat membandingkan dengan contoh-contoh yang sudah ada sebelumnya. Bisa dipelajari di rumah agar lebih leluasa ya.

Contoh ini diambil dari sumber lain yang kebetulan saya lupa untuk mencatatnya jadi terima kasih untuk sobat yang telah bersedia membagikan contoh ini sehingga dapat dijadikan referensi. Untuk salin contohnya silahkan melalui tautan berikut:

Salin Contoh Kir
http://adf.ly/LmsP8

Dampak Pencemaran Pada Masyarakat
[Download]

Nah, silahkan dipelajari langsung contoh lengkapnya melalui tautan yang sudah disediakan. Kalau ada yang mau belajar materi KIR lain juga masih banyak kok contohnya. Bisa dilihat langsung di kategori yang ada.

Atau jika bingung bisa cari dibagian bawah. Agar lebih variatif, silahkan dilihat juga contoh-contoh karya ilmiah remaja yang juga sudah dibahas pada blog ini sebagai berikut:

Kumpulan Contoh KIR Lengkap
http://adf.ly/Lkqvc

Contoh Karya Ilmiah Remaja Keren
http://adf.ly/Lkqvd

Kumpulan Contoh KIR Populer
http://adf.ly/LkqvY

)* copy paste link di atas untuk melihat contohnya
Saya rasa cukup uraian mengenai contoh kali ini, semoga dapat dijadikan sumber belajar dan bermanfaat. Jangan lupa untuk berlangganan karya tulis yang dibahas dengan menggunakan email sobat semua.