Makalah Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah - Ada satu karya tulis yang menurut saya penting dan sering disusun yaitu makalah kepemimpinan seorang kepada sekolah. Makalah ini disusun setidaknya untuk dapat memberikan informasi bermanfaat mengenai fungsi dan peran kepala sekolah sebagai seorang pemimpin dalam suatu sekolah.

Informasi tersebut dapat digunakan untuk lebih mengembangkan kemampuan kepala sekolah dalam mengelola sekolahnya. Agar tidak terlalu jauh menyimpang dari pembahasan contoh karya tulis ini mari kita simak langsung uraian singkatnya berikut.

Sebelum saya lupa, bagi sobat yang membutuhkan informasi-informasi lain seputar makalah pendidikan yang seperti di pembahasan kita kali ini, juga telah membahas ulasan-ulasan lain mengenai makalah pendidikan yang dapat dipelajari sebagai berikut:
  1. Peran dan Peranan Kepemimpinan Pendidikan
  2. Mewujudkan Kepemimpinan Sukses Berbasis Tasawuf
  3. Kepemimpinan Kepala Sekolah
  4. Kepemimpinan Dan Kearifan Lokal
  5. Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Kerjasama Tim
Beberapa judul di atas merupakan contoh - contoh karya tulis dalam bentuk makalah yang sebelumnya sudah kita bahas bersama-sama. Jika hendak mempelajari bagaimana cara menyusun salah satu makalah di atas maka silahkan lihat dari daftar atau bisa dicari melalui penelusuran di bagian kanan atas situs.

Untuk karya tulis yang membahas mengenai kepemimpinan kepala sekolah ini kita dapat menyusun dengan berbagai cara seperti yang sudah biasa kita lakukan. Cara menyusun makalah tersebut antara lain yaitu:

1. Dengan membuat draft makalah terlebih dahulu
2. Mencari dan mengumpulkan sumber referensi dan bahan bacaan
3. Mempelajari, menelaah dan menganalisis berbagai informasi yang diperlukan
4. Menyusun makalah sesuai dengan draft yang telah dibuat sebelumnya

Hal paling sulit adalah mengolah informasi yang kita dapatkan untuk kita bahas di karya tulis, karena itu kita perlu membiasakan diri dengan berbagai proses tersebut. Setelah terbiasa maka tidak ada yang sulit dalam menyusun makalah pendidikan dengan tema apapun. 

Penggalan Karya Tulis Tentang Kepala Sekolah 

Saya tidak akan terlalu banyak memberikan pengantar untuk uraian mengenai karya tulis yang sedang kita bahas kali ini tetapi saya akan langsung memberikan penggalan karya tulis yang membahas tentang kepala sekolah ini. Penggalan berikut merupakan penggalan dari bagian bab awal yaitu pendahuluan, silahkan langsung disimak penggalan berikut ini.

Latar Belakang
Dunia pendidikan kita terutama jalur pendidikan formal yakni sekolah sampai sampai saat ini belum berhasil membuktikan kualitas (mutu) yang diharapkan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional di berbagai jenjang termasuk di dalamnya jenjang pendidikan dasar.

Menurut teori bahwa keberhasilan harus didukung dan ditunjang oleh tiga komponen yakni sekolah termasuk didalamnya pemerintah, orang tua dan lingkungan masyarakat. Dari teori tersebut timbul pertanyaan apakah ketiga unsur tersebut berjalan normal?

Sejauh mana perhatian ketiga komponen tersebut terhadap dunia pendidikan? Kiranya tidak bijak apabila rendahnya dunia pendidikan ini mengkambinghitamkan salah satu komponen, introspeksi diri tentang sejauh mana perhatian yang diberikan terhadap kemajuan dunia pendidikan.

Peran kepala sekolah sangat berpengaruh dalam peningkatan dan kemajuan pendidikan. Dalam kesempatan ini penulis mencoba membahas esensi peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kemajuan pendidikan di sekolah dasar.

Rumusan Masalah
Bila kita pikirkan secara mendalam setiap masalah pada hakekatnya kompleks, begitu kompleks-nya sehingga tidak mungkin kita kemukakan seluruhnya. Oleh karena itu masalah perlu dibatasi agar lebih jelas dan mudah. Dalam makalah yang penulis beri judul Peranan Kepala Sekolah Dalam Memajukan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar, membatasi masalah pada:

1. Bagaimana fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin di satuan pendidikan Sekolah Dasar ?
2. Bagaimana peranan kepala sekolah sebagai Manajer (Pengelola) di satuan pendidikan Sekolah Dasar ?

Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Memberikan pengetahuan tentang kepala sekolah sebagai pemimpin
2. Menambah pengetahuan mengenai kepala sekolah sebagai manajer sekolah
3. Meningkatkan kemampuan analisis dan kreatifitas untuk memecahkan suatu masalah
Penggalan diambil dari: http://www.hariyono.org/2011/12/makalah-kepemimpinan-kepala-sekolah.html 


Semoga dengan membaca sedikit penggalan yang saya berikan diatas sobat semua mendapatkan gambaran tentang bagaimana isi dari karya tulis yang akan disusun.

Meski hanya sepenggal, sebenarnya jika kita mengacu kepada beberapa informasi diatas kita dapat menyusun kerangka pemikiran kita sendiri dalam menyusun sebuah karya tulis serupa sebagai tindak lanjut dari penelitian dan karya tulis yang sebelumnya telah dilakukan tersebut.

Salin Makalah Kepemimpinan Kepala Sekolah 

Seperti biasa dalam pembahasan-pembahasan mengenai contoh karya tulis pada blog ini tentunya setelah mengikuti ulasan singkat dari saya, sobat akan diberikan kesempatan untuk dapat menyalin contohnya pada akhir ulasan.

Nah, karena saya tidak akan memberikan uraian yang lebih panjang lagi mengenai artikel saya kali ini maka sobat dapat langsung salin makalah tentang kepemimpinan kepala sekolah ini melalui tautan berikut:


Semoga contoh yang sobat salin dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menjadi sebuah inspirasi untuk sebuah penelitian yang lebih dalam lagi. Dan semoga makalah kepemimpinan yang sedang disusun dapat lebih tajam dan lebih ilmiah.