Makalah Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Sistem Kekebalan Tubuh - Salah satu materi pelajaran yang banyak digunakan sebagai bahan penyusunan makalah adalah materi biologi tentang sistem kekebalan tubuh manusia. Pada kesempatan ini kita akan membahas lebih jauh mengenai contoh makalah lengkap mengenai materi tersebut. Yang sedang menyusun makalah seperti ini dan membutuhkan contoh silahkan simak berikut.

Sesuai dengan judul yang ada, Makalah Sistem Kekebalan Tubuh tentu akan membahas segala detail mengenai sistem kekebalan tubuh manusia. Beberapa informasi atau materi yang bisa dibahas dalam makalah ini antara lain sebagai berikut:

- Pengertian
- Fungsi sistem imun
- Macam-macam sistem kekebalan tubuh
- Jenis-jenis Antibodi
- Faktor-faktor yang merendahkan sistem keimunan
- Penyakit akibat ketidakseimbangan sistem imun

Dari beberapa contoh materi di atas sebenarnya kita akan dengan mudah menyusun makalah ini karena kita sudah tahu apa saja yang harus disajikan dalam makalah tersebut. Dari materi di atas, kita bisa membahas keseluruhan materi atau bisa juga fokus pada satu pembahasan yang lebih lengkap dan lebih objektif. Mudah bukan untuk menyusun Makalah Sistem Kekebalan Tubuh tersebut?

Materi pada contoh di atas tentunya kita letakkan pada bab isi dalam makalah lain. Untuk isi lain dari awal susunannya sebagaimana terlihat pada contoh daftar isi berikut:

Daftar Isi

Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi

Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan 

Bab II Pembahasan
Isi Sesuai dengan materi yang dikehendaki

Bab III Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran

Daftar Pustaka

Semakin jelas bukan bagaimana menyusun Makalah Sistem Kekebalan Tubuh Manusia ini? Pasti anda semua bisa dengan mudah membuat makalah tersebut. Untuk gambaran lebih lanjut silahkan pelajari juga contoh dari bab pendahuluan berikut!

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Untuk melawan benda asing, tubuh memiliki sistem pertahanan yang saling mendukung. Epidermis yang berfungsi sebagai pertahanan fisik, dibantu oleh airmata, sebum, ludah, dan getah lambung yang mengandung unsur pertahanan kimiawi.

Sistem pertahanan tubuh merupakan gabungan sel, molekul, dan jaringan yang berperan dalam resistensi terhadap bahan atau zat yang masuk kedalam tubuh. Jika bakteri pathogen berhasil menembus garis pertahanan pertama, tubuh melawan serangan dengan reaksi radang (inflamasi) atau reaksi imun yang spesifik. 

Reaksi yang dikoordinasikan sel-sel dan molekul-molekul terhadap banda asing yang masuk kedalam tubuh disebut respon imun. Sistem imun ini sangat diperlukan tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya yang dapat ditimbulkan oleh berbagai bahan atau zat dari lingkungan hidup

1.2 Tujuan
1. Agar lebih memahami Sistem kekebalan tubuh/sistem imun
2. Agar menambah wawasan dan memperbanyak ilmu
3. Memenuhi tugas lintas mata pelajaran sekolah

1.3 Rumusan dan Pembatasan Masalah

1.3.1 Rumusan
- Apa yang dimaksud dengan Sistem imun/ sistem kekebalan tubuh?
- Penyakit apa saja penyakit yang diakibatkan terganggunya sistem imun?
- Apa saja jenis-jenis antibodi?

1.3.2 Pembatas masalah
- Pengertian sistem imun
- Penyakit yang berhubungan dengan system imun

- Jenis-jenis antibodi

Keimunan badan kita mempunyai hubungan rapat dengan cara hidup dan makan kita. Jika badan dibekali dengan nutrisi yang mencukupi dan sesuai, sistem imun kita dapat diperkuat. Produk berkualitas seperti Phyto Greens, Jus Aloe Vera, Royal Spora Lingzhi dan Teh Hijau dapat meningkatkan daya ketahanan badan kita.

Kita dikelilingi oleh virus dan bakteri, oleh itu, adalah amat penting untuk memastikan sistem imun kita berfungsi dengan baik supaya dapat mempertahankan badan dan melawan dari pelbagai penyakit.

Agar dalam penyusunan karya ilmiah ini bisa memberikan manfaat yang besar maka penulis menyarankan:

- Jaga pola hidup yang sehat agar tidak mudah terserang penyakit
- memperhatikan setiap makanan yang akan dikonsumsi
- memelihara lingkungan yang bersih dan sehat

Contoh Lengkap Makalah Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Itulah tadi sedikit informasi mengenai bagaimana cara mudah menyusun makalah biologi yang banyak ditugaskan. Untuk yang membutuhkan contoh lengkap Makalah Sistem Kekebalan Tubuh ini bisa langsung download saja makalahnya dalam bentuk dokumen words melalui tautan yang disediakan. Sekian, terima kasih.