Contoh – Contoh Proposal Usaha Menarik

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh – Contoh Proposal Usaha Menarik. Proposal usaha adalah sebuah proposal yang diajukan sebagai bentuk penggalangan dana yang dibutuhkan untuk sebuah usaha yang akan didirikan. Dengan menyusun dan mengajukan proposal usaha ini diharapkan seseorang yang akan memulai sebuah usaha akan mendapatkan bantuan dana dari orang lain guna mendirikan dan mengembangkan usaha yang diinginkan. Bentuk pendanaan yang akan didapat dari proposal ini dapat berbentuk apa saja; sepeti investasi, pinjaman dan lainnya. Mengingat pentingnya tujuan sebuah proposal usaha ini maka saya melalui pembahasan pembuka ini akan mencoba untuk berbagi contoh-contoh proposal usaha yang dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun sebuah proposal usaha.

Lihat

Usaha dan Proposal Usaha 

Pada dasarnya kita dapat membuat sebuah proposal untuk setiap usaha baru yang menarik dan yang menjanjikan; semakin menarik dan menjanjikan sebuah usaha yang akan kita bangun maka akan semakin berpeluang proposal kita untuk disetujui. Lalu, mengapa kita harus membuat sebuah proposal usaha, kenapa kita musti susah-susah dan melibatkan orang lain dalam usaha yang akan kita bangun? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak beberapa alasan dan keuntungan mengajukan sebuah proposal usaha di bawah ini.

Alasan dan Keuntungan Menyusun Proposal Usaha
Beberapa alasan yang mendasari penyusunan proposal usaha antara lain sebagai berikut:

1. Mendapatkan modal untuk membangun sebuah usaha baru
Dengan mengajukan sebuah proposal usaha ini akan memungkinkan kita untuk mendapatkan modal untuk memulai sebuah usaha. Untuk kasus yang karena kita baru akan memulai sebuah usaha biasanya akan lebih sulit untuk mencari penyandang dana yang mau mendanai usaha yang akan kita dirikan. Hal ini dikarenakan usaha tersebut belum terbukti menghasilkan atau sukses. Meski demikian, kita tidak perlu khawatir karena setiap usaha juga akan diperhitungkan dari berbagai macam faktor dan peluang yang dimiliki oleh usaha tersebut.

2. Mandapatkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha
Kita juga dapat mengajukan sebuah proposal suaha untuk mengembangkan usaha yang telah dijalankan sebelumnya; tujuannya untuk lebih meningkatkan usaha yang sedang dijalankan. Dalam mengajukan proposal untuk tujuan ini yang perlu diperhatikan adalah keadaan usaha saat ini, baik itu keadaan financial atau kesehatan keuangan ataupun peluang kedepannya.

Dari beberapa catatan di atas tentunya dengan mudah kita dapat mengidentifikasi keuntungan-keuntungan apa saja yang didapat dengan menyusun dan mengajukan sebuah proposal usaha. Dari dua tujuan yang saya uraikan di atas keuntungan yang didapat dari proposal usaha adalah bertambahnya modal baik itu untuk mendirikan sebuah usaha maupun untuk mengembangkan sebuah usaha.

Kumpulan Contoh Proposal Usaha 

Berbekal sedikit penjelasan yang saya berikan sebelumnya akan lebih baik jika sobat pengunjung melihat langsung sebuah kumpulan contoh untuk proposal usaha yang saya siapkan. Silahkan dilihat dan dipelajari langsung contoh proposal untuk usaha berikut ini:
  1. Proposal Usaha Warnet 
  2. Proposal Usaha Makanan 
  3. Proposal Usaha Perikanan 
  4. Proposal Usaha Cuci Mobil 
Jika ada contoh lain yang saya miliki saya akan segera membaginya melalui uraian ini jadi pastikan sobat selalu berkunjung agar tidak ketinggalan update terbaru contoh karya tulis yang dibahas. Sekian semoga bermanfaat