Cara Menyusun Makalah Hubungan Internasional

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan perlindungan-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah "Hubungan Internasional". Makalah ini kami buat untuk memberi tuntutan dan arahan untuk membuat karya tulis dengan baik. Teks dalam makalah ini dijadikan sarana pembelajaran adalah teks yang otentik yaitu bahan-bahan yang bersumber dari buku, dan internet. 

Secara khusus ucapan terima kasih kepada guru bidang study kewarganegaraan selaku guru pembimbing dalam menyusun makalah ini, dan sebagai guru pemberi tugas akhir semester yang mau mengkritik, mencermati dan menelah isi makalah ini sehingga tersusun dengan baik.

Selain itu kami sampaikan ucapan terima kasih kepada teman-teman seperjuangan dan kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang dengan caranya tersendiri membantu dalam menyusun makalah ini. Kami menyadari bahwa makalah ini tidak luput dari kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat kami harapkan demi penyempurnaan makalah ini.

Karya tulis yang akan kita bahas kali ini adalah untuk jurusan ilmu pengetahuan sosial yaitu biasanya untuk pelajar sekolah menengah atas. Jika anda sedang mendapatkan tugas untuk membuat makalah dengan tema ini maka anda bisa belajar bagaimana membuatnya dari pembahasan berikut.

Tips Menyusun Makalah Hubungan Internasional

Anda semua yang sedang berupaya untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah mengenai tema ini tentu harus tahu langkah-langkah dalam menyusunnya. Selain mencari tahu dari contoh anda bisa belajar bagaimana menyusun makalah ini dengan baik yaitu melalui berbagai tips atau kiat dalam membuat makalah.

Sudah banyak disinggung dalam pembahasan sebelumnya bahwa langkah atau cara termudah dalam membuat sebuah makalah adalah dengan menggunakan acuan dari draft atau kerangka makalah. Dengan menggunakan kerangka tersebut apa yang akan kita lakukan lebih terarah, sistematis dan efektif.

Dengan bahasa yang sederhana, jika anda ingin menyusun tugas ini dengan baik dan cepat anda bisa mengikuti langkah-langkah penyusunan makalah berikut ini.
1. Memilih tema pembahasan (judul)
2. Membuat kerangka makalah
3. Mengumpulkan materi
4. Mendalami, mengkaji materi
5. Menyusun halaman awal
6. Membuat pendahuluan
7. Menjabarkan pembahasan dan hasil analisa materi
8. Merumuskan kesimpulan dan saran
9. Melakukan penulisan makalah

Langkah-langkahnya terlihat lebih panjang namun dengan mengikuti langkah di atas anda akan lebih cepat dan lebih mudah dalam menyusun Makalah Hubungan Internasional tersebut.

Pertama, setelah diberikan tema oleh guru anda bisa merumuskan judul masalah yang akan dibahas. Setelah itu anda bisa langsung membuat kerangka makalah atau daftar isi dari tema yang telah ditetapkan tersebut. Untuk kerangka atau draft makalah, anda bisa menyusunnya seperti daftar isi berikut.

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
MOTTO

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Metode Penulisan

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Hubungan Internasional
B. Wujud, Sifat dan Pola Hubungan Internasional
C. Arti Penting &Sarana-sarana Hubungan Internasional bagi Suatu Negara
D. Fungsi Perwakilan Diplomatik
E. Perjanjian Internasional

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA 

Inti dari pembeda dalam kerangka atau daftar isi di atas adalah pada bab pembahasan dimana anda akan menentukan berbagai materi yang akan dibahas. Setelah selesai dengan kerangka makalah di atas anda bisa langsung mengumpulkan materi dan berbagai bahan referensi yang diperlukan dan kemudian menganalisa atau mendalami berbagai informasi tersebut.

Untuk materi yang telah anda dalami tersebut, anda bisa mencatat point-point penting dan juga menjabarkannya sesuai dengan bahasa anda sendiri. Jangan lupa juga untuk mencatat beberapa pernyataan yang bisa dijadikan penguat argumen anda sebagai bahan referensi atau kutipan.

Setelah selesai dengan memproses berbagai materi yang ada langkah selanjutnya adalah mulai menulis makalah dari bagian awal sampai akhir.

Contoh Makalah Hubungan Tentang Internasional

Pada beberapa bagian mungkin uraian di atas tidak cukup memberikan gambaran mengenai bagaimana susunan makalah ini, untuk itu anda bisa mempelajari contoh makalah lengkapnya yang akan di sertakan pada bagian akhir tulisan ini.

Sekedar mengingatkan, dalam mempelajari contoh yang anda dapat baik itu dari sumber tertulis atau sumber online seperti pada website ini hendaknya anda menghindari beberapa hal berikut:

1. Jangan menggunakan contoh tersebut sebagai karya anda
2. Hindari mencontek dan atau menggunakan berbagai kalimat dalam contoh tanpa mencantumkan sumber

Intinya adalah anda harus menghindari plagiat, jadi anda hanya menggunakan contoh yang ada untuk bahan belajar dan juga referensi. Jika anda ingin mencantumkan sebagian isi dari contoh tersebut maka gunakanlah cara pengutipan sumber secara ilmiah.

Terakhir, sebelum melihat contoh silahkan pelajari sedikit paragraf yang diambil dari contoh tersebut. Berikut ini adalah contoh kesimpulan untuk makalah ini.

Contoh Makalah Hubungan Internasional Lengkap

Dari hasil penyusunan makalah ini, dapat disimpulkan bahwa hubungan dan kerja sama internasional penting untuk menumbuhkan rasa persahabatan dan saling pengertian di dunia, memelihara dan menciptakan hidup berdampingan secara damai dan adil dengan bangsa lain, mencegah dan menyelesaikan konflik, perselisihan, permusuhan, atau sengketa yang mengancam perdamaian dunia, mengembangkan cara-cara penyelesaian masalah secara damai melalui perundingan dan diplomasi, membangun partisipasi dalam rangka ikut melaksanakan ketertiban dunia, serta menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara di tengah bangsa- bangsa lain.