Makalah tentang Koperasi dan Peranannya dalam Masyarakat

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Koperasi dan Peranannya - Hari ini kita akan belajar menyusun sebuah contoh makalah terbaru tentang koperasi untuk melengkapi contoh sebelumnya yaitu mengenai "Koperasi dan Peranannya dalam Masyarakat Indonesia". Tujuan dibahasnya contoh ini selain untuk memberikan informasi lebih dalam mengenai pentingnya koperasi dalam masyarakat juga untuk menambah referensi belajar dalam penyusunan makalah.

Contoh ini bisa dijadikan sebagai bahan belajar untuk rekan semua baik rekan mahasiswa di kampus ataupun rekan pelajar yang mendapatkan tugas dari guru di sekolah. Silahkan dilihat dan dipelajari langsung contoh karya tulis ini selengkapnya di bawah ini.

Dilihat dari judulnya, Makalah Koperasi dan Peranannya ini tentu secara khusus akan membahas mengenai lembaga koperasi dan peran yang dimiliki dalam masyarakat luas. Disini tentu kita akan mengetahui apakah yang dimaksud dengan koperasi dan apa saja peran yang ada pada lembaga koperasi Indonesia tersebut. Selengkapnya silahkan lihat berikut!

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Dalam berjalannya kegiatan ekonomi di kehidupan sehari-hari ada beberapa faktor penggerak kegiatan ekonomi yang dapat mempengaruhi jalannya kegiatan ekonomi,sebagai berikut :
1. Kebutuhan ekonomi, sifatnya tidak terbatas.
2. Kelangkaan (Scarcity), ketersediaannya terbatas.
3. Pilihan ( Alternatif)/Opportunity cost, penggunaan sumberdaya untuk tujuan tertentu.
4. Konsep ekonomi, dibedakan antara kebutuhan (need) dan keinginan (want).

Dalam menjalani kehidupannya, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan diperlukan pengorbanan untuk mendapatkannya.

Seiring dengan peradaban manusia yang terus berkembang, maka perekonomian pun terus berkembang karena manusia adalah faktor utama dari berkembangnya perekonomian tersebut. Mengapa? Karena manusia adalah pelaku utama dari perekonomian itu.

Keberadaan koperasi harus mampu memperkuat nilai-nilai jati diri koperasi dalam kehidupan masyarakat, termasuk di dalamnya meningkatkan daya dukung koperasi yang berkemampuan dalam menyediakan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha. Koperasi sebagai Soko Guru dan merupakan ujung tombak perekonomian rakyat diharapkan mampu memiliki daya saing yang sehat.

Kehadiran lembaga keuangan mikro selama ini sangat membatu terutama bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan rumah tangga terutama di pedesaan. Berbagai kemudahan persyaratan dan pelayanan ditawarkan menjadikan lembaga kuangan mikro menjadi alternatif menarik bagi mereka yang membutuhkan akses dana. Lembaga keuangan mikro tersebut antara lain: ada koperasi, BMT, Lembaga Perkreditan Desa (LPD), BUKP, dan Credit Union (CU). (http://jeffy-louis.blogspot.com/2011/01/makalah-koprasi-indonesia.html)

Globalisasi, persaingan bebas dan sistim perekonomian yang kapitalistis ditengerai menjadi ”biang kerok” hancurnya sendi-sendi ekonomi dan kedaulatan negara dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat. Negara semakin tidak mampu lagi menentukan nasib negaranya termasuk membuat kebijakan yang sesuai dengan kepentingan rakyatnya. Negara terlalu sering ”tidak hadir” di tengah penderitaan rakyatnya sendiri. Kapitalisme global begitu menjerat, menyandera, dan ”merebut” kedaulatan sosial ekonomi di Indonesia.

Pembangunan ”menggusur orang miskin” dan menjadikan mereka semakin termarginalisasi ”bukan menggusur kemiskinan”. Maka rakyat dengan segala kekuatan transformatif yang dimilikinya mau tidak mau harus siap menyelamatkan dirinya sendiri untuk terhindar dari kondisi yang lebih buruk. Rakyat memiliki potensi kekuatan transformatif luar biasa seperti koperasi credit union dan UMKM sebagai penggerak ekonomi rakyat. Apabila kekuatan-kekuatan transformatif dikelola dengan baik maka rakyat mampu membentuk konstruksi masyarakat yang dicita-citakan. Masyarakat yang berdaulat secara sosial ekonomi, sejahtera dan lebih bermartabat.

2. Masalah
Berdasarkan pemaparan dari latar belakang di atas, maka dibuatlah rumusan masalahnya sebagai berikut:
a. Apakah hakikat koperasi ?
b. Bagaimana peran koperasi dalam melindungi rakyat kecil ?
c. Mengapa koperasi lebih sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia?

3. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukakan di atas, maka secara umum makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai Koperasi Sekolah Adalah Sebagai Pilar Perekonomian Yang Sesuai Dengan Kepribadian Bangsa. Secara spesifik tujuan yang ingin dicapai adalah :
a. Untuk mendeskripsikan hakikat dari koperasi.
b. Untuk memaparkan peran koperasi dalam melindungi rakyat kecil.
c. Untuk mengetahui mengapa koperasi lebih sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia?


Yang ditampilkan di atas hanya sebagian dari Makalah Koperasi dan Peranannya untuk contoh lengkapnya dari halaman judul sampai ke daftar pustaka bisa dilihat langsung setelah rekan semua mendownload contoh makalah ekonomi tersebut.

Makalah tentang Koperasi dan Peranannya dalam Masyarakat
[Download]

Jangan lupa, selain yang ini masih ada beberapa contoh lain yang bisa juga dijadikan tambahan referensi. Silahkan cek dibagian bawah makalah ini. Jika berkenan, mohon bagikan juga contoh ini dimedia sosial yang rekan miliki seperti facebook dan atau media lainnya. Itu saja, terima kasih banyak atas kesetiaannya, silahkan dilanjutkan!