Contoh KIR Kulit Pisang Sebagai Sumber Gizi Alternatif

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh KIR Kulit Pisang Sebagai Sumber Gizi Alternatif - Siapa suka dengan pisang, hayoo…..ngaku aja hee e ee…. Bagi sobat yang suka pisang ingat ya, kalau abis makan pisang jangan lupa sama kulitnya karena sudah ada penelitian karya ilmiah remaja (KIR) kulit pisang yang membahas dan mencoba menggunakannya sebagai sumber gizi alternatif. 

Kata sobat pelajar yang pernah meneliti kir kulit pisang ini “lebih baik makan kulit pisang dari pada pisangnya”, ekstrem kan. Makanya, simak langsung aja uraian mengenai pembahasan KIR populer kali ini.

Cuplikan KIR Kulit Pisang 

Untuk dapat melihat gambaran dari isi penelitian yang dilaksanakan melalui kir kali ini, seperti biasanya saya akan menyertakan salinan cuplikan untuk kir kulit pisang yang akan kita ambil sebagai contoh dalam menyusun tugas karya ilmiah yang ada. Berikut cuplikan kir kulit pisang tersebut.

Bab I 
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
Pisang merupakan tanaman buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara, Brazil, dan India. Pisang menjadi buah yang penting di masyarakat Indonesia, karena pisang merupakan buah yang sering dikonsumsi dibandingkan dengan buah yang lain dan dikonsumsi tanpa memperhatikan tingkat sosial.

Indonesia merupakan penghasil pisang terbesar keenam di dunia. Bahkan di Asia, Indonesia merupakan penghasil pisang terbesar, karena hampir 50 % produksi pisang di Asia, dihasilkan oleh Indonesia, dan setiap tahun produksinya terus meningkat.1 Pisang juga memiliki kandungan gizi yang tinggi, dan memiliki tingkat antioksidan yang cukup tinggi. Berikut hasil penelitian dari Direktorat Jenderal Bina Reproduksi Holtikultura tentang kandungan gizi yang dimiliki pisang.

Di kabupaten Pamekasan, Jawa Timur sendiri, didapatkan data bahwa peoduksi pisang, dengan jumlah tanaman yang menghasilkan 298.193 pohon, produksi pertahun sebesar 184.074 ton. Ini merupakan hasil produksi holtikultura tertinggi dibandingkan dengan jenis holtikultura lainnya.

Bukan hanya buah pisang saja yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, namun bagian lain dari pohon pisang. Kulit pisang misalnya. Kulit pisang merupakan limbah pertanian yang cukup banyak ditemukan dimana-mana, sehingga dalam hal ini kulit pisang dapat dimanfaatkan menjadi suatu bahan/produk makanan oleh industri. Kali ini penulis mencoba mengungkapkan tentang manfaat tentang kulit pisang yang ternyata memiliki kandungan gizi yang tidak kalah banyaknya dari buah pisang. Tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan membuktikan kulit pisang yang diambil ekstraknya bermanfaat mengurangi gejala depresi. Hal ini disebabkan adanya kandungan serotonin pada kulit buah pisang. 

Tidak itu saja, hasil penelitian menyebutkan ekstrak kulit buah pisang bermanfaat untuk menjaga kesehatan retina mata. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin A, sejumlah serat dan berbagai mineral yang penting untuk tubuh. Bahkan buah pisang cocok untuk segala usia dari bayi sampai orang tua. Itu karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Siapa sangka, kulit buah pisang ternyata dapat dimanfaatkan. Kandungan gizi kulit pisang masih cukup tinggi. Berdasarkan sejumlah penelitian terungkap bahwa kulit pisang mengandung vitamin C, vitamin B, kalsium, protein, karbohidrat dan serat yang baik untuk tubuh.

Maka dari itu penulis sangat mengharapkan dengan adanya hasil karya ini, dapat memberikan motivasi lebih untuk masyarakat agar memanfaatkan kulit pisang, dan tidak membuang sembarangan sehingga mengakibatkan suatu hal yang mubazir dan dapat mencelakakan orang lain, juga supaya dapat menjadi jalan keluar untuk peristiwa kekurangan gizi yang masih melanda sebagian besar penduduk Indonesia, dikarenan harga kebutuhan pokok, dan makanan bergizi seperti susu, telur, lauk pauk berprotein tinggi yang harganya seakan semakin melambung tinggi.

