Contoh Makalah tentang Pendapatan Nasional Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Pendapatan Nasional - Ingin belajar lebih dalam mengenai pendapatan nasional? Disini akan disertakan sebuah contoh makalah lengkap yang membahas tema tersebut. Anda bisa belajar banyak tentang hal ini, bisa belajar menyusun makalah dan tentunya bisa belajar mengenai materi yang dipilih. Mau?

Sebagaimana dalam penulisan makalah lain, makalah ini akan terdiri dari beberapa bab yaitu bab pertama pendahuluan, bab kedua pembahasan atau isi dan bab ketiga penutup. Pada bab satu terdiri dari latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan penulisan. Pada bab terakhir akan memuat mengenai kesimpulan dan saran. Untuk bab pembahasan akan terdiri dari beberapa informasi sebagai berikut:

a. Pengertian pendapatan nasional
b. Konsep pendapatan nasional
c. Penghitungan pendapatan nasional
d. Manfaaat pengitungan pendapatan nasional
e. Faktor yang mempengaruhi pendapatan nasional

Setelah mendapatkan gambaran mengenai Materi Makalah tentang Pendapatan Nasional di atas silahkan dipelajari langsung contoh lengkapnya sebagai berikut!

Seorang manusia membutuhkan materi (uang) untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang begitu banyak. Materi (uang) sangat berkaitan dengan pendapatan, dalam hal ini materi (uang) merupakan salah satu bentuk pendapatan. Lalu apa itu pendapatan? Dalam pengertian umum, pendapatan adalah hasil pencaharian berupa uang atau materi lainnya yang didapat dari suatu usaha, yang kemudian akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Jadi, pendapatan memegang peranan penting dalam kehidupan seorang manusia, dengan pendapatan yang berupa materi mereka dapat membuat peramalan, perencanaan, dan pengaplikasian yang lebih baik dalam kehidupannya, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan hidupnya.

Contoh, seorang pegawai negeri memperoleh pendapatan (gaji) setiap bulan, dari jumlah pendapatannya itu dia akan membuat suatu anggaran pengeluaran seperti biaya makan, listrik, air, dan lain-lain untuk jangka waktu satu bulan. Dia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya sesuai dengan banyaknya pendapatan yang diperoleh. 

Pendapatan menjadi aspek yang sangat penting dari setiap bentuk usaha. Di Negara kita ini, berbagai sektor usaha seperti pertanian, perkebunan, industri, pariwisata, perbankan dan masih banyak sektor yang lain berlomba-lomba menghasilkan pendapatan yang tinggi guna menghidupi usaha yang mereka jalani agar tetap bisa bertahan. Di lain sisi, kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh berbagai sektor tersebut juga akan memberikan pendapatan nasional bagi Negara. 

Pendapatan nasional adalah ukuran nilai output berupa barang dan jasa yang dihasilkan suatu Negara dalam periode tertentu atau jumlah seluruh pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam suatu Negara dalam satu tahun.

Pendapatan nasional memiliki peran yang sangat vital bagi sebuah Negara, karena pendapatan nasional merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan perekonomian suatu Negara. Dengan pendapatan nasional, akan terlihat tingkat kemakmuran suatu Negara, semakin tinggi pendapatan nasional suatu Negara maka dapat dikatakan semakin tinggi juga tingkat kesejahteraan rakyatnya. 

Namun, sesungguhnya pendapatan nasional suatu Negara tidak dapat sepenuhnya dijadikan sebagai indikator naiknya tingkat kesejahteraan rakyat di suatu negara. Sebagai contoh, meskipun pendapatan nasional Indonesia pada tahun 2010 naik dari tahun sebelumnya, tetapi tetap saja masih (sangat) banyak rakyat Indonesia yang sampai saat ini hidup di bawah garis kemiskinan.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Tentu kita harus mencermati bahwa pendapatan nasional merupakan kumpulan pendapatan dari setiap kegiatan perekonomian berbagai sektor yang terdapat pada suatu negara dalam periode satu tahun, jadi ada kemungkinan terjadinya kesenjangan pendapatan antar daerah di Negara ini.

Kesenjangan pendapatan antar daerah terjadi dapat disebabkan oleh letak geografis suatu daerah, tingkat kecerdasan rakyat pada suatu daerah, dan jumlah lapangan kerja di suatu daerah. Nah, kesenjangan pendapatan antar daerah inilah yang menyebabkan tingkat kemiskinan di Indonesia masih sangat tinggi.

Bertolak dari latar belakang di atas maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:
  1. Pendapatan nasional adalah ukuran nilai output berupa barang dan jasa yang dihasilkan suatu Negara dalam periode tertentu atau jumlah seluruh pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam suatu Negara dalam satu tahun.
  2. Konsep pendapatan nasional adalah sebagai berikut produk domestik bruto (GDP), produk nasional bruto (GNP), pendapatan nasional netto (NNI), pendapatan perseorangan (PI), Pendapatan yang siap dibelanjakan (DI).
  3. Cara untuk menghitung pendapatan nasional dengan cara pendekatan produksi, pendekatan pendapatan, dan pendekatan pengeluaran.
  4. Manfaat penghitungan pendapatan nasional adalah agar pemerintah dapat menelaah kembali struktur perekonomian yang kemudian dapat dijadikan bahan untuk membuat kebijakan, dapat mengetahui tingkat penyebaran pendapatan yang kurang merata antar daerah, dengan begitu pemerintah dapat membuka lapangan kerja baru di daerah yang berpendapatan rendah, pemerintah dapat menentukan besarnya kontribusi berbagai sektor perekonomian terhadap pendapatan nasional. Maksudnya, pemerintah dapat meningkatkan sektor-sektor tertentu yang kurang memberikan kontribusi bagi pendapatan nasional, dapat membandingkan kemajuan perekonomian dari waktu ke waktu, sehingga dapat dijadikan sebagai landasan perumusan kebijakan.
  5. Faktor yang mempengaruhi pendapatan nasional adalah permintaan dan penawaran agregat, konsumsi dan tabungan, dan investasi.
  6. Pengeluaran Aggregate dapat dikelompokkan atas empat komponen, yaitu pengeluaran konsumsi rumah tangga, pengeluaran investasi oleh pengusaha (bisnis), pengeluaran pemerintah, dan permintaan luar negeri.

Demikian tadi sedikit gambaran materi untuk makalah pendapatan nasional yang sedang dipelajari. Mudah-mudahan apa yang disampaikan di atas bisa digunakan sebagai bahan referensi tambahan. Lain waktu kita akan kaji lebih jauh mengenai tema ini.

Contoh Makalah tentang Pendapatan Nasional Lengkap
Contoh Makalah tentang Pendapatan Nasional Lengkap
http://adf.ly/qjZl9
)* copy paste link di atas untuk menyalin contohnya

Di situs ini tidak hanya ada makalah di atas. Untuk tema ekonomi ada banyak makalah yang bisa dipelajari dan dijadikan contoh. Silahkan bagi yang membutuhkan contoh lain langsung menuju ke kategori makalah ekonomi.

DAFTAR PUSTAKA

http://lyasudiro.blogspot.com/2012/03/pendapatan-nasional.html

id.wikipedia.org/wiki/Pendapatan_nasional

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/06/pertemuan-ke-tujuh-a1-perputaran-roda-perekonomian/