Contoh Makalah Motivasi Belajar

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Motivasi Belajar - Anda sedang membutuhkan contoh karya tulis khususnya makalah yang membahas tentang motivasi? Tenang, disini anda bisa mendownload atau membaca lengkap sebuah Makalah tentang Motivasi Belajar. Jika berkenan, silahkan pelajari cuplikannya terlebih dahulu berikut ini.

Belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang terjadi di dalam satu situasi, bahkan dalam satu ruang hampa. Situasi belajar ini ditandai dengan motif-motif yang ditetapkan dan diterima oleh siswa. Terkadang satu proses belajar tidak dapat mencapai hasil maksimal disebabkan karena ketiadaan kekuatan yang mendorong ( motivasi ).

Belajar mengajar merupakan suatu proses yang sangat kompleks, karena dalam proses tersebut siswa tidak hanya sekedar menerima dan menyerap informasi yang disampaikan oleh guru, tetapi siswa dapat melibatkan diri dalam kegiatan pembelajaran dan tindakan pedadogis yang harus dilakukan, agar hasil belajarnya lebih baik dan sempurna. Dari proses pembelajaran tersebut siswa dapat menghasilkan suatu perubahan yang bertahap dalam dirinya, baik dalam bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap. Adanya perubahan tersebut terlihat dalam prestasi belajar yang dihasilkan oleh siswa berdasarkan evaluasi yang diberikan oleh guru.

Dalam proses belajar mengajar motivasi sangat besar peranannya terhadap prestasi belajar. Karena dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Bagi siswa yang memiliki motivasi yang kuat akan mempunyai keinginan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Sehingga boleh jadi siswa yang memiliki intelegensi yang cukup tinggi menjadi gagal karena kekurangan motivasi, sebab hasil belajar itu akan optimal bila terdapat motivasi yang tepat. Karenanya, bila siswa mengalami kegagalan dalam belajar, hal ini bukanlah semata-mata kesalahan siswa, tetapi mungkin saja guru tidak berhasil dalam membangkitkan motivasi siswa.

Motivasi yang kuat dalam diri siswa akan meningkatkan minat, kemauan dan semangat yang tinggi dalam belajar, karena antara motivasi dan semangat belajar mempunyai hubungan yang erat. Sebagaimana yang dikatakan oleh Sardiman A.M dalam bukunya Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar bahwa : "Dalam kegiatan belajar, maka motivasi menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai."

Motivasi sangat berperan dalam belajar, dengan motivasi inilah siswa menjadi tekun dalam proses belajar mengajar, dan dengan motivasi itu pula hasil belajar siswa dapat diwujudkan dengan baik. Siswa yang dalam proses belajar mempunyai motivasi yang kuat dan jelas akan tekun dan berhasil dalam belajarnya. Tingginya motivasi dalam belajar berhubungan dengan tingginya prestasi belajar. Bahkan pada saat ini kaitan antara motivasi dengan perolehan dan atau prestasi tidak hanya dalam belajar.

Contoh Makalah Motivasi Belajar ini menggunakan rumusan masalah yang telah dipilih sebelumnya. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan rumusan masalah sebagai berikut.
1. Apa jenis-jenis motivasi
2. Apa teori motivasi dalam pendidikan?
3. Apa fungsi motivasi dalam belajar?
4. Bagaimana upaya dalam menumbuhkan motivasi belajar?

Sejalan dengan rumusan masalah di atas, Makalah Tentang Motivasi Belajar ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan:
1. Jenis-jenis motivasi.
2. Teori motivasi dalam pendidikan.
3. Fungsi motivasi dalam belajar.
4. Upaya dalam menumbuhkan motivasi belajar.

Makalah ini disusun dengan harapan memberikan kegunaan baik secara teoretis maupun secara praktis. Secara teoretis contoh makalah ini berguna sebagai pengembangan konsep pemotivasian pendidikan. Secara praktis makalah ini diharapkan bermanfaat bagi:
  1. Penulis, sebagai wahana penambah pengetahuan dan konsep keilmuan khususnya tentang konsep pemotivasian pendidikan.
  2. Pembaca, sebagai media informasi tentang konsep pemotivasian pendidikan baik secara teoretis maupun secara praktis.

Motivasi merupakan suatu perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan dan didahului dengan adanya tujuan. Sedangkan motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.

Dalam pengaturan pendidikan, motivasi baik kekuatan internal maupun kekuatan eksternal. Ada teori yang berbeda dari motivasi dalam pengaturan pendidikan, termasuk yang menyatakan bahwa perilaku siswa didikte karena baik faktor eksternal maupun internal. 

Motivasi sangat berperan dalam belajar, siswa yang dalam proses belajar mempunyai motivasi yang kuat dan jelas pasti akan tekun dan berhasil belajarnya. Dalam kegiatan belajar sangat diperlukan adanya motivasi. Belajar akan menjadi optimal kalau ada motivasi. Makin tepat motivasi yang diberikan akan makin berhasil pula pelajaran itu. Jadi motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha bagi para siswa.

Silahkan download lengkap saja Contoh Makalah Motivasi Belajar ini melalui tautan yang telah disertakan. Jangan sampai lupa, dengan mendownload anda bisa mempelajari langsung karya tulis ini dengan leluasa dari bagian awal sampai akhir. 

Contoh Makalah Motivasi Belajar
Contoh Makalah Motivasi Belajar
http://q.gs/7YvA7
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya

Selain contoh makalah pendidikan di atas masih banyