Pemanfaatan Buah Mengkudu Sebagai Pengobatan Alternatif

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Pemanfaatan Buah Mengkudu Sebagai Pengobatan Alternatif - Banyak dari kita yang telah tahu bahwa buah yang satu ini memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan. Buah mengkudu ini merupakan buah yang memiliki wujud sangat tidak menarik tetapi dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti kencing manis, penyakit darah tinggi dan penyakit kanker. 

Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini saya akan mencoba mengetengahkan ulasan mengenai Pemanfaatan Buah Mengkudu Sebagai Pengobatan sebagai bahan untuk pengobatan alternatif. Ulasan ini merupakan hasil dari analisis pada sebuah karya ilmiah remaja (KIR) yang disusun oleh sobat pelajar sma, selengkapnya sebagai berikut:

Bab I Pemanfaatan Buah Mengkudu 

Sebelum saya memberikan cuplikan untuk bab I pada penelitian tentang pemanfaatan buah mengkudu ini saya akan mengingatkan kepada sobat pelajar bahwa jika sobat ingin melihat-lihat contoh-contoh lain dari karya ilmiah remaja dapat melalui tautan-tautan berikut:
  1. Cara Mengawetkan Telur Menggunakan Minyak Kelapa 
  2. Bagian – Bagian Tanaman Yang Dapat Dibentuk Menjadi Bonsai 
  3. Pemanfaatan Bonggol Pisang 
  4. Boraks Dan Formalin Pada Makanan 
Setelah melihat beberapa pembahasan terkait diatas, silahkan dilihat juga contoh dari bab I karya tulis tentang mengkudu berikut ini:

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Ketika krisis moneter melanda Indonesia, masyarakat banyak yang memilih kembali ke alam dalam pola hidupnya. Hal ini terutama menyangkut pola makan maupun dalam menyembuhkan penyakit yang dideritanya. Mereka banyak yang memilih kembali ke alam atau yang bisa disebut back to nature karena pertimbangan ekonomis. Dengan mengkonsumsi makanan alami badan akan lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan cepat saji yang sekarang banyak beredar. Untuk mengkonsumsi makanan alami, memang agak repot sedikit untuk mengelolanya. Adapun menyangkut pengobatan, masyarakat juga sudah mulai melirik kembali bahan-bahan alami, misalnya tumbuh-tumbuhan banyak dicari orang untuk pengobatan. Tumbuh-tumbuhan obat ini selain murah juga tanpa efek samping asal dosisnya tepat.

Media massa cetak pun elektronik juga banyak membantu penyebaran informasi mengenai pola hidup “ kembali ke alam “ ini. Dengan berbagai kelebihan yang mereka miliki, media tersebut mampu menarik simpati dari masyarakat. Kemudian, masyarakat merespon ajakan tersebut dengan menrapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena baru tersebut sangat menggemberikan dunia kedokteran maupun farmasi. Sekarang dunia kedokteran dan farmasi gencar mengadakan penelitian yang berkaitan dengan obat tradisional yang berasal dari alam.

Tak ketinggalan fakultas farmasi UGM juga telah mengadakan penelitian obat-obatan dan jamu tradisional tersebut. Hasilnya sangat berguna bagi masyarakat karena temuan tersebut selalu diumumkan supaya diketahui oleh umum. Di antara tumbuhan yang telah diteliti kandungannya dan sudah diuji dengan beberapa tahap uji dan kajian ilmiah, kemudian dibuktikan khasiat bahan yang dikandungnya sekaligus keamanannya, dan sudah dievaluasi adalah mengkudu.

Agar bisa diakui, data-data kompleks dalam komposisi perlu diuji dengan uji coba terhadap hewan (uji pra klinis), uji toksisitas atau keamanan produk, baru dilakukan uji klinis kepada manusia. Dan megkudu telah lulus semua tahap pengujian tersebut.

