Contoh Makalah Aquatik Penjaskes

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Aquatik Penjaskes. Uraian saya ini akan membuka pembahasan mengenai contoh makalah untuk sobat sekolah menengah atas alias SMA. Sesuai dengan judul artikelnya maka kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai makalah penjaskes yaitu mengenai aquatik. 

Makalah aquatik ini merupakan sebuah makalah yang di dalamnya membahas mengenai olahraga air seperti renang, loncat indah dan juga polo air. Untuk mengetahui contoh makalah penjaskes tersebut silahkan simak uraian berikut ini.

Cuplikan Makalah Aquatik 

Agar dapat memberikan sedikit gambaran mengenai isi dari makalah aquatik yang saya maksudkan disini maka berikut ini saya akan memberikan cuplikan makalahnya. Cuplikan ini diambil dari halaman daftar isi dan sedikit dari pembahasannya. Silahkan dilihat langsung cuplikan makalah aquatiknya berikut ini:

DAFTAR ISI

RENANG
Sejarah Olahraga Renang
Fasilitas dan peralatan Olahraga Renang
Kolam renang
Lintasan
Pengukur waktu
Balok start
Peraturan perlombaan dalam renang

LONCAT INDAH
Sejarah Loncat Indah
Peraturan Loncat Indah
Teknik Dasar Lompat Indah

POLO AIR
Sejarah Polo air
Fasilitas dan peralatan
Peraturan Polo air

DAFTAR PUSTAKA

PEMBAHASAN

RENANG
Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final.

Bersama-sama dengan loncat indah, renang indah, renang perairan terbuka, dan polo air, peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia.

Sejarah Olahraga Renang
Perlombaan berenang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Sebagian besar perenang berenang dengan memakai gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya trudgen di lomba-romba renang setelah meniru renang gaya bebas suku Indian. Akibat ketidaksukaan orang Inggris terhadap gerakan renang yang memercikkan air ke sana ke mari, Trudgen mengganti gerakan kaki gaya bebas yang melecut ke atas dan ke bawah menjadi gerakan kaki gunting seperti renang gaya samping.

Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan sejak Olimpiade Athena 1896. Nomor renang putri dilombakan sejak Olimpiade Stockholm 1912. Pada 1902, Richard Cavill memperkenalkan renang gaya bebas. Federasi Renang Internasional dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu pertama kali dikembangkan pada tahun 1930-an. Pada awalnya, gaya kupu-kupu merupakan variasi gaya dada sebelum dianggap sebagai gaya renang tersendiri pada 1952.

Di Hindia Belanda, Perserikatan Berenang Bandung (Bandungse Zwembond) didirikan pada 1917. Pada tahun berikutnya didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat (West Java Zwembond), dan Perserikatan Berenang Jawa Timur (Oost Java Zwembond) didirikan pada 1927. Sejak itu pula perlombaan renang antardaerah mulai sering diadakan. Rekor dalam kejuaraan-kejuaraan tersebut juga dicatatkan sebagai rekor di Belanda.[1]

Pada 1936, perenang Hindia Belanda bernama Pet Stam mencatat rekor 59,9 detik untuk nomor 100 meter gaya bebas di kolam renang Cihampelas Bandung. Pet Stam dikirim sebagai wakil Belanda di Olimpiade Berlin 1936. Persatuan Berenang Seluruh Indonesia didirikan 21 Maret 1951, dan sebagai anggota Federasi Renang Internasional sejak tahun berikutnya. Perenang Indonesia ikut berlomba dalam Olimpiade Helsinki 1952.

Salin Contoh Makalah Penjaskes Ini 

Jika sobat pelajar membutuhkan contoh makalah penjaskes ini sobat harus menyalinnya dahulu baru dapat mempelajarinya di rumah. Untuk dapat menyalin contoh makalah ini silahkan di klik tautan yang akan saya sediakan dibawah ini dan ikuti langkah-langkah salin yang ada pada halaman yang tampil.

Salin Contoh
http://adf.ly/M7tOJ

)* copy paste alamat di atas untuk melihat contohnya

Salin contoh ini dimaksudkan agar dapat mempermudah sobat dalam mempelajari contoh makalah penjaskes yang kita bahas disini. Selain itu contoh ini juga dapat digunakan sebagai bahan belajar mengenai materi mengenai olah raga air yang sedang dipelajari di sekolah. 

Jadi, meski sedang tidak menyusun makalah sobat juga dapat melakukan salin dan membaca materi-materi yang ada di dalamnya. Sebagai tambahan, sebelumnya saya juga telah membahas contoh makalah untuk siswa sma lainnya yang dapat juga sobat pelajari. Contoh-contoh makalah lain tersebut seperti di bawah ini