Contoh Karya Tulis Ilmiah Kebidanan Terbaru

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Karya Tulis Ilmiah Kebidanan - Salah satu referensi yang juga sering dibutuhkan oleh seorang mahasiswa adalah contoh karya tulis ilmiah, untuk itu kali ini contoh KTI Kebidanan terbaru akan saya bahas guna kepentingan referensi dalam penyusunan karya tulis ilmiah kebidanan. Sobat mahasiswa yang membutuhkan contoh ini dapat menyimak lengkap info berikut.

Cuplikan Contoh Karya Tulis Ilmiah Kebidanan

Terlepas dari kebutuhan referensi yang mendesak melalui update contoh karya tulis kali ini saya hanya dapat menyajikan langsung cuplikan dari karya tulis ilmiah kebidanan yang dibahas dan tidak mencantumkan langsung kti tersebut secara lengkap disini. Berikut silahkan dipelajari cuplikan contoh yang saya ambil dari bab i pendahuluan.

Judul: Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Prilaku Sadari Pada Remaja Putri Kelas xii di SMA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Salah satu pembunuh terbesar perempuan di dunia adalah kanker payudara. Sekitar 8 – 9% wanita di seluruh dunia memiliki resiko kanker payudara. Bahkan data statistik menyebutkan, setiap tahunnya satu juga wanita terdeteksi sebagai pasien baru penyakit ini dan sekitar 372 pasien meninggal dunia. Di dunia kanker payudara merupakan penyebab kematian kedua terbanyak setelah kanker paru. Organisasi kesehatan dunia (WHO) memperkirakan setiap tahun jumlah kasus-kasus baru kanker di dunia sekitar 1.150 ribu orang, sebanyak 10 persen karena kanker payudara.

Di kebanyakan negara maju insiden kanker payudara jauh lebih tinggi yaitu 100 kasus baru per 100.000 penduduk. Di Amerika Serikat jumlah penderita yang terdiaknosis kanker payudara tahun lalu diperkirakan mencapai 250.000, sebanyak 40.000 diantaranya meninggal dunia. Sedangkan di Asia penderita kanker payudara masih rendah, 20 kasus baru diantara 100.000 penduduk.

Di Indonesia jumlah penderita kanker payudara menduduki peringkat kedua setelah kanker mulut rahim. Kanker payudara merupakan kanker tersering dijumpai di rumah sakit kanker Dharmais, 40 persen pasien yang berobat ke RS Dharmais karena ada kekambuhan, adapun yang didiaknosis kanker payudara baru umumnya pada stadium lanjut, hanya 13,4 persen yang terdiaknosa pada stadium I atau II. Karena angka kejadian meningkat di usaia 30 tahun dan yang paling tinggi kelompok usia 45 – 66 tahun (dr Samuel) Haryono SpB (K) Onk, (RSKD).

Di propinsi Lampung laporan pertahun rumah sakit (RS) seluruh propinsi Lampung data penderita kanker payudara dari tahun 2005 – 2006 terdapat 3672 orang penderita kanker payudara (Dinas Kesehatan Propinsi Lampung, 2007).

Kanker payudara pantas dikatakan sebagai penyakit yang menakutkan bagi perempuan. Tingginya jumlah kasus kanker payudara diduga karena perempuan kurang waspada terhadap perubahan payudaranya sehingga menyebabkan kanker payudara terdeteksi pada stadium lanjut. Padahal, deteksi dini dan peningkatan kewaspadaan disertai pengobatan yang sesuai dipercaya dapat menurunkan jumlah kematian karena kanker payudara.

Berdasarkan data pra survey berupa wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan 20 siswa perempuan di SMAN 1 Kalirejo tentang masalah SADARI terdapat 16 orang siswa perempuan yang belum mengetahuinya.

Persoalannya adalah bagaimana memasyarakatkan SADARI sejak mulai masa remaja untuk mendeteksi segala kelainan atau keganasan pada kanker payudara. Oleh sebab itu penulis berminat untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara pengetahuan dengan prilaku SADARI pada remaja putri SMAN 1 Kalirejo kelas XII yang mempunyai jumlah siswa perempuan 157 orang dan siswa laki-laki 86 orang (Data SMAN 1 Kalirejo 2009).

B. Rumusan Masalah
Dari permasalahan di atas, maka penulis mengemukakan masalah yaitu belum diketahuinya hubungan antara pengetahuan dengan prilaku SADARI pada remaja putri kelas XII di SMA.

C. Tujuan Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mempunyai beberapa tujuan yaitu:

1. Tujuan Umum
Mengetahui hubungan antara pengetahuan dan prilaku SADARI pada remaja putri kelas XII di SMA.

2. Tujuan Khusus
a. Diketahuinya gambaran pengetahuan remaja putri kelas XII tentang SADARI di SMA.
b. Diketahuinya gambaran prilaku remaja putri kelas XII tentang SADARI di SMA.
c. Diketahuinya hubungan antara pengetahuan dan prilaku SADARI pada remaja putri kelas XII di SMA.

D. Pertanyaan Penelitian
1. Bagaimanakah pengetahuan remaja putri kelas XII SMA tentang prilaku SADARI.
2. Bagaimanakah prilaku remaja putri kelas XII SMA tentang prilaku SADARI.
3. Apakah ada hubungan antara pengetahuan dan prilaku SADARI pada remaja putri kelas XI di SMA.

E. Ruang Lingkup Penelitian
Dalam penelitian ini peneliti akan membatasi ruang lingkup yang diteliti, yaitu:
1. Jenis penelitian : Deskriptif korelasi
2. Subjek penelitian : Siswi (remaja) kelas XII SMAN
3. Objek penelitian : Prilaku SADARI
4. Lokasi penelitian : SMA
5. Waktu penelitian : 6 – 7 Juli 2015

F. Manfaat Penelitian
1. Bagi Tempat Penelitian
Diharapkan bermanfaat bagi sumber pemikiran dan bahan masukan untuk meningkatkan prilaku SADARI.

2. Bagi Institusi Pendidikan
Untuk menambah kepustakaan dan menjadi bahan referensi untuk penelitian lebih lanjut.

3. Bagi Siswa SMA
Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan dan tambahan pengetahuan bagi siswi kelas XII di SMA, dapat melakukan SADARI untuk mendeteksi dini segala kelainan yang ada pada payudara.

4. Bagi Tenaga dan Instansi Kesehatan
Diharapkan dengan adanya penelitian ini tenaga kesehatan dapat lebih memaksimalkan upaya pemberian pendidikan kesehatan berupa penyuluhan khususnya bagi remaja putri dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan mengenai SADARI, salah satu caranya adalah memberikan leaflet dan memasang poster mengenai SADARI sehingga remaja putri dapat tahu dan mengerti serta memahami pentingnya melakukan SADARI sejak dini dengan harapan dapat mendeteksi adanya kelainan pada payudara.

5. Bagi Penulis
Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman serta wawasan dalam menerapkan ilmu kebidanan yang didapat selama pendidikan.

Salin Lengkap Karya Tulis Ilmiah Terbaru

Referensi lengkap untuk karya tulis ilmiah terbaru ini akan saya bagikan secara gratis untuk sobat semua yang membutuhkan melalui tautan yang akan saya sediakan berikut ini. Jadi, untuk yang membutuhkan contoh lengkapnya dapat langsung salin contoh tersebut dan mempelajarinya di rumah.

Karena keterbatasan waktu mungkin ada beberapa contoh yang belum sempat saya upload untuk disalin namun saya akan berupaya secepat mungkin mengupload semua contoh yang dibutuhkan agar segera dapat disalin dan dipelajari tidak terkecuali untuk contoh kti ini.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Kebidanan Terbaru
Contoh Karya Tulis Ilmiah Kebidanan Terbaru


Untuk memastikan sobat tidak ketinggalan referensi terbaru yang saya bagikan jangan lupa untuk mencatat alamat blog ini agar lebih mudah dalam mengunjunginya kembali. Sampai disini Contoh Karya Tulis Ilmiah Kebidanan, semoga bermanfaat. Penelusuran yang terkait dengan contoh kti kebidanan
contoh proposal kti kebidanan
contoh kti kebidanan 2012
kumpulan judul kti kebidanan
kti inisiasi menyusui dini
contoh kti kebidanan download
kti bidan
contoh kti kebidanan lengkap
contoh kti kebidanan pdf