Sebenarnya sejak dulu masyarakat Indonesia sudah menggunakan buah mengkudu sebagai bahan pengobatan dan menjaga stamina tubuh. Tetapi karena tuntutan zaman yang serba praktis dan cepat, maka orang menjadi lupa pada peninggalan nenek moyang tersebut. Masyarakat tidak lagi mengkonsumsi mengkudu mungkin karena baunya yang tidak sedap dan rasaya yang tidak enak dan getir.

Dan para peneliti kini berhasil membuktikan bahwa ‘Si Buruk Rupa’ yaitu buah mengkudu bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit kencing manis,penyakit darah tinggi dan penyakit kanker.

Dengan berbagai macam pengolahan terhadap buah mengkudu, manfaatnya banyak digunakan untuk sebagai pengganti obat berbahan kimia.

Dengan adanya ulasan ini,semoga tanaman disekitar kita tidak terabaikan lagi meski sebelumnya kita tidak mengetahui apa khasiat dari tanaman tersebut.

1.2 Rumusan Masalah
1.2.1.Apa mengkudu itu?
1.2.2 Bagaimana ciri-ciri mengkudu itu?
1.2.3Apa kandungan dan manfaat mengkudu?
1.2.4.Apa penyakit Kencing manis, penyakit Darah tinggi dan penyakit Kanker itu?
1.2.5.Apa manfaat mengkudu bagi penderita Kencing Manis,penderita Darah Tinggi dan penderita Kanker?
1.2.6.Bagaimana cara pemanfaatan mengkudu bagi penderita Kencing manis, penderita Darah tinggi dan penderita Kanker?

1.3 Tujuan Penulisan
1.3.1 Mendeskripsikan pengertian mengkudu
1.3.2 Mendeskripsikan ciri-ciri mengkudu
1.3.3 Mendeskripsikan kandungan dan manfaat mengkudu
1.3.4 Mendiskripsikan tentang pengertian penyakit Kencing Manis,penyakit Darah Tinggi dan penyakit kanker
1.3.5 Mendiskripsikan manfaat mengkudu bagi penderita Kencing Manis,penderita Darah Tinggi dan penderita Kanker
1.3.6 Mendiskripsikan cara pemanfaatan mengkudu bagi penderita Kencing manis,penderita Darah Tinggi dan penderita Kanker

1.4 Manfaat Penulisan
1.4.1 Mengetahui pengertian mengkudu
1.4.2 Mengetahui ciri-ciri Buah mengkudu
1.4.3 Mengetahui kandungan dan manfaat mengkudu
1.4.4 Mengetahui tentang pengertian penyakit Kencing manis, penyakit Darah Tinggi dan penyakit Kanker
1.4.5 Mengetahui manfaat mengkudu bagi penderita Kencing Manis,penderita Darah Tinggi dan penderita Kanker
1.4.6 Mengetahui cara pemanfaatan mengkudu bagi penderita kencing manis, penderita Darah tinggi dan penderita Kanker

Salin KIR Mengkudu Sebagai Pengobatan Alternatif 

Mohon maaf, anda tidak dibenarkan menyalin kir Pemanfaatan Buah Mengkudu Sebagai Pengobatan ini, hee e e e…. bercanda sobat! Butuh contoh ini yang lengkap ya, boleh, langsung disalin aja melalui link tautan dibawah ini. Tautan akan mengarahkan sobat kehalaman salin (download) tapi harus di klik ya jangan cuma diplototin aja. :-P

Kir Pemanfaatan Buah Mengkudu Sebagai Pengobatan Alternatif 
[Download]

Sudah diberikan cuplikan, sudah diberikan tautan untuk menyalin juga, sekarang mau apa lagi? Lihat-lihat contoh lainnya aja melalui tautan-tautan uraian yang telah diberikan. Dan jangan lupa untuk rajin-rajin berkunjung ke blog ini ya… atau langganan uraian contoh karya tulis dari blog ini dengan email sobat!