Contoh Makalah tentang Tari Kontemporer

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah tentang Tari Kontemporer. Untuk mata pelajaran seni budaya dan kesenian atau juga seni tari ada kalanya kita harus membuat sebuah makalah yang membahas mengenai suatu tarian tertentu. Kali ini, kita akan belajar bagaimana cara menyusun sebuah makalah seni tari yang membahas tentang tari kontemporer. Pembahasan ini akan dilengkapi dengan contoh dan langkah-langkah penyusunan makalah tari tersebut.

Jika kita akan membuat sebuah makalah tentang tari kontemporer hal itu berarti kita akan menyajikan berbagai informasi mengenai tari kontemporer. Jika kita menyusun makalah mengenai salah satu tarian kontemporer maka kita akan memberikan detail mengenai tari kontemporer tersebut seperti pada contoh makalah yang akan diberikan kali ini.

Isi Pembahasan Makalah Tari Kontemporer

Sebelum lebih jauh dalam penyusunan makalah ini kita akan membuat rangkuman atau draft terlebih dahulu mengenai isi dan informasi apa saja yang akan disampaikan dalam makalah yang akan kita buat. Untuk gambaran mengenai isi makalahnya mari kita pelajari sebuah draft daftar isi yang sudah dipersiapkan berikut ini.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Tari Kontemporer Kenyo Mendres
2.2 Tema Tari Kenyo Mendres
2.3 Bentuk Penyajian
2.3.1 Ragam Gerak
2.3.2 Kostum
2.3.3 Musik Pengiring
2.3.4 Tata Panggung

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran

Dengan draft tersebut di atas tentunya kita akan lebih mudah dalam menyusun makalah yang diperlukan karena isi dan pembahasannya sudah jelas. Jadi bagi rekan pelajar yang sedang membuat makalah mengenai tari kontemporer dapat mencontoh daftar isi di atas sebagai bahan.

Contoh Makalah tentang Tari Kontemporer Kenyo Mendres Lengkap

Untuk oleh-oleh sobat semua berikut sudah disiapkan sebuah contoh makalah tentang tari kontemporer kenyo mendres yang dapat digunakan sebagai bahan belajar untuk memperluas pengetahuan kita mengenai tari kontemporer dan juga untuk membantu dalam penyusunan makalah yang dibutuhkan. Silahkan dipahami contohnya di bawah ini.



BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Sejak jaman munculnya tari, kesenian ini memiliki beberapa fungsi, di antaranya sebagai sarana upacara, penyembuhan, hiburan dan lain sebagainya. Bahkan Sejak jaman prasejarah telah dikenal tari berburu, tari minta hujan, tari keselamatan. Walaupun bentuk dan coraknya masih sangat sederhana namun hal tersebut menunjukan bahwa seni tari menjadi kebutuhan yang penting bagi dasar kehidupan manusia yang tidak bisa ditinggalkan. Dalam perkembangan selanjutnya fungsi seni mulai bergeser, meskipun tidak hilang sama sekali. Misalnya saja fungsi sebagai tarian upacara mulai ditinggalkan. Hal ini mungkin disebabkan adanya gempuran yang hebat dalam industri wisata, atau mungkin juga karena kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sudah menjangkau di wilayah pelosok-pelosok pedusunan, sehingga masyarakat mulai berpikir ulang dengan hal-hal yang berbau mitos.

Apapun alasan bergesernya fungsi seni tari, tidak menyebabkan perkembangan kesenian ini menjadi mandeg. Bahkan bisa dikatakan perkembangannya cukup pesat, bermacam-macam jenis tarian baik tunggal, berpasangan, kelompok diciptakan oleh banyak seniman tari. Tidak terbatas pada wilayah akademis saja, namun banyak seniman-seniman otodidak yang karyanya bahkan mampu menembus dunia Internasional. Kenyataan ini secara tidak langsung menumbuhkan semangat saya untuk berkespresi lewat gerak, bukan karena saya seniman tari, tetapi sebagi pendidik yang menggeluti bidang seni saya merasa terpanggil untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan (dalam kerangka yang luas) melalui seni tari. Apalagi semenjak diterapkannya kurikulum KTSP, banyak sekolah yang mencantumkan pelajaran seni tari pada muatan lokalnya.

Di samping hal tersebut, di sekitar wilayah dimana saya tinggal (kabupaten Magelang) marak dengan kelompok-kelompok kesenian yang menggeluti bidang tari entah seni kerakyatan, kontemporer, maupun yang lainnya. Hal ini menunjukan bahwa apresiasi masyarakat terhadap kesenian ini semakin meningkat.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang penelitian diatas maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah yang dimaksud dengan tari kontemporer kenyo menders?”

1.3 Tujuan
Tujuan disusunnya makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran seni budaya dan kesenian yang diberikan. Selain itu, makalah ini diharapkan juga dapat memberikan informasi yang berguna bagi pembaca yang membutuhkan.

Penggalan di atas merupakan contoh lengkap makalah tari kontemporer kenyo mendres yang dapat disertakan pada uraian ini. Yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai contoh makalah ini dapat menghubungi admin blog atau dapat langsung mencari informasi yang dibutuhkan di google dengan mengetik Contoh Makalah tentang Tari Kontemporer Kenyo Mendres Lengkap. Semoga contoh karya tulis yang diberikan pada kesempatan ini dapat berguna bagi kita semua.