Contoh Makalah Sistem Reproduksi Manusia Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Sistem Reproduksi Manusia - Berikut ini adalah sebuah contoh lain karya tulis yang banyak dijadikan tugas yaitu makalah biologi yang membahas lengkap mengenai sistem reproduksi manusia. Silahkan gunakan contoh berikut sebagai bahan belajar mengenai materi tersebut dan juga bahan untuk membuat tugas makalah yang ada. 

Sudah pasti, makalah ini akan membahas mengenai bagaimanakah sistem reproduksi yang ada pada manusia. Di dalamnya makalah ini akan berisi antara lain bab pendahuluan, bab pembahasan dan juga bab penutup. Pada bagian awal terdiri dari halaman judul (cover), kata pengantar, daftar isi dan halaman lain yang disesuaikan dengan tuntunan penulisan yang ada. Silahkan pelajari Makalah Sistem Reproduksi Manusia di bawah ini.


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Sistem reproduksi adalah sistem yang berfungsi untuk berkembang biak. Terdiri dari testis, ovarium dan bagian alat kelamin lainnya. Reproduksi atau perkembangbiakan merupakan bagian dari ilmu faal (fisiologi). Reproduksi secara fisiologis tidak vital bagi kehidupan individual dan meskipun siklus reproduksi suatu manusia berhenti, manusia tersebut masih dapat bertahan hidup, sebagai contoh manusia yang dilakukan vasektomi pada organ reproduksi nya (testes atau ovarium) atau mencapai menopause dan andropouse tidak akan mati. 

Pada umumnya reproduksi baru dapat berlangsung setelah manusia tersebut mencapai masa pubertas atau dewasa kelamin, dan hal ini diatur oleh kelenjar-kelenjar endokrin dan hormon yang dihasilkan dalam tubuh manusia.Reproduksi juga merupakan bagian dari proses tubuh yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan suatu generasi. 

Untuk kehidupan makhluk hidup reproduksi tidak bersifat vital artinya tanpa adanya proses reproduksi makhluk hidup tidak mati. Akan tetapi bila makhluk hidup tidak dapat bereproduksi maka kelangsungan generasi makhluk hidup tersebut terancam dan punah, karena tidak dapat dihasilkan keturunan (anak) yang merupakan sarana untuk melanjutkan generasi.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan masalah dalam pembuatan makalah ini, yaitu:
1. Bagaimana anatomi sistem reproduksi pria ?
2. Bagaimana fisiologi sistem reproduksi pria?
3. Apa saja hormon yang bekerja pada sistem reproduksi ?
4. Bagaimanakah siklus menstruasi terjadi?
5. Bagaimanakah terjadinya spermatogenesis ?

C. Tujuan
1. Mahasiswa mengetahui anatomi sistem reproduksi pria dan wanita
2. Mahasiswa mengetahui fisiologi organ reproduksi pria dan wanita
3. Mahasiswa mengetahui hormon-hormon yang bekerja pada sistem reproduksi
4. Mahasiswa mengetahui perkembangan sperma
5. Mahasiswa mengetahui siklus menstruasi..


Sistem reproduksi pria dan wanita berbeda. Pada reproduksi pria memiliki penis dan kelenjar testis untuk menghasilkan sperma, kematangan sel sperma di tandai dengan mimpi basah pada usia pubertas Pada system reproduksi wanita memiliki vagina dan ovarium untuk menghasilkan ovum. Kematangan sel telur atu ovum ditandai menarche pada usia antara 13-16 tahun. Apabila terjadi pertemuan antara sel sperma dan sel ovum akan terjadi kehamilan yang akan berkembang menjadi janin.

Pengetahuan mengenai seks & seksualitas hendaknya dimiliki oleh semua orang. Dengan pengetahuan yang dimiliki diharapkan orang tersebut akan dapat menjaga alat reproduksinya untuk tidak digunakan secar bebas tanpa mengetahui dampaknya, Pengetahuan yang diberikan harus mudah dipahami, tepat sasaran, dan tidak menyesatkan. Dengan demikian orang tersebut akan dapat menghadapi rangsangan dari luar dengan cara yang sehat, matang dan bertanggung jawab.

[Download]
Contoh Makalah Sistem Reproduksi Manusia Lengkap

Itulah tadi sedikit contoh untuk Makalah Sistem Reproduksi Manusia, silahkan gunakan sebagai referensi belajar. Semoga dengan adanya pembahasan ini tugas yang diberikan bisa cepat selesai. Jangan lupa cek dan pelajari juga beberapa contoh lainnya di bagian bawah.