Contoh Makalah Komunikasi Bisnis Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Komunikasi Bisnis - Puji syukur kami sampaikan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah kelompok mata kuliah Komunikasi Bisnis yang berjudul “Ilmu Komunikasi Bisnis”. 

Dalam penyusunan makalah ini, kami menyadari bahwa banyak pihak yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk membantu, membimbing, dan memberi motivasi kepada kami. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terimakasih kepada Bapak Google selaku dosen mata kuliah Komunikasi Bisnis, dan teman-teman Departemen Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2014 Kelas A.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagai referensi pemikiran bagi pihak-pihak yang membutuhkan, terutama para teman mahasiswa dan terlebih lagi bagi penyusun sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan dan penyelesaian makalah ini, terdapat banyak kekurangan dan kesalahan. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca agar dapat menjadi perbaikan bagi kami untuk makalah selanjutnya. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Untuk gambaran mengenai Makalah Komunikasi Bisnis berikut beberapa point yang bisa dibahas lengkap berkaitan dengan isi makalah ini. Point-point tersebut antara lain sebagai berikut:
1 Pengertian Komunikasi dan Komunikasi Bisnis
2 Unsur-unsur Komunikasi
3 Bentuk Dasar Komunikasi
4 Proses Komunikasi
5 Memahami Komunikasi Bisnis

Manusia merupakan makhluk sosial yang harus berinteraksi dengan sesamanya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk dapat saling berinteraksi satu dengan yang lainnya, manusia perlu menggunakan suatu proses penyampaian informasi yang disebut proses komunikasi. Sebagai pembahasan lanjutan, makalah ini juga akan mengupas penggunaan komunikasi oleh manusia dalam berbisnis, yang popular disebut komunikasi bisnis.

Pada dasarnya, komunikasi yang dilakukan haruslah komunikasi yang efektif. Suatu proses komunikasi dapat dikatakan komunikasi yang efektif apabila informasi yang disampaikan oleh sumber (komunikator) tidak hanya menambah ilmu pengetahuan si penerima (komunikan), namun juga memberi efek/pengaruh bahkan ia sudah mau melakukan apa yang dikehendaki komunikator tersebut.

Untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif diatas, kita harus mengetahui dengan jelas apa yang dimaksud dengan komunikasi, bentuk dasar komunikasi, proses komunikasi, unsur-unsur komunikasi serta apa itu komunikasi bisnis.

Contoh Makalah Komunikasi Bisnis Lengkap
Contoh Makalah Komunikasi Bisnis Lengkap
http://adf.ly/qjZl2
)* copy paste link di atas untuk menyalin contohnya

Berdasarkan apa yang sudah dipaparkan pada makalah ini, maka dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut :
  1. Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku ataupun tindakan. Para ahli yang mengemukakan pendapatnya pun relatif memulai pengertian komunikasi dengan kata “proses”, jadi proses memiliki tempat utama dalam berkomunikasi.
  2. Bentuk dasar komunikasi itu ada dua, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal dimana keduanya memperkaya cara manusia untuk berkomunikasi serta keduanya saling bersinergi dalam mewujudkan komunikasi yang efektif.
  3. Proses-proses yang ada dalam komunikasi mengandung komponen/unsur komunikasi, dimana proses yang dimulai dari pengirim mempunyai ide sampai penerima mulai memberikan feedback dan menampakkan efek, keseluruhan proses itu merepresentasikan bahwa komunikasi memiliki keteraturan yang mungkin tidak disadari komunikator dan komunikan.
  4. Komunikasi juga mengambil peranan penting dalam kegiatan bisnis manusia yang meliputi tujuan-tujuan tertentu untuk penyampaikan informasi bisnis, berbagi pengalaman bisnis, menjalin mitra kerjasama, pembuatan surat bisnis, dan lain sebagainya. Sehingga bila komunikasi bisnis dilakukan dengan baik, maka urusan dalam bisnis tersebut akan berjalan lancar. 
Saran yang bisa kami berikan berdasarkan ulasan yang terdapat pada makalah ini adalah :
  1. Perlu pemahaman intensif oleh setiap orang yang ingin berkomunikasi pada proses dan unsur komunikasi agar pesan yang disampaikannya mampu dipahami atau bahkan dituruti oleh penerima
  2. Sebaiknya agar komunikasi berjalan lebih efektif dan efisien, pelaku dalam komunikasi harus mengetahui dan memahami bentuk dasar komunikasi dan mengimplementasikannya dalam percakapan sehari-hari
  3. Dalam memuluskan urusan bisnis, perlu sekiranya pengoptimalan aspek-aspek serta pendekatan-pendekatan yang ada dalam komunikasi bisnis, karena komunikasi adalah hal dasar dalam penyampaian ide bisnis tersebut 

DAFTAR PUSTAKA

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. 2006

http://studycommunication.wordpress.com/2012/10/13/teori-komunikasi-komunikasi-verbal/. Di akses pada: Juni 2013

http://riswantohidayat.wordpress.com/komunikasi/komunikasi-non-verbal/. Di akses pada: Juni 2013