Referensi Contoh Karya Ilmiah Terlengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Hari ini saya akan membuat sebuah rangkuman contoh karya ilmiah sebagai referensi lengkap yang telah dibahas pada kesempatan sebelumnya. Contoh karya ilmiah banyak dicari oleh para pengguna internet sebagai bahan belajar baik untuk menyusun sebuah karya ilmiah ataupun sebagai bahan untuk mempelajari suatu disiplin ilmu tertenu.

Kumpulan Contoh Karya Ilmiah Lengkap

Nah, setelah sedikit penyegaran mengenai apa itu karya ilmiah, sekarang waktunya kita menengok dan mempelajari beberapa contoh karya ilmiah yang sudah dibahas sebelumnya pada blog ini. Blog contoh karya tulis ini memang sejatinya akan mengulas berbagai contoh karya ilmiah secara mendalam lengkap dengan berbagai contoh yang diperlukan. Contoh-contoh karya tulis yang termasuk kedalam kategori karya ilmiah yang dapat sobat pelajari melalui blog ini selengkapnya adalah sebagai berikut:
Karya Ilmiah Remaja
Laporan Penelitian
Laporan Studytour
Makalah
Skripsi
Banyak bukan contoh karya ilmiah yang dapat sobat pelajari di blog ini? Nah, bagi yang ingin mempelajari berbagai contoh yang dibutuhkan silahkan klik tautan diatas sesuai dengan kebutuhan sobat semua. Tautan-tautan di atas akan membawa sobat ke koleksi pembahasan contoh karya ilmiah berdasarkan kategori yang ditetapkan pada blog ini.

Mengingat Kembali Tentang Karya Ilmiah

Apa itu karya ilmiah, jika sobat pelajar sedikit lupa mari kita segarkan ingatan kita dengan mengingat kembali tentang karya ilmiah ini. Karya ilmiah atau sering disebut juga dengan scientific paper adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.

Agar dapat memahami dan menyusun sebuah karya ilmiah berikut ini bagian-bagian sistematika penulisan karya ilmiah:

Bagian Pembuka
Cover
Halaman judul.
Halaman pengesahan.
Abstraksi
Kata pengantar.
Daftar isi.
Ringkasan isi.

Bagian Isi

Pendahuluan:
Latar belakang masalah.
Perumusan masalah.
Pembahasan/pembatasan masalah.
Tujuan penelitian.
Manfaat penelitian.
Kajian teori atau tinjauan kepustakaan:
Pembahasan teori
Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan
Pengajuan hipotesis

Metodologi penelitian:
Waktu dan tempat penelitian.
Metode dan rancangan penelitian
Populasi dan sampel.
Instrumen penelitian.
Pengumpulan data dan analisis data.

Hasil Penelitian:
Jabaran varibel penelitian.
Hasil penelitian.
Pengajuan hipotesis.
Diskusi penelitian, mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya.
Bagian penunjang:
Daftar pustaka.
Lampiran- lampiran antara lain instrumen penelitian.
Daftar Tabel