Makalah Bahasa Indonesia Tentang Masalah Mahalnya Biaya Kesehatan

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Bahasa Indonesia Tentang Masalah Mahalnya Biaya Kesehatan. Ingat dulu pernah diminta oleh guru Bahasa Indonesia untuk menyusun sebuah makalah yang membahas mengenai masalah mahalnya biaya kesehatan jadi sekarang akan kita ulas makalah tentang mahalnya biaya kesehatan untuk kita gunakan sebagai bahan referensi belajar.

Menyusun makalah khususnya tentang mahalnya biaya kesehatan ini selain akan mengasah kemampuan kita dalam membuat sebuah makalah tentunya juga akan memberikan pengetahuan tambahan tentang fenomena yang terjadi di sekitar kita yaitu mengenai biaya kesehatan yang mahal. Untuk dapat menyusun makalah ini dengan baik tentunya kita harus mengetahui dan banyak belajar sekitar permasalahan tersebut mulai dari fenomena mahalnya biaya kesehatan, faktor penyebab, dampak dan juga berbagai solusi untuk mengatasi hal tersebut. Lebih jelasnya mari kita sedikit pelajari lebih rinci uraian berikut.

Masalah mahalnya biaya pendidikan merupakan potret sederhana dari cerminan sosial, yang ada di negara kita yang kaya tapi miskin moral. Ketika kita sakit, hendaknya kita secara cepat akan langsung pergi ke dokter untuk berobat agar lekas sembuh.Tapi hal tersebut, sangat berlawanan arah dengan saudara kita yang kurang mampu. Mereka memiliki suatu sudut pandang dimana berobat ke dokter memerlukan biaya yang cukup mahal dan tidak terjangkau untuk kalangan seperti mereka.

Ini karena mereka, merasakan sendiri tentang sebuah masalah ekonomi yang mengharuskan mereka bekerja keras hari ini atau tidak makan hari ini. Jadi tidak heran, jika banyak dari kita yang berobat dengan jalur alternative walaupun bagi kita yang secara berpendidikan kadang hal ini diluar nalar kita sebagai manusia pada umumnya.

Contoh Daftar Isi Makalah Mahalnya Biaya Kesehatan

Sedikit memberikan gambaran mengenai isi makalah berikut saya sertakan sebuah contoh daftar isi makalah tentang biaya kesehatan. Dengan melihat daftar isi tersebut tentunya kita akan dapat mengetahui kira-kira apa saja yang dapat dibahas saat kita menyusun karya tulis dengan tema tersebut, silahkan langsung lihat contohnya berikut.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Penyebab Mahalnya Biaya Kesehatan
2.2 Akibat Mahalnya Biaya Kesehatan
2.3 Soluasi Mengatasi Mahalnya Biaya Kesehatan

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Materi dalam daftar isi tersebut tentunya bukan satu-satunya materi yang dapat disusun. Materi apa yang akan dibahas sangat tergantung kepada kemampuan dan kemauan kita dalam menyusunnya.

Menyusun Isi Makalah tentang Masalah Mahalnya Biaya Kesehatan

Berpatokan pada informasi yang kita dapat dari daftar isi yang disusun kita dapat memulai menyusun materi yang akan dibahas pada makalah tentang masalah biaya pendidikan ini. Yang pertama-tama tentunya kita akan mengupas sedikit latar belakang topik yang dibahas ini lengkap beserta rumusan masalah serta tujuan penulisannya.

Kemudian pada tingkat selanjutnya kita akan menyiapkan materi pembahasan pada BAB II seperti yang digambarkan dalam contoh di atas. Dalam hal ini kita akan memulai menyiapkan informasi mengenai berbagai penyebab mahalnya biaya kesehatan. Setelah itu kita juga akan membahas mengenai akibat-akibat yang ditimbulkan dari permasalahan tersebut di masyarakat. Sebagai penutup pembahasan kita juga akan menyertakan beberapa analisa alternatif penyelesaian untuk masalah mahalnya biaya kesehatan yang terjadi.

Pada bagian bab iii kita dapat memberikan penutup berupa kesimpulan dari berbagai aspek yang sudah dipaparkan pada bab pembahasan. Setelah itu tentunya kita akan memberikan beberapa saran mengenai topik tersebut secara ringkas dan jelas. Sampai pada penutup kita tinggal menyusun referensi yang digunakan dalam karya tulis ini serta jika ada menyiapkan juga berbagai lampiran yang bermanfaat.

Sedikit uraian mengenai Makalah Bahasa Indonesia Tentang Masalah Mahalnya Biaya Kesehatan tersebut semoga dapat menambah referensi dalam menyusun makalah dengan tema kesehatan. Lain waktu saya akan berusaha untuk memberikan contoh lengkap makalah itu sehingga rekan semua dapat lebih jelas dalam memahaminya. Sampai disini, semoga bermanfaat.