Perang Melawan Penjajahan Kolonial Belanda

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Perang Melawan Penjajahan Kolonial Belanda - kita ambil satu tema baru untuk belajar membuat karya tulis khususnya makalah. Yang kita pilih pelajaran sejarah SMA. Materinya sudah dipelajari sebelumnya.

Kita akan menggali informasi lebih jauh mengenai masa penjajahan Belanda di Indonesia. Tepatnya pada masa kolonialisme. Masih ingat bagaimana sejarah kolonialisme yang pernah dialami oleh bangsa ini?

Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berisikan sejarah tentang “perang melawan kolonialisme Belanda” tepat pada waktunya.

Makalah ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi para pembaca dan dapat digunakan sebagai salah satu pedoman dalam proses pembelajaran.Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangannya karena pengetahuan yang kami miliki cukup terbatas. 

Oleh karena itu, kami berharap kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih. 

Di atas adalah sedikit kata pengantar untuk pembuka dalam pembahasan makalah kita kali ini. Lalu, selanjutnya apa? Kita akan mengupas lebih jauh isi dari tugas makalah sejarah ini. Tentu, untuk membuat makalah ini kita perlu tahu isinya apa saja bukan?

A. Penjelasan Isi Materi Makalah

Karena kita belajar dalam menyusun atau membuat makalah maka fokus kita kepada cara menyusun atau membuat makalah ini. Bukan pada isi materi yang dibahas. Lalu, seperti apakah susunan yang harus dibuat? Apa saja yang dibahas?

Inti yang dibahas dalam makalah ini adalah perlawanan penjajahan kolonial Belanda. Maka dari itu kita akan menguraikan berbagai bentuk perlawanan yang dilakukan oleh masyarakat pada saat itu.

Lalu apa saja sih contohnya? Beberapa materi yang bisa disajikan antara lain yaitu mengenai perang Tondano, perang padri, dan ada juga perang diponegoro. Lalu apa lagi, apakah hanya itu?

Tidak, masih ada beberapa materi lain yang penting dan berkaitan untuk dibahas dalam makalah ini. Secara lebih rinci pembahasan atau isi makalah ini bisa meliputi berbagai perang seperti yang ditulis di bawah ini.

1. Perang Tondano 
2. Pattimura Angkat Senjata  
3. Perang Padri
4. Perang Padri  
5. Perang Diponegoro 

Itu tadi isi materi yang bisa dibahas dalam makalah ini. Tentu saja tidak harus sama semua. Mungkin ada yang kelewat, mungkin juga ada yang lebih. Rekan dan adik-adik pelajar bisa mempertimbangkan lebih jauh.

Berbagai materi di atas nantinya akan disajikan secara urut dan ringkas. Kenapa ringkas? Karena yang dibahas cukup banyak sehingga nantinya tidak akan terlalu panjang. Kalau mau bisa juga dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Rekan pelajar semua tinggal menyesuaikan saja. Karena kalau dibahas secara rinci, satu materi saja sudah akan menghabiskan banyak lembar. Apalagi sampai lima pokok materi seperti itu.

Sebagai contoh, untuk perang Tondano saja ada satu sampai tiga. Kalau dibahas secara rinci pasti terlalu banyak. Maka dari itu, dalam menyusun makalah ini rekan semua bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Yang terpenting adalah pembahasannya sesuai dengan judul atau masalah inti yang diangkat dalam karya tulis tersebut.

B. Contoh Susunan Penulisan Makalah

Selanjutnya apa? Selanjutnya mari kita belajar mengenai penyusunan atau penulisan makalah sejarah ini. Seperti apa sih susunan makalah tersebut? Apakah berbeda dengan makalah-makalah lain yang sudah pernah kita buat sebelumnya?

Secara umum, bentuk susunan penulisan makalah ini tidak berbeda dengan penulisan makalah lain. Yang membedakan hanya isi atau materi yang dibahas. Lalu seperti apasih bentuknya? Untuk gambaran lebih jelas, mari perhatikan contoh daftar isi berikut.

Kata Pengantar 
Daftar Isi 

Bab 1 PENDAHULUAN 
1. Latar Belakang 
2. Rumusan Masalah 
3. Tujuan 

Bab 2 PEMBAHASAN 
2.1 Perang Tondano
2.2 Perang Tondano I
2.3 Perang Tondano II
2.4 Pattimura Angkat Senjata 
2.5 Perang Padri 
2.6 Perang Padri Tahap Pertama 
2.7 Perang Padri Tahap Kedua
2.8 Perang Padri Tahap Ketiga
2.9 Perang Diponegoro

Bab 3 PENUTUP 
3.1 Kesimpulan 
3.2 Saran

Daftar Pustaka
Lampiran

Nah, itu dia salah satu bentuk atau susunan penulisan makalah kita kali ini. Itu bisa dijadikan bahan atau contoh ya. Tidak harus sama seperti itu tetapi paling tidak bisa menjadi bahan pertimbangan untuk rekan semua.

Dengan mengikuti contoh daftar isi di atas kita bisa membuat makalah sederhana yang bisa untuk memenuhi tugas yang diberikan di sekolah. Ingat ya, buat sendiri supaya pintar. Selanjutnya, untuk tambahan silahkan pelajari contoh rumusan masalah berikut.

a) Bagaimanakah sejarah bangsa Indonesia melawan Bangsa Barat? 
b) Nilai-nilai apa yang mendorong mereka melakukan pengorbanan untuk Indonesia ? 
c) Bagaimana cara para pahlawan melawan penjajah ?

Setelah kita mempelajari mengenai pentingnya sejarah, kita harus bisa tetap memperjuangkan negara kita dan juga dengan tetap menghargai para pejuang bangsa. Sehingga sebagai siswa kita harus belajar dengan sebaik-baiknya agar penerus bangsa kita bisa lebih memajukan negara ini. Dan sebagai penyusun kami merasa masih ada kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan saran dari pembaca. 

Contoh Makalah Perang Melawan Penjajahan Kolonial Belanda
Contoh Cover Makalah Sejarah Indonesia
Usai sudah pembahasan kita kali ini. Kami sangat berharap dengan pembahasan seperti ini rekan pelajar semua tidak hanya mendapatkan contoh makalah perang melawan kolonialisme Belanda tetapi juga bisa menyusun atau membuat makalah sendiri.

Mudah-mudahan apa yang disajikan bermanfaat. Sementara sampai disini saja. Lain waktu akan kita lanjutkan dengan membahas makalah-makalah lain yang dibutuhkan. Selanjutnya silahkan download contoh makalah yang dibutuhkan.