1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam karya ilmiah ini meliputi:
  1. Bagaimanakah kandungan kimiawi kulit pisang? 
  2. Apa saja manfaat kulit pisang? 
  3. Bagaimana potensi kulit pisang sebagai sumber gizi manusia? 
  4. Bagaimana cara pemanfaatan kulit pisang dalam bentuk makanan? 
1.3 Tujuan Penelitian 
Adapun tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah :
  1. Mengembangkan suatu sumber gizi baru yang murah, bermanfaat, dan ramah lingkungan, serta nikmat dilidah. 
  2. Mengembangkan kulit pisang supaya tidak hanya menjadi limbah, dimana jika dibuang sembarangan akan membahayakan. 
  3. Mengetahui teknik pengolahan makanan dari kulit pisang seperti nata, kripik, selai, dsb. 
  4. Mengetahui kandungan gizi kulit pisang. 
1.4 Manfaat Penulisan 
Adapun manfaat dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah:
A. Manfaat Bagi Penulis
  1. Penulis dapat mengetahui manfaat dari kulit pisang 
  2. Penulis dapat terpacu untuk menemukan sumber gizi alternatif lain 
  3. Penulis dapat menemukan pemanfaatan lainnya dari kulit pisang 
  4. Penulis dapat terpacu untuk melakukan penelitian yang bersifat ilmiah 
  5. Penulis dapat menyalurkan pengetahuannya 
B. Manfaat Bagi Sekolah
  1. Sekolah dapat menunaikan tugasnya sebagai sarana pendidikan, dan ilmu pengetahuan 
  2. Sekolah mendapat pasokan sarana pengetahuan yang dapat dikembangkan lagi dan berguna bagi masyarakat luar 
  3. Sekolah dapat menjadi media pengembangan hal yang bersifat ilmiah dan bermanfaat 
C. Manfaat Bagi Masyarakat
  1. Masyarakat dapat mengetahui manfaat kulit pisang 
  2. Masyarakat memiliki pilihan sumber gizi alternatif yang murah, berguna. 
  3. Memotivasi masyarakat dalam menemukan sumber gizi baru yang ramah lingkungan. 
  4. Sumber gizi dari kulit pisang ramah lingkungan 

Salin KIR Kulit Pisang Sebagai Sumber Gizi Alternatif 

Dikarenakan akan tidak efektif jika saya menampilkan seluruh kir ini maka untuk sobat yang ingin mengambil contoh dari pembahasan kulit pisang sebagai sumber gizi alternatif ini maka saya akan memberikan alternatif salin download. Salin download yang saya maksud disini adalah untuk menyalin Contoh KIR Kulit Pisang Sebagai Sumber Gizi Alternatif ini secara keseluruhan dari awal sampai akhir pembahasan. Untuk menyalinnya silahkan ikuti tautan berikut:

Download Contoh KIR Kulit Pisang Sebagai Sumber Gizi Alternatif 

Jika sobat mengklik tautan diatas maka sobat akan diarahkan ke halaman download dimana sobat akan menyalin kir ini. Silahkan di salin jika memang dibutuhkan. Atau baca juga yang dibawah ini ya:
  1. Pemanfaatan Kulit Pisang Untuk Selai 
  2. Contoh KIR Kulit Jeruk Untuk Bahan Bakar
  3. Contoh KIR: Pemanfaatan Kulit Durian Di Indonesia 
  4. Kulit Pisang Sebagai Sumber Gizi Alternatif
  5. Zat Pada Ludah Manusia Dapat Percepat Penyembuhan Luka 
  6. Manfaat Ginseng
  7. Tentang Bahayanya Narkoba
  8. Dampak Pencemaran Air Oleh Limbah Pemukiman Pada Masyarakat
  9. Penggunaan Narkoba Dikalangan Para Remaja
  10. Pemanfaatan Daun Mimba
  11. Pencemaran Lingkungan oleh Limbah Pemukiman