Contoh Halaman Cover Karya Tulis

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Berikut akan dibahas mengenai Kumpulan Contoh Halaman Cover Karya Tulis Lengkap. Bagian yang paling depan, yaitu cover atau halaman sampul tersebut biasanya juga masih ada yang belum tahu bentuknya bagaimana. Belum tahu bentuknya dan juga belum tahu bagaimana membuatnya, kan repot nanti.

Untuk itu tidak salah jika kita belajar mengenai halaman depan tersebut baik untuk cara membuatnya dan juga berbagai contoh sebagai gambaran. Untuk masing-masing karya tulis tentu saja berbeda, jadi harus dipelajari terlebih dahulu. 

Halaman yang berada pada bagian paling depan ini sebenarnya hanya terdiri dari beberapa kalimat atau kata, namun tetap saja jika belum pernah melihat contohnya pasti masih bingung dalam membuatnya.

Oleh sebab itu untuk melengkapi bidang pemahaman kita mengenai karya tulis kali ini kita akan belajar membuat berbagai bentuk cover (halaman sampul) dari sebuah karya tulis.

Kalau anda sering browsing mencari informasi di internet pastinya anda sudah sering juga mencari berbagai contoh karya tulis baik yang lengkap maupun yang hanya sebagian saja.

Disini, anda juga bisa belajar membuat halaman sampul (cover) yang dibutuhkan dengan melihat contoh dan mengikuti beberapa penjelasan yang berkaitan dengan penyusunan atau penulisan cover karya tulis tersebut.

A. Cara Membuat Cover yang Mudah

Berbicara mengenai bagian karya tulis ini sekarang ada satu pertanyaan penting yang harus kita jawab bersama-sama yaitu "bagaimanakah cara membuat cover karya tulis?". Tenang, anda tidak perlu panik atau pusing, untuk membuat halaman ini caranya sangat mudah.

Untuk contoh, anggap saja anda adalah mahasiswa yang ingin membuat cover untuk makalah dari mata kuliah tertentu. Langkah yang paling mudah untuk melakukannya adalah dengan melihat dari buku panduan penulisan karya tulis (makalah) yang ada.

Kenapa harus melihat panduan? Ya, untuk masalah penyusunan karya tulis tentu saja ada panduan tata penulisan baku yang dimiliki masing-masing instansi, jadi anda tinggal mencari, mempelajari dan meniru contoh yang diberikan.

Jika anda tidak mendapatkan panduan yang dibutuhkan maka anda bisa mencari referensi lain yang berisi tentang bagaimana menulis karya tulis khususnya makalah dan menggunakannya sebagai bahan acuan.

Tanpa semua itu sebenarnya anda bisa membuat sendiri cover ini, tentunya dengan tetap memperhatikan unsur-unsur penulisan yang baku. Apakah anda ingin membuatnya sendiri?

Jika benar, dalam membuat cover anda perlu memperhatikan beberapa hal yaitu yang meliputi masalah penulisan dan informasi yang ada dalam sebuah halaman cover. Untuk penulisan, pastikan anda menggunakan panduan atau kaidah penulisan baku dan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Kata dan kalimat yang ditulis di halaman cover juga harus mengikuti kaidah penulisan baku, misalnya penulisan judul, pembuatan nomor dan sebagainya.
  • Penggunaan huruf besar dan huruf kecil juga harus sesuai dengan tata bahasa baku
  • Kata, frasa dan kalimat yang digunakan juga harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku

Inti dari pedoman penulisan cover adalah tetap mengacu pada tata penulisan yang baku, jadi anda tetap harus memperhatikan hal tersebut. Selain masalah penulisan anda juga harus memperhatikan informasi apa saja yang ada pada halaman tersebut. Beberapa informasi yang ada pada cover karya tulis yaitu:

a. Judul karya tulis
b. Nama penulis dan nomor identitas
c. Nama lembaga tempat penulis berada
d. Tahun penulisan

Beberapa informasi tersebut tersusun rapi dalam halaman pertama itu dengan tambahan logo pada bagian tengahnya. Jadi, dari halaman judul tersebut pembaca akan tahu apa yang ada di dalam karya tulis tersebut, siapa penyusun-nya dan kapan karya tersebut di buat.

B. Contoh Halaman Cover Karya Tulis Lengkap

Aturan penulisan di atas akan lebih jelas jika anda memiliki panduan baku dari instansi dimana anda berada. Nah, untuk sekedar tambahan dan referensi saja, berikut silahkan pelajari beberapa contoh halaman cover yang sudah di siapkan. Contoh ini akan terdiri dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

1. Contoh Halaman Cover Laporan
2. Contoh Halaman Cover Makalah
3. Contoh Halaman Cover Karya Ilmiah Remaja
4. Contoh Halaman Cover Skripsi
5. Contoh Halaman Cover Proposal

Diberikan secara terpisah karena meski masih sama-sama tergolong sebagai karya tulis namun berbagai karya di atas tentunya sedikit berbeda satu dengan lainnya. Agar lebih jelas silahkan pelajari contoh tersebut di bagian gambar cover bawah ini.

Contoh Halaman Cover Karya Tulis
Contoh Halaman Cover Skripsi

Secara umum penulisan dan penyusunan cover atau halaman sampul seperti pada dua contoh yang diberikan di atas. Untuk lebih mantap dan pasti, sebelum membuat cover pastikan anda melihat buku panduan penulisan yang ada. Pada panduan biasanya akan dijabarkan secara rinci baik dari bentuk maupun tata penulisan, jadi anda tidak perlu khawatir.

Contoh Halaman Cover Karya Tulis
Contoh Halaman Cover Makalah

Dengan memperhatikan beberapa Contoh Halaman Cover Karya Tulis tersebut diharapkan anda semua yang tadinya bingung dan tidak tahu bagaimana bentuk cover maka sekarang bisa tahu. Semoga dengan ini anda bisa dengan mudah menyusun sendiri halaman tersebut.

Untuk contoh lain silahkan lihat di bagian bawah, anda bisa melihat juga contoh daftar isi, halaman judul, pengesahan dan lain sebagainya hanya di website ini. Itu saja, semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi esok hari, trims.