Salin Contoh Proposal Pembangunan Masjid

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Proposal lain yang dapat dipelajari adalah proposal pembangunan masjid untuk itu contoh proposal ini akan saya ulas sedikit melalui artikel “Salin Contoh Proposal Pembangunan Masjid”. Silahkan disimak ulasan contoh selangkapnya.

Cuplikan Proposal Masjid

Sebelum memberikan apa yang akan dibahas disini, saya akan terlebih dahulu memberikan pemanasan dengan cuplikan proposal yang telah disiapkan khusus untuk anda yang membutuhkannya. Berikut cuplikan proposal masjid yang saya maksud.

Latar Belakang

Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur’an :

Artinya :
“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dna hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada siapapun selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang mendapat petunjuk” (Q.S. At-Taubah : 18)

Memakmurkan masjid mempunyai pengaruh positif bagi pembinaan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat dan negara. Oleh karena itu setiap muslim harus ikut berperan dalam kemakmuran masjid sebagaimana firman Allah diatas.

Dalam rangka meningkatkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan pembinaan umat khususnya di desa Berasang dan umumnya di wilayah Kecamatan Kisam Tinggi, dimana kehidupan masyarakat yang sudah begitu majemuk dan ramai, dan untuk meningkatkan daya tampung dalam melaksanakan ibadah (shalat berjama’ah) dengan sebaik-baiknya serta agar syi’ar keagamaan semakin menggema karena membutuhkan banyak perbaikkan dan tidak memadainya kondisi fisik bangunan, maka perlu adanya pembangunan kembali Masjid (renovasi total) yang merupakan program Pengurus Masjid Nurul Iman.

Seperti kita pahami bahwa sejak zaman Rasulullah Muhamad SAW, masjid bukan hanya tempat ibadah tetapi merupakan pusat kegiatan berdimensi luas. Ketika Rasulullah Saw dan para sahabatnya Hijrah dari Mekkah ke Madinah, beliau singgah di suatu tempat yang dikenal dengan Quba. Disinilah Rasulullah membangun sebuah Masjid yang diberi nama Masjid Quba. Begitu juga ketika sampai di Madinah Rasulullah membangun Masjid Nabawi. Ini semua menunjukan bahwa Masjid memiki kedudukan yang sangat penting bagi kaum muslimin.

Di zaman Rasulullah Saw, Masjid menjadi sarana untuk memperkokoh iman para sahabatnya. Disamping itu, Masjid juga digunakan sebagai sarana peribadatan dan tempat mengkaji ajaran Islam. Allah berfirman : Hanyalah yang memakmurkan Masjid-Masjid Allah adalah orang-orang yang beriman kepada Allah, dan Hari Kemudian, serta tetap mendirikan Shalat, menunaikan Zakat, dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk (QS: At-Taubah: 8).

Rasulullah saw menjadikan Masjid sebagai sentral ilmu pengetahuan. Dari Masjidlah Rasulullah membina masyarakat baru Madinah. Ahlu Suffah adalah mereka yang banyak mengambil manfaat dari ajaran Rasulullah. Disamping mereka tinggal dibagian belakang masjid mereka juga sangat tekun menghafal hadist-hadist Rasullah Saw. Abu Hurairah adalah salah seorang dari ratusan Ahli Shuffah yang banyak meriwayat hadis dibandingkan sahabat lainya. Tradisi menjadikan Masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan ini diteruskan oleh para Ulama Muslimin dalam mengembangkan Risalah Islam setelah wafatnya Rasulullah Saw.

Salin Contoh Proposal Pembangunan Masjid

Ingin sekali rasanya menampilkan seluruh contoh proposal pembangunan masjid tersebut pada pembahasan ini namun karena keterbatasan saya hanya dapat menampilkannya melalui sumber lain. Untuk itu, jika anda membutuhkan contoh ini silahkan salin contoh proposalnya melalui tautan yang telah disiapkan.

Salin Contoh 
Proposal Pembangunan Masjid

Melalui tautan tersebut anda dapat mempelajari contoh lengkapnya sehingga memperoleh gambaran bagaimana bentuk proposal pembangunan masjid yang biasanya dibuat dan diajukan. Demikian sedikit informasi yang dapat saya share pada kesempatan ini, semoga semua informasi di atas bermanfaat bagi anda.