Contoh Makalah Gelombang Elektromagnetik

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Gelombang Elektromagnetik - Membahas mengenai sebuah karya tulis memang tidaklah begitu membosankan seperti membahas materi sejarah yang penuh dengan tanggal-tanggal dan tahun yang harus diingat. Pertama tentu yang harus dipahami adalah tata cara pembuatan.

Selanjutnya tentu kita juga harus belajar mengenai tata cara penulisan. Apa saja yang harus ditulis dan bagaimana cara menulisnya. Tentu ada pada materi pelajaran lain, dan kita bisa mendalami hal tersebut melalui contoh langsung.

Sebagai contoh, ketika kita hendak membuat sebuah makalah tentang gelombang elektromagnetik tentunya kita hanya perlu mengetahui susunan sebuah makalah dan materi yang akan dibahas dalam sebuah makalah.

Karena itu, akan lebih baik jika saya meluangkan waktu untuk sedikit memberikan ulasan mengenai contoh makalah untuk materi gelombang elektromagnetik ini. Siapa yang sedang menyusun tugas seperti ini? Yuk kita belajar bersama.

A. Cuplikan Contoh Makalah 

Agar dapat memberikan gambaran tentang isi dalam contoh makalah yang saya maksud ini maka silahkan sobat lihat langsung cuplikan bab pertama berikut.

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian
1. Spektrum Gelombang Elektromagnetik
2. Pemanfaatan Gelombang Elektromagnetik
3. Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik
4. Mode Perambatan Gelombang Elektromagnetik
5. Ciri-ciri gelombang elektromagnetik
B. Polarisasi Gelombang Elektromagnetik
C. Percobaan Gelombang Elektromagnetik

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang merambat tanpa memerlukan zat perantara atau medium. Contohnya vahaya.

Hasil percobaan yang mendahuluinya telah mengungkapkan tiga aturan gejala kelistrikan, yaitu :

hukum Coulomb : muatan listrik mengahsilkan medan listrik

Hukum Biot-Savart : aliran muatan (arus) listrik menghasilkan medan magnet di sekitarnya.

Hukum Faraday : perubahan medan magnet (B) dapat menimbulkan medan listrik (E)

Energi elektromagnetik dipancarkan, atau dilepaskan, oleh semua masa di alam semesta pada level yang berbedabeda. Semakin tinggi level energi dalam suatu sumber energi, semakin rendah panjang gelombang dari energi yang dihasilkan, dan semakin tinggi frekuensinya. Perbedaan karakteristik energi gelombang digunakan untuk mengelompokkan energi elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik sebenarnya selalu ada disekitar kita, salah satu contohnya adalah sinar matahari, gelombang ini tidak memerlukan medium perantara dalam perambatannya. Contoh lain adalah gelombang radio.

Tetapi spektrum gelombang elektromagnetik masih terdiri dari berbagai jenis gelombang lainnya, yang dibedakan berdasarkan frekuensi atau panjang gelombangnya. Untuk itu disini kita akan mempelajari tentang rentang spektrum gelombang elektromagnetik, karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spectrum dan contoh dan penerapan masing-masing gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.

Pada pertengahan abad ke sepuluh seorang ilmuwan Mesir di Iskandaria yang bernama Al Hasan (965-1038) mengemukakan pendapat bahwa mata dapat melihat benda-benda di sekeliling karena adanya cahaya yang dipancarkan atau dipantulkan oleh benda-benda yang bersangkutan masuk ke dalam mata. Teori ini akhirnya dapat diterima oleh orang banyak sampai sekarang ini.

Gelombang elektromagnetik yang dirumuskan oleh Maxwell ternyata terbentang dalam rentang frekuensi yang luas. Sebagai sebuah gejala gelombang, gelombang elektromagnetik dapat diidentifikasi berdasarkan frekuensi dan panjang gelombangnya.

Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik sebagaimana gelombang radio atau sinar-X. Masing-masing memiliki penggunaan yang berbeda meskipun mereka secara fisika menggambarkan gejala yang serupa, yaitu gejala gelombang, lebih khusus lagi gelombang elektromagnetik. Mereka dibedakan berdasarkan frekuensi dan panjang gelombangnya.

B. Salin Makalah Gelombang Elektromagnetik 

Contoh karya tulis yang berupa makalah gelombang elektro ini dapat sobat pelajari di rumah dengan cara salin makalah lengkapnya. Namun sebelum itu, sobat juga dapat melihat-lihat beberapa contoh lainnya sebagai berikut:

Makalah Aquatik Penjaskes
http://adf.ly/M7tON

Makalah Alat Hitung
http://adf.ly/M7tOL

Makalah Gelombang Elektromagnetik
http://adf.ly/M7tOJ
)* copy paste link di atas untuk melihat contohnya

Jika memang diantara makalah diatas tidak ada yang diminati, maka sebaiknya sobat melihat langsung makalah gelombang elektromagnetik yang saya maksud. Silahkan salin makalah tersebut melalui tautan dibawah ini:


Download Makalah Gelombang Elektromagnetik
Salin Makalah Gelombang Elektro

)* copy paste link di atas untuk melihat contohnya

Untuk pembahasan lain mengenai contoh makalah akan segera diupdate setiap harinya. Semoga uraian singkat kali ini dapat berguna bagi sobat pelajar semua.