Makalah Perubahan Psikologis Ibu Hamil

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh untuk makalah kali ini merupakan makalah untuk akademi kebidanan yang membahas mengenai psikologis ibu hamil. Pada uraian ini sobat akan diberikan contoh bagaimana isi dari makalah tersebut. Berikut uraian selengkapnya.

Selama kehamilan kebanyakan wanita mengalami perubahan psikologis dan emosional. Seringkali kita mendengar seorang wanita mengatakan betapa bahagianya dia karena akan menjadi seorang ibu dan dan bahwa dia sudah memilihkan sebuah nama untuk bayi yang akan dilahirkan nya  Namun tak jarang ada wanita yang merasa khawatir kalau terjadi masalah dalam kehamilannya, khawatir kalau ada kemungkinan dia kehilangan kecantikannya, atau bahwa ada kemungkinan bayinya tidak normal. Wanita hamil secara ekstrim rentan. Dia takut mati baik dirinya maupun bayinya, ini membuat banyak wanita lebih bergantung dan menuntut. Inilah waktu paling tepat untuk memberikan nasihat, seperti mencari dukungan baru.

Materi Makalah Perubahan Psikologis Ibu Hamil

Sebagai orang terdekat, kita harus menyadari adanya perubahan- perubahan pada wanita hamil tersebut agar dapat memberi dukungan dan memperhatikan keprihatinan, kekhawatiran, ketakutan dan pertanyaan- pertanyaan yang muncul. Untuk alasan itulah berikut ini saya telah merangkum beberapa informasi penting yang berkaitan dengan psikologis ibu hamil tersebut. Berikut beberapa point informasi yang dapat kita pelajari dan kita gunakan juga sebagai bahan makalah:

1. Perubahan dan adaptasi psikologis pada kehamilan trimester I
a. Bentuk Motivasi
b. Stress yang Terjadi Pada Kehamilan Trimester I
c. Kehamilan dan Libido
d. Kehamilan dan Olahraga
e. Perubahan Fisik pada Trimester I

2. Perubahan dan adaptasi psikologis pada kehamilan trimester II
a. Pembagian perubahan psikologis pada trimester II
1. Fase prequickening
2. Fase postquickening
b. Perubahan Fisik pada Trimester II

3. Perubahan dan adaptasi psikologi pada kehamilan trimester III
a. Perubahan Psikologis
b. Perubahan Fisik pada Trimester III

4. Peran bidan dalam persiapan psikologis ibu hamil trimester I, II, III
Mempelajari keadaan lingkungan penderita
Informasi dan pendidikan kesehatan
Adaptasi pada lingkungan tempat bersalin

Dari rangkuman point-point penting di atas, sebagai orang terdekat kita akan tahu informasi-informasi apa saja yang hendaknya kita ketahui dalam upaya mendampingi ibu hamil selain itu sebagai calon bidan kita juga akan mampu menyusun sebuah sumber informasi bermanfaat baik untuk kepentingan penyusunan makalah mapun kepentingan masyarakat secara luas.

Salin Contoh Makalah Perubahan Psikologis Bumil

Dengan membaca beberapa point diatas sebenarnya saya yakin sobat sudah dapat menyusun makalah psikologi bumil (ibu hamil) ini secara mudah, namun untuk memberikan gambaran tentang bagaimana penyusunan dan format makalah ini tidak ada salahnya menyalin contoh yang ada untuk dipelajari. Yang membutuhkan, silahkan langsung menyalin contoh makalah tersebut melalui tautan yang ada.

Makalah Perubahan Psikologis Bumil 

Agar dapat lebih mudah dalam mendapatkan informasi makalah-makalah lain yang berkaitan dengan kebidanan ada baiknya sobat berlangganan pembahasan contoh karya tulis blog ini. Demikian, semoga dapat bermanfaat.