Contoh Makalah Tinkom tentang Alat Hitung

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Tinkom tentang Alat Hitung - Untuk contoh karya tulis yang satu ini sebenarnya masih dalam proses namun demi untuk melengkapi contoh makalah tinkom maka makalah tentang alat hitung ini akan saya uraikan disini. 

Saya sangat berharap setelah mendalami beberapa contoh makalah sma yang saya uraikan di blog ini sobat dalam menyusun sebuah karya yang lebih baik dari contoh-contoh yang sudah saya bagikan.

Materi Makalah Tinkom Alat Hitung 

Dikarenakan saya masih ragu dengan susunan pada contoh yang akan saya sampaikan ini, maka sebagai cuplikannya saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai materi yang dapat dibahas dalam makalah alat hitung ini. Beberapa materi yang dapat dibahas sebagai berikut.

Sejarah perkembangan alat hitung
Sempoa adalah sederetan poros berisi manik-manik yang bisa digeser-geserkan. Sempoa digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan akar kuadrat.

Sempoa telah digunakan berabad-abad sebelum dikenalnya sistem bilangan Hindu Arab dan sampai sekarang masih digunakan pedagang di berbagai belahan dunia seperti di Tiongkok. Sempoa sering digunakan sebagai alat hitung bagi tuna netra karena manik-manik pada sempoa dapat dengan mudah dirasakan dengan jari-jari. Sehelai kain lembut atau selembar karet biasanya diletakkan dibawah sempoa untuk mencegah manik-manik bergerak secara tidak sengaja.

Sejarah
Asal-usul sempoa sulit dilacak karena alat hitung yang mirip-mirip sempoa banyak dikenal di berbagai kebudayaan di dunia. Konon sempoa sudah ada di Babilonia dan di Tiongkok sekitar tahun 2400 SM dan 300 SM. Orang zaman kuno menghitung dengan membuat garis-garis dan meletakkan batu-batu di atas pasir yang merupakan bentuk awal dari berbagai macam variasi sempoa.

Nilai "A" Untuk Semua Bidang Studi John Vincent Atanasoff (1903-1995), lahir 4 Oktober 1903 di Hamilton, New York, namun dibesarkan di Brewster, Florida. Sejak kecil Atanasoff

telah menunjukkan ketertarikannya pada matematika. Anak seorang insinyur listrik ini pun tak mengalami banyak hambatan saat mereguk ilmu di bangku sekolah. Bahkan pendidikan menengahnya (setara SMA) diselesaikannya dalam waktu dua tahun saja.

Pengganti Kalkulator
Saat menempuh studi doktornya, Atanasoff sering kali merasa buntu ketika harus menghitung menggunakan kalkulator mekanik. Meski termasuk mesin hitung tercanggih di era itu, Atanasoff merasa bahwa harus ada solusi lain untuk menggantikan kalkulator tersebut.

Komputer ABC
Atanasoff dan Berry segera mewujudkan komputer impian mereka pada November 1939. Prototipe yang mereka buat ternyata dapat bekerja. Atanasoff menamakan mesin hitung digitalnya itu dengan ABC. Kependekan dari Atanasoff-Berry Computer.

Lebih dari sekadar dapat bekerja, ABC pun ternyata lebih unggul dari mesin hitung lain yang ada saat itu. Ini dibuktikannya dengan mampu menyelesaikan 29 persamaan linear secara bersamaan. Dibutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mendapatkan penyelesaiannya dari ABC dibanding mesin hitung lain.

Demikianlah sedikit cuplikan mengenai materi-materi yang dapat dibahas dalam makalah alat hitung sebagai salah satu contoh makalah sma. Petikan materi diatas hanyalah sepenggal dari keseluruhan materi yang dapat dibahas, jika sobat ingin mengetahui lebih dalam mengenai materi tersebut silahkan ikuti ulasan selanjutnya. Jika sobat ingin melihat pembahasan lain terkait makalah sma, sebaiknya sobat juga melihat ulasan-ulasan berikut:
  1. Makalah Aquatik Penjaskes 
  2. Makalah Alat Hitung 
  3. Makalah Gelombang Elektromagnetik 
Meski susunannya masih sedikit acak-acakan tetapi bagi sobat yang membutuhkan referensi maka sobat dapat menyalin contoh makalah tentang alat hitung yang dibahas disini melalui tautan berikut:

Contoh Makalah Tinkom tentang Alat Hitung 

Setelah mempelajari materi yang ada di dalamnya dan melihat susunannya saya yakin sobat akan memiliki ide yang lebih baik lagi dalam menyusun makalah serupa. Semoga contoh sederhana yang saya bahas melalui artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Salam sukses selalu.