Koleksi Contoh Laporan PTK Terbanyak

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Satu pembahasan lagi yang akan saya buka yaitu mengenai contoh laporan penelitian tindakan kelas (ptk) melalui tulisan kali ini. Tulisan ini akan menjadi jalan bagi berbagai contoh lengkap laporan ptk yang dapat digunakan sebagai referensi oleh rekan mahasiswa, guru dan juga calon guru atau masyarakat umum yang melakukan penelitian tindakan kelas.

Apa Itu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Sebelum lebih jauh berbicara mengenai contoh saya akan sedikit menglas tentang pengertian penelitian tindakan kelas sehingga kita tidak lagi bertanya-tanya apa itu pkt.

Penelitian tindakan mulai berkembang di Amerika dan berbagai negara di Eropa, khususnya dikembangkan oleh mereka yang bergerak di bidang ilmu sosial dan humaniora (Basrowi & Suwandi, hal. 24-25). Orang-orang yang bergerak di bidang itu dituntut untuk terjun mempraktikkan suatu tindakan atau perlakuan di lapangan. Menurut Kemmis (1988), penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik sosial mereka (Sanjaya, hal. 24). Dalam hal ini, penelitian tindakan memiliki kawasan yang lebih luas daripada PTK. Penelitian tindakan diterapkan di berbagai bidang ilmu di luar pendidikan, misalnya dalam kegiatan praktik bidang kedokteran, manajemen, dan industri (Basrowi & Suwandi, hal. 25). Bila penelitian tindakan yang berkaitan pada bidang pendidikan dilaksanakan dalam kawasan sebuah kelas, maka penelitian tindakan tindakan ini disebut PTK. (Sumber: Wikipedia)

Tujuan PTK adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah (Muslich, hal. 10). Menurut Suyanto (1997), tujuan PTK adalah meningkatkan dan/atau memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah, meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan (Basrowi & Suwandi, hal. 54).

Cuplikan Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Pengunjung yang belum pernah menyusun laporan penelitian ptk ini mungkin belum memiliki gambaran mengenai isi dari laporan ptk ini, untuk itu saya akan memberikan sedikit cuplikan contoh laporan penelitian tindakan kelas untuk dipelajari. Berikut cuplikan contoh laporan ptk yang saya maksud.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Hasil pembelajaran mata pelajaran BAHASA INDONEISA di Kelas IV SDN Sodong 2 masih kurang memuaskan. Salah satu penyebab kurang menariknya pelajaran tersebut, karena belum dikembangkan metode-metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa secara optimal. 

Peranan guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa tidaklah mudah. Guru harus memiliki berbagai kemampuan yang dapat menunjang tugasnya agar tujuan pendidikan dapat dicapai. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam meningkatkan kompetensi profesinya ialah kemampuan memilih metode mengajar.

Dalam memilih metode mengajar seorang guru harus dapat menyesuaikan antara metode yang dipilihnya dengan kondisi siswa, materi pelajaran, dan sarana yang ada. Oleh karena itu, guru harus menguasai beberapa jenis metode megajar agar proses belajar mengajar berjalan lancar dan tujuan yang ingin dicapai dapat terwujud.

Untuk meningkatkan kemampuan siswa dan meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam megikuti pelajaran, ada beberapa metode mengajar yang tepat digunakan. Surakhmad (1984:15) mengatakan, “Ada beberapa jenis metode mengajar yang tepat digunakan oleh guru dalam menyapaikan materi. Metode ini adalah metode ceramah, metode latihan, Metode kerja kelompok, metode diskusi, metode demontrasi, metode pembagian tugas, metode karya wisata”. Tiap-tiap metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jadi, guru harus pandai memilih metode mengajar yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran.

Metode kerja kelompok adalah format pembelajaran yang menitikberatkan kepada interaksi antara anggota yang satu dengan anggota yang lain dalam suatu kelompok guna menyelesaikan tugas-tugas belajar secara bersama-sama. Metode ini dapat digunakan jika guru mempunyai keyakinan bahwa untuk memahami topik yang dibicarakan perlu dilakukan pembelajaran dengan metode kerja kelompok.

Dalam pembelajaran BAHASA INDONEISA menjadi metode yang diharapkan banyak dilakukan siswa. Oleh karena itu, Departemen Pendidikan Nasional melalui telah mencoba mengembangkan metode tersebut dalam strategi pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Efektif dan Menyenangkan. 

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengenai PERANAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONEISA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONEISA PADA SISWA KELAS IV SD SODONG 2.

B. Perumusan Masalah
Berdasarkan judul penelitian: “KONTRIBUSI PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGUASAAN MATERI PELAJARAN BAHASA INDONEISA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Sodong 2, Sodong Kec. Saketi Kab. Pandeglang)” dan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, perumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut:
“Bagaimana kontribusi penerapan metode kerja kelompok dalam pembelajaran BAHASA INDONEISA terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam penguasaan materi pelajaran BAHASA INDONEISA pada siswa kelas IV SDN Sodong 2 Kecamatan Saketi Kab. Pandeglang?”

C. Pembatasan Masalah
Agar permasalahan yang diteliti lebih tidak terlalu luas, maka perlu ditetapkan adanya pembatasan masalah. Dasar adanya pembatasan masalah ini disesuaikan dengan kemampuan penulis, baik dari segi waktu, tenaga, bahkan biaya. 

Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Penelitian ini hanya meneliti kontribusi penggunaan kerja kelompok dalam pembelajaran BAHASA INDONEISA terhadap peningkatan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran BAHASA INDONEISA.
  2. Penelitian ini hanya dilakukan di Siswa Kelas IV SDN Sodong 2 Kecamatan Saketi Kab. Pandeglang
Cuplikan di atas diambil dari salah satu contoh laporan ptk yang dapat dipelajari oleh sobat pengunjung semua. Jika sobat pengunjung membutuhkan contoh dari cuplikan tersebut secara lengkap dapat menyalinnya melalui pembahasan yang disediakan setelah ini.

Koleksi Laporan PTK Terbanyak

Karena akan terlalu panjang jika saya berbagi langsung dengan laporan ptk yang dibutuhkan maka saya membuat sebuah koleksi laporan ptk terbanyak yang dapat digunakan sebagai bahan referensi. Bagi yang membutuhkan silahkan langsung cek pada pembahasan-pembahasan yang ada berikut:
  1. Peranan Metode Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indoneisa Pada Siswa Kelas IV SD Sodong 2
  2. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Teknik Skrambel Pada Siswa Kelas IV D SD ABCDEFGHI Tahun Pelajaran ABCDEFGHI
  3. Teaching Listening Comprehension To The Fourth Graders Of Elementary School Students By Using The Total Physical Response Method, A Case Of The Fourth Graders Of SDN ABCDEFGHI In The Academic Year Of ABCDEFGHI
  4. Penggunaan Alat Peraga Pada Pengajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Kelas Iii SD (PgSD)
  5. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mengembangkan Kecakapan Matematika Siswa SD kelas V Sebagai Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
  6. Keefektifan Metode PQRST Dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 ABCDEFG Tahun Ajaran ABCDEFG
Sementara ini saya hanya mampu membagikan beberapa contoh dari Koleksi Contoh Laporan PTK Terbanyak yang dibutuhkan. Update untuk contoh-contoh lain akan secara rutin dilakukan sampai pada batas tertentu jadi jangan sampai sobat pengunjung melewatkannya. Sampai disini dahulu, semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.