Contoh Tugas Laporan Observasi di PT Lestari

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Tugas Laporan Observasi di PT Lestari. Salah satu sarana belajar kita juga perlu belajar menyusun laporan hasil observasi yang telah dilakukan, nah pada kesempatan ini contoh karya tulis akan membahas sedikit mengenai sebuah "contoh laporan observasi" yang disusun berdasarkan observasi yang dilakukan di PT Lestari.

Cuplikan Bab Laporan Observasi PT Lestari

Untuk menghemat waktu dan agar lebih efektif maka saya akan menghadirkan sebuah cuplikan untuk bab i pendahuluan untuk laporan hasil observasi ini. Saya berharap dengan cuplikan berikut sobat semua memiliki gambaran bagaimanakah laporan hasil observasi dapat kita susun. Langsung saja silahkan simak contoh penggalan bab I pendahuluan berikut.

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Observasi adalah suatu bentuk kegiatan pengamatan atau peninjauan suatu obyek untuk kemudian dipelajari atau diteliti dan disampaikan hasilnya melalui sebuah laporan.

Observasi yang akan dilaporakan melalui laporan ini dilakukan diluar sekolah, yaitu di PT Lestari, sebuah pabrik yang memproduksi olahan minyak mentah, dimana didalam obyek tersebut penulis akan melakukan tinjauan dan pengamatan mulai dari sejarah, letak geografis, organisasi serta tenaga kerja dan bagaimana proses produksi dilakukan.

Selain untuk memberikan pengetahuan mengenai PT Lestari, hal ini dibuat dengan tujuan sebagai syarat mengikuti kegiatan pembelajaran kelas XII yang akan segera dilaksanakan. Melalui observasi dan laporan hasilnya ini diharapkan siswa-siswi dapat lebih bertanggung jawab serta menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.

1.2 Tujuan observasi
Observasi yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Karya Tulis Dumai ini bertujuan antara lain sebagai berikut:
1. sebagai syarat mengikuti kegiatan pembelajaran kelas XII
2. sebagai salah satu bentuk gambaran ilmu yang diperoleh dibangku sekolah pada dunia kerja sebenarnya
3. mendidik siswa agar lebih disiplin dan mandiri
4. mendidik siswa agar mampu mengembangkan diri dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta belajar mengenal lingkungan

1.3 Metode pengumpulan data
Metode yang digunakan penulis dalam menyusun laporan hasil observasi tentang PT Lestari ini adalah sebagai berikut:
1. Observasi
2. Wawancara

Contoh Materi Laporan Hasil Observasi di PT Lestari

Materi-materi atau isi yang dapat disuguhkan kepada pembaca melalui laporan ini diantaranya adalah latar belakang, tujuan, serta metode yang digunakan. Agar lebih jelas berikut saya sertakan sebuah contoh daftar isi agar kita dapat mengetahui isi didalam laporan yang akan disusun. Silahkan perhitungkan beberapa contoh informasi atau materi yang dapat dibahas melalui contoh daftar isi sebagai berikut.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan observasi
1.3 Metode pengumpulan data

BAB II ISI DAN PEMBAHASAN
2.1 Sejarah PT Lestari
2.2 Letak Geografis
2.3 Struktur Organisasi dan Tenaga Kerja
2.4 Sarana dan Aktivitas
2.5 Proses Produksi

BAB III IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran

Dengan memperhatikan apa-apa yang tertera di halaman daftar isi yang dibagikan tersebut kita dapat secara lebih mudah lagi dalam menyusun laporan hasil observasi yang telah dilakukan. Dari point-point di atas jelas sekali dalam laporan observasi yang akan disusun memuat beberapa informasi mengenai objek observasi seperti sejarah, letak dan juga kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh objek yang diteliti. 

Saat kita melakukan observasi terhadap suatu instansi atau perusahaan kita juga dapat membahas informasi mengenai visi dan misi perusahaan sebagai tambahan.

Dibagian terakhir, sebagai penutup kita akan memberikan kesimpulan tentang objek tersebut dan memberikan beberapa masukan atau saran yang membangun terhadap kemajuan objek yang diteliti. Saya rasa itu saja yang dapat saya ulas pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat bagi pengunjung semua yang akan menyusun laporan hasil observasi.