Makalah Tentang Gempa Bumi

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah tentang Gempa Bumi -Malam tadi melihat berita tentang bencana banjir dan beberapa prediksi tentang gempa yang dapat melanda bumi pertiwi. Sedikit cemas mendengar berita itu saya berharap tidak akan ada lagi bencana seperti itu yang dapat menimpa kita semua. 

Terinspirasi dengan hal tersebut, saya berniat mengulas sedikit mengenai contoh makalah yang membahas tentang gempa bumi. Contoh makalah ini pernah di susun oleh sobat pelajar dari salah satu sekolah menengah kejuruan yang mengulas tentang macam-macam gempa bumi dan cara menanggulanginya. 

Tujuan pembahasan contoh kali ini ada dua titik berat. Yang pertama diharapkan kita bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk bahan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana. Khususnya bencana gempa bumi.

Yang kedua diharapkan kita mendapatkan ilmu yang lebih banyak mengenai penyusunan makalah atau karya tulis. Maka dari itu kami mengajak untuk mempelajari contoh tersebut. Seperti apa, silahkan disimak ulasannya berikut!

A. Mengintip Sekilas Tentang Makalah Gempa Bumi

Makalah gempa bumi adalah sebuah makalah yang tentunya akan membahas seputar bencana gempa. Semakin lengkap pembahasan atau materi mengenai gempa bumi tersebut maka akan semakin informatif makalah yang disusun.

Beberapa pembahasan yang mungkin dapat disertakan dalam makalah tersebut antara lain beberapa informasi sebagai berikut:

  • Pengertian gempa bumi
  • Macam-macam gempa bumi
  • Penyebab terjadinya gempa bumi
  • Dampak terjadinya bencana gempa bumi
  • Penanggulangan bencana gempa bumi

Informasi mengenai gempa bumi tersebut dapat dikemukakan dan dibahas dalam makalah tersebut. Meski demikian informasi-informasi tersebut bukanlah satu-satunya informasi yang dapat disajikan dan tidak harus informasi seperti demikian. 

Tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita dalam menyusun materi yang ada. Informasi di atas merupakan sekilas materi tentang makalah gempa bumi yang dapat disiapkan.

B. Salin Contoh Makalah Tentang Gempa Bumi

Untuk contoh makalah tentang gempa bumi yang lengkap belum dapat dibagikan secara langsung pada kesempatan ini. Sebagai gantinya sobat semua dapat memanfaatkan contoh dari bab I pendahuluan yang ada berikut.

BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Sampai saat ini bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat mendukung kelangsungan hidup seluruh makhluk, diantara planet-planet anggota tata-surya lainnya. Oleh karenanya pengetahuan mengenai bumi dianggap sangat vital guna kelangsungan hidup penghuninya termasuk manusia.

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa

bumi biasa disebabkan oleh pergerakankerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.

B. Rumusan Masalah
  1. Apakah yang dimaksud dengan gempa bumi ?
  2. Apakah yang menjadi penyebab terjadinya gempa bumi?
  3. Bagaimana dampak yang ditimbulkan gempa bumi terhadap kehidupan manusia dan cara penanganannya?

C. Tujuan
Agar kita mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi, sejarah gempa bumi dan dampak yang ditimbulkan terhadap kehidupan manusia.

Lain waktu jika dimungkinkan contoh makalah gempa bumi lengkap akan dibagikan secara langsung melalui tautan yang ada di bawah ini agar sobat yang membutuhkan akan lebih mudah dalam mempelajarinya.

Sebagai tambahan, jika sobat ingin lebih mudah dalam menyusun makalah ini, silahkan ikuti contoh draft daftar isi yang disertakan pada bagian sebelumnya. Sobat dapat langsung mencari berbagai materi yang tercantum disana untuk kemudian menyusunnya dalam bentuk karya tulis makalah.

Download Makalah Tentang Gempa Bumi
Salin Contoh Makalah  Gempa Bumi
[Download]


Dengan membahas mengenai contoh makalah tentang gempa bumi untuk tugas semoga kepekaan kita terhadap bencana gempa bumi dapat meningkat dan tahu apa dan bagaimana yang harus dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir kerusakan dan kerugian sebagai dampak bencana gempa bumi. Terima kasih, sampai bertemu makalah geografi lainnya.