Contoh Makalah Manajemen Strategi Perusahaan

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Manajemen Strategi Perusahaan - Yang akan kita bahas adalah mengenai strategi yaitu pada sebuah perusahaan. Disini yang akan dibahas adalah bagian awal saja agar anda memiliki gambaran cara menyusun makalah yang ditugaskan tersebut. Jika anda sedang menyusun makalah seperti ini silahkan ikuti penjelasan singkat berikut!

Untuk makalah ini bagian awalnya sama saja dengan berbagai makalah yang sudah dibahas sebelumnya. Bagian awal tersebut antara lain terdiri dari:
a. Halaman judul
b. Kata pengantar
c. Daftar isi

Anda bisa menyusun bagian awal tersebut dengan melihat berbagai contoh halaman makalah yang sebelumnya telah diberikan. Tidak banyak berbeda, yang berbeda hanya materinya saja jadi anda bisa dengan mudah membuatnya.

Selanjutnya, untuk isi, makalah tentang manajemen strategi yang membahas mengenai sebuah perusahaan yaitu PT Aqua Golden Mississippi Tbk akan terdiri dari berbagai informasi yaitu antara lain sebagai berikut:
1. Sejarah perusahaan
2. Strategi perusahaan
3. Organisasi internal dan personil
4. Penerapan strategi dalam tata kelola perusahaan
5. Alternatif strategi perusahaan dalam menghadapi persaingan
6. Visi dan misi perusahaan

Jelas bukan? Anda bisa menyusunnya dengan membuat draft makalah terlebih dahulu dan mencari berbagai referensi dan bahan sesuai draft tersebut. Untuk gambaran bagi anda yang merasa sedikit bingung bisa melihat cuplikan isi dari makalah tersebut. Berikut untuk anda pelajari beberapa cuplikan makalahnya.

A. Latar Belakang
Tujuan utama yang diharapkan oleh suatu perusahaan dalam kegiatan usahanya adalah mencapai laba atau nilai yang optimal dengan menggunakan sumberdaya secara efektif dan efisien untuk kelangsungan hidup perusahaan. Dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan, pihak-pihak yang terlibat paling dominan adalah pihak manajemen dan para pemegang saham. Guna mencapai tujuan perusahaan tersebut, pihak manajemen memiliki tujuan untuk mempertahankan keberhasilan yang akan dicapai dengan melihat kelemahan dan kekuatan yang terdapat dalam perusahaan serta menjalankan kebijaksanaan perusahaan dengan baik dan tepat. Kebijaksanaan tersebut meliputi bidang Pemasaran, Keuangan, Sumberdaya Manusia, Produksi dan sebagainya sehingga memerlukan tinjauan manajmen strategi tertentu.

Mengingat PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk merupakan perusahaan yang cukup besar, yaitu sebagai perusahaan yang mempelopori usaha air minum dalam kemasan di Indonesia sejak tahun 1973. Maka dari itu, pengelolaan modal kerja dalam perusahaan sangat memerlukan perhatian khusus. Perusahaan juga berkepentingan untuk menjaga profitabilitasnya dengan baik agar kondisi krisis yang dialami Indonesia tidak berimbas pada perusahaan sehingga perusahaan akan mampu memperoleh laba di dalam menjalankan usahanya.

Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk menganalisis mengenai modal kerja serta kekuatan dan kelemahan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk dalam memperoleh laba atas penggunaan modalnya, terutama dalam hal ini PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk sebagai perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) berusaha untuk tetap menjaga merk, kemasan, dan produknya sebagai kepuasan pelanggan.

A. Sejarah Perusahaan
PT AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Ide mendirikan perusahaan AMDK timbul ketika Tirto bekerja sebagai pegawai Pertamina pada awal tahun 1970-an dan pegawai Petronas pada awal dekade 1980-an. Ketika itu Tirto bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan karena mengonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan. Ia dan saudara-saudaranya mulai mempelajari cara memproses air minum dalam kemasan di Bangkok, Thailand, Ia meminta adiknya, Slamet Utomo untuk magang di Polaris, sebuah perusahaan AMDK yang ketika itu telah beroperasi 16 tahun di Thailand. Tidak mengherankan bila pada awalnya produk Aqua menyerupai Polaris mulai dari bentuk botol kaca, merek mesin pengolahan air, sampai mesin pencuci botol serta pengisi air, karena di Indonesia sama sekali tidak ada. Atasan Tirto, Ibnu Sutowo juga mengatakan : “Aneh Tirto iki, banyu banjir kok diobokke dalam botol”.

