Contoh Makalah tentang Akhlak Islami Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah tentang Akhlak - Pada kesempatan sebelumnya telah di bahas banyak contoh untuk makalah kesehatan baik itu untuk makalah penyakit maupun makalah pengobatan. Untuk berikutnya akan diberikan lagi sebuah contoh makalah yang membahas tentang "akhlak". Ingin tahu lebih banyak tentang akhlak Islami atau anda butuh contoh untuk menyusun tugas makalah, silahkan baca contohnya berikut.

Apa saja yang ada dalam makalah seperti ini? Dari judulnya pasti kita sudah bisa memperkirakan apa saja yang harus dibahas dalam karya tulis ini. Makalah tentang akhlak, bisa meliputi berbagai informasi mengenai akhlak mulai dari pengertian, ciri-ciri akhlak, contoh akhlak islami, dan lain sebagainya.

Kalau kita mengambil judul "Akhlak" maka pembahasan sebaiknya meliputi berbagai informasi yang lengkap dari pengertian sampai contoh, jenis atau pembagian dan lain sebagainya. Pembahasannya akan lebih umum atau general dan tidak terlalu fokus pada satu sisi. Untuk lebih jelasnya silahkan langsung pelajari Contoh Makalah tentang Akhlak berikut!

Bab pertama akan terdiri dari beberapa informasi awal yang harus disajikan untuk memberikan gambaran dasar kepada pembaca mengenai makalah yang akan disusun. Bagian ini terdiri dari latar belakang, tujuan penulisan, manfaat, dan juga rumusan masalah.

Dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim yang berpedoman pada ajaran-ajaran Islam dapat terpancar dari tingkah lakunya (akhlak) sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan sosialnya. Tingkah laku yang baik itulah mencerminkan sikap seorang muslim seperti yang di contoh kan oleh Nabi Muhammad SAW beliau merupakan contoh dan panutan kita sebagai seorang muslim. Bahkan Allah SWT dengan jelas berfirman di dalam Al-Quran mengenai akhlak Nabi yang harus kita contoh dan teladani, yang berbunyi: 


Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu uswatun hasanah (suri teladan yang baik) bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al-Ahzab ayat 21)

Nabi Muhammad SAW disegani tidak hanya oleh kaum muslimin, bahkan musuh kaum muslimin pada zaman itupun juga ikut menyegani Nabi karena sifat dan tingkah lakunya. Dari kecil hingga dewasa beliau merupakan sosok yang dikenal memiliki tingkah laku atau akhlak yang mulia, misalnya beliau dipanggil dengan gelar Al-amin artinya orang yang dapat dipercaya. Beliau sangat sayang dan menyantuni anak yatim serta kaum dhuafa. Dan masih banyak lagi sifat serta tingkah laku beliau yang patut kita contoh.

Akhlak bisa dibentuk melalui kebiasaan. Seseorang yang mengerti benar akan kebiasaan perilaku yang diamalkan dalam pergaulan semata-mata taat kepada Allah dan tunduk kepada-Nya merupakan ciri-ciri orang yang mempunyai akhlak. Oleh karena itu seseorang yang sudah benar-benar memahami akhlak maka dalam bertingkah laku akan timbul dari hasil perpaduan antara hati nurani, pikiran, perasaan, bawaan dan kebiasaan yang menyatu membentuk suatu kesatuan tindakan akhlak yang dihayati dalam kenyataan hidup keseharian.Dengan demikian memahami akhlak adalah masalah fundamental dalam Islam. Namun sebaliknya tegaknya aktifitas keislaman dalam hidup dan kehidupan seseorang itulah yang dapat menerangkan bahwa orang itu memiliki akhlak. Jika seseorang sudah memahami akhlak dan menghasilkan kebiasaan hidup yang baik, yakni pembuatan itu selalu diulang-ulang dengan kecenderungan hati (sadar).

Tidak bisa dipungkiri, untuk menjadi manusia yang dihormati dan disegani oleh masyarakat sekitar kita harus memiliki kepribadian yang bagus dan akhlak yang mulia. Tidak ada satu orang hebatpun di dunia ini yang tidak memiliki akhlak yang bagus. Sehebat dan sepintar apapun kita kalau akhlak dan kepribadian kita jelek dimata masyarakat, maka kita akan dikucilkan dan tidak dianggap di masyarakat.

Akhlak merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan dimanapun kita berada. Dewasa ini banyak sekali anak yang menentang dan melawan terhadap orang tunya, ini merupakan fenomona yang lazim terjadi di masyarakat kita, akhlak seorang anak terhadap orang tua sudah sangat menghawatirkan. Mereka bisa bersikap baik dengan teman tapi tidak bisa bersikap baik kepada orang tua, ini merupakan contoh kecil dari penyelewengan akhlak yang sering dilakukan oleh remaja dan anak zaman sekarang.

Contoh Makalah tentang Akhlak Islami Lengkap
Contoh Makalah tentang Akhlak Islami Lengkap
http://adf.ly/qjZlA
)* copy paste link di atas untuk menyalin makalah lengkapnya

Akhlak merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan kita, akan menjadi apa kita kedepannya tergantung dari akhlak kita. Sebagai hamba Allah yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu berbuat baik dan meninggalkan segala sesuatu yang buruk.

Sumber dari semua akhlak mahmudah di dunia ini hanya satu, yaitu yang terdapat pada diri Nabi Muhammad SAW, bila kita mencontoh dan mengamalkan akhlak beliau dalam kehidupan sehari-hari maka bisa dipastikan kita akan selamat dunia dan akherat.

Daftar Pustaka

Kartini, Kartono, Dr., (2005). Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, E. S., (2007).Hukum Dalam Ekonomi.Jakarta: Grasindo.

Pindyck, R. S., Rubinfeld, D., (2005). Microeconomics, sixth edition. New Jersey: Prentice Hall.

Ilmu Dari Simba. (2013, 3 Januari). Contoh Makalah Akhlak. Diperoleh 24 September 2013, dari http://simba-corp.blogspot.com/2012/03/makalah-akhlak.html

Citra Riski Blog. (2013, 18 Mei). Makalah Akhlak Islami. Diperoleh 24 September 2013, dari http://citrariski.blogspot.com/2011/02/makalah-akhlak-islami.html

Agama Islam. (2011, 21 Agustus). Akhlak Mahmudah dan Akhlak Madzmumah. Diperoleh 24 September 2013, dari http://www.belajaragamaislam.blogspot.com/

Ilmu Islam. (2012, 14 September). Pengertian Akhlak. Diperoleh 24 September 2013, dari http://www.ilmuislam.blogspot.com/

Gudang Ilmu. (2012, 26 Maret). Monopoli dan Perdagangan Dalam Islam. Diperoleh 25 September 2013, dari http://www.gudangilmu.blogspot.com/

Qur’an. The Noble Qur’an. Diperoleh 25 September 2013, dari http://quran.com/

Jamal Beta. (2012, 27 September). Akhlak seorang anak kepada orang tua. Diperoleh 5 Oktober 2013, darihttp://jamalbeta.blogspot.com/

Ietha Fairuz. (2013, 14 Juli). AKHLAK TERHADAP TEMAN SEBAYA. Diperoleh 5 Oktober 2013, darihttp://iethafairuz.blogspot.com/2013/07/akhlak-terhadap-teman-sebaya.html

Eka Chuby. (2007, 19 Desember). Pergaulan Remaja Masa Kini. Diperoleh 6 Oktober 2013, dari http://ekachuby.blogspot.com/2007/12/pergaulan-remaja-masa-kini.html