Contoh Kir Minuman Es Dawet Lidah Buaya

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Kir Es Dawet Lidah Buaya - Satu lagi ide unik yang dapat dipelajari lebih lanjut yaitu mengenai pemanfaatan lidah buaya sebagai makanan atau minuman. Berkaitan dengan itu akan dibahas Contoh Kir Es Dawet Lidah Buaya sebagai bahan acuan dalam menemukan ide baru untuk karya ilmiah remaja (KIR).

Melalui ide KIR ini kita akan membuktikan suatu fakta unik yang mungkin layak untuk diuji dan dikembangkan lebih lanjut. Ide tersebut yaitu kita akan mencoba memanfaatkan tanaman lidah buaya sebagai bahan minuman es. Apakah tanaman lidah buaya dapat kita gunakan sebagai bahan es, bagaimanakah rasanya, bagaimanakah kandungan mineral-nya, apakah mengandung nilai ekonomis yang tinggi jika kita membuat es dari tanaman ini? Ya, semua pertanyaan itu akan kita coba temukan melalui penelitian karya ilmiah yang akan dilakukan.

Sebagai pelajar sekolah menengah atas kita memiliki peluang dalam membuktikan karya-karya unik dan bermanfaat seperti Contoh Kir Es Dawet Lidah Buaya yang satu ini. Karena itu mari bersama-sama kita coba buktikan secara ilmiah kebaikan dari pemikiran atau ide tersebut dengan melakukan penelitian yang sungguh-sungguh dan dapat dipertanggungjawabkan.

Persiapan Penelitian Kir Pemanfaatan Tanaman Lidah

Khusus untuk kita yang tertarik dengan ide unik ini kita akan melakukan beberapa persiapan terkait penelitian karya ilmiah remaja yang akan kita lakukan. Persiapan tersebut yaitu sebagai berikut:
  1. Menentukan waktu dan tempat penelitian
  2. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
  3. Menyiapkan sumber referensi tertulis yang berkaitan
Dengan beberapa persiapan tersebut semoga penelitian yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Setelah melakukan persiapan, dan semua dirasa cukup kita dapat langsung melakukan penelitian tersebut.

Dalam melakukan penelitian satu hal yang perlu diingat adalah bahwa kita harus membuat dokumentasi yang lengkap tentang apa-apa yang dilakukan serta bagaimana cara kerja kita. Dokumentasi tersebut nantinya akan kita gunakan dalam penyusunan laporan hasil uji coba yang berbentuk karya tulis ilmiah.

Untuk dapat membantu dalam persiapan dan pelaksanan kegiatan ini berikut tak lupa disertakan sebuah draft daftar isi Contoh Kir Es Dawet Lidah Buaya yang dapat memberikan gambaran mengenai apa dan bagaimana penelitian karya ilmiah tersebut akan kita lakukan.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penelitian
1.4 Manfaat Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Kajian Teori
2.2 Rumusan Hipotesis

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Sasaran Penelitian ( Populasi dan Sampel )
3.2 Instrumen (alat dan bahan)
3.3 Prosedur Pelaksanaan Penelitian
3.4 Jadwal Penelitian

BAB IV DATA DAN HIPOTESIS
4.1 Uji Hipotesis
4.2 Tabel Pengamatan
4.3 Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran

LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA

Berbekal contoh draft daftar isi tersebut kita dapat menyusun langsung hasil percobaan yang kita lakukan menjadi sebuah bentuk karya tulis ilmiah remaja yang dapat digunakan sebagai bahan belajar banyak orang.

Contoh Pendahuluan Kir Minuman Es Dawet Lidah Buaya

Masih dalam rangka persiapan, berikut silahkan dipelajari dengan seksama contoh bab pendahuluan sebuah karya ilmiah remaja tentang pemanfaatan lidah buaya sebagai bahan pembuatan es dawet.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Lidah buaya (Aloe vera ) merupakan salah satu tanaman hias yang sering kita lihat berada di pekarangan rumah.Beberapa keunggulan kompara-tif dari tanaman lidah buaya antara lain pemeliharaannya yang relatif mudah, produksi relatif lebih tahan lama dari pada produk hortikultura lainnya (tidak mudah busuk) dan gangguan hama/penyakit relatif kecil. Prospek pengusahaan tanaman ini juga ditunjang dengan kenyataan bukti-bukti manfaat dan kegunaan lidah buaya yang sangat luas misalnya untuk pengobatan sampai kosmetik/kecantikan.

Masalahnya, sekarang pemanfaatan lidah buaya (Aloe vera) hanya untuk pengobatan dan kosmetik. Padahal lidah buaya (Aloe vera ) bisa diolah menjadi sumber makanan baru yang bisa lebih bermanfaat dan mempunyai harga jual yang cukup tinggi.

Bertitik tolak dari uraian diatas, maka menarik untuk dilakukan suatu penelitian tentang “Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloe vera) Sebagai Bahan Penunjang Bahan Makanan Alternatif yaitu membuat “Es Dawet Lidah Buaya”.

1.2 Rumusan Masalah
Dalam penyusunan makalah ini, saya merumuskan masalah yang akan kami paparkan dalam pembahasan yaitu mengenai cara pembuatan “Es Dawet Lidah Buaya” .

1.3 Tujuan Penelitian
Awalnya tujuan pembuatan makalah ini yaitu untuk memenuhi tanggung jawab saya sebagai murid SMAN dalam mata pembelajaran Bahasa Indonesia mengenai karya ilmiah yang telah diberikan oleh Bapak sebagai guru pembimbing kami dalam pembelajaran Bahasa indonesia.

Namun, seiring dalam proses pembuatan makalah ini saya menyadari bahwa betapa pentingnya mengetahui bagaimana cara yang baik untuk mengelola suatu kekayaan alam sekitar kita ini. Dan penting bagi kita untuk mengetahui,memahami, manfaat lidah buaya dalam pembuatan es dawet.

1.4 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang kita dapat temukan dalam makalah ini antara lain :
  • Memberikan kita pengetahuan mengenai tanaman lidah buaya khususnya dalam pemanfaatannya.
  • Penggunaannya pun tidak hanya untuk kecantikan / kosmetik semata, tapi juga sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan es dawet lidah buaya.
  • Dapat mengetahui bagaimana cara pengolahan es dawet dari lidah buaya.
Dari hasil penelitian yang telah saya lakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa lidah buaya tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, tetapi juga dapat dikonsumsi. Selain itu lidah buaya juga memiliki manfaat sebagai obat dan baik untuk dikonsumsi.

Lidah buaya juga memiliki bau yang kurang enak dan juga banyak lendir, sehingga untuk menghilangkan bau dan lendir tersebut, kami merendam lidah buaya tersebut dengan air jeruk nipis.

Dan lidah buaya yang telah direndam dengan air jeruk nipis dapat dijadikan bahan baku alternatif dalam pembuatan es dawet. Karena bila tidak direndam dengan air jeruk nipis, lendirnya dan amisnya tidak akan hilang dan juga teksturnya kurang kenyal.

Dari segi ekonomi pun, kita jadi bisa menghemat pengeluaran dengan cara memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan alternatif pembuatan es dawet.

Contoh Kir Minuman Es Dawet Lidah Buaya
http://q.gs/6sO5R

)* copy paste link di atas untuk menyalin contohnya

Dengan contoh bab tersebut maka berakhirlah sedikit uraian mengenai Contoh Kir Es Dawet Lidah Buaya yang dapat disajikan pada blog ini. Silahkan gunakan sebagai bahan referensi bagi sobat semua yang membutuhkan.

Jangan lupa untuk mencatat alamat blog ini agar lebih mudah jika kita membutuhkan contoh karya ilmiah remaja lainnya. Sampai disini, sampai jumpa di contoh karya selanjutnya.