Tirto mendirikan Pabrik pertamanya di Pondok Ungu, Bekasi, dan menamai pabrik itu PT Golden Mississippi dengan kapasitas produksi enam juta liter per tahun.Tirto sempat ragu dengan nama PT Golden Mississippi yang meskipun cocok dengan target pasarnya, ekspatriat, namun terdengar asing di telinga orang Indonesia. Sebelum bernama Aqua, dahulu bernama Puritas (nama lain dari Pure Artesian Water), yang berlogo daun semanggi. Tetapi, Eulindra Lim, mengusulkan untuk menggunakan nama Aqua karena cocok terhadap imej air minum dalam botol serta tidak sulit untuk diucapkan. Ia setuju dan mengubah merek produknya dari Puritas menjadi Aqua, karena kata Puritas sulit diucapkan. Dua tahun kemudian, produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dengan harga jual Rp.75, hampir dua kali lipat harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46/liter.

Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia. Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.

Aqua untuk saat ini merupakan market leader dalam medan persaingan berbagai produk air mineral di Indonesia. Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Aqua sebagai produk air mineral yang pertama kali hadir di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas.

Pada bagian pertama di atas anda sudah membaca sedikit latar belakang dan juga sejarah perusahaan yang dibahas dalam makalah manajemen strategi ini. Anda bisa melihat contoh kesimpulan dan sarannya di bagian bawah. Terakhir, silahkan gunakan contoh ini sebagai bahan belajar saja.

Kesimpulan

  1. PT Aqua Golden Mississippi Tbk, sebagai perusahaan pelopor air minum mineral pertama kali di Indonesia yang menerapkan go publik yang tujuannya adalah memperbaiki struktur modal menjadi lebih sehat (Widoatmodjo, 2004: 32).
  2. AQUA diorganisasikan secara pengendalian terpusat dari operasi yang desentralisasi. PT AQUA Golden Mississippi adalah anggota Aqua Group , koleksi perusahaan dengan kepemilikan silang dimana Tirto yang paling berkepentingan. Kelompok memusatkan pada produksi dan distribusi air dalam botol.
  3. Pemilihan bentuk nama Latin adalah netral , dan tidak ada kepentingannya dengan kelompok suku tertentu. Sebaga bonus AQUA adalah kata yang mudah untuk diucapkan untuk pembicara setiap bahasa. Pemasaran menyediakan keunggulan bersaing yang utama diantara pembuat air dalam botol. Penyaluran yang efisien dan pengiklananan untuk membedakan dan memproduksi satu kesetiaan pada merek adalah kunci sukses.
  4. AQUA menggunakan seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda. Sementara pengiklanan dan humas “menarik” AQUA melalui saluran-saluran distribusi, promosi eceran lokal dan potongan harga “mendorong” produksi pada pelanggan. Keberhasilan merek dagang AQUA telah menarik paling tidak 10 peniru untuk menggunakan kata “aqua”. Dengan demikian penerapan nama “aqua” merupakan alternatif strategi perusahaan dalam rangka menjaga kesetiaan pelanggan

Saran

  1. Penerapan sistem go publik yang mampu memperbaiki struktur permodalan menjadi lebih sehat, hendaknya dilakukan peninjauan lebih lanjut sehingga dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk berkembang lebih maju.
  2. Penataan perusahaan khususnya dalam organisasional perlu adanya tinjauan kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut untuk mengetahui seberapa jauh perusahaan tersebut berkembang.
  3. Dengan menggunakan media komunikasi sebagai sarana promosi, merupakan salah satu alternatif strategi yang dapat meningkatkan citra perusahaan tersebut.
Semoga dapat menjadi tambahan referensi dan bahan belajar bagi anda semua yang membutuhkan. Jika anda membutuhkan contoh lengkapnya bisa mengikuti tautan yang disediakan. Jangan lupa catat alamat situs ini untuk berbagai referensi makalah yang sering anda butuhkan. Anda bisa mencari contoh lain Contoh Makalah Manajemen Strategi Perusahaan di atas, semua gratis untuk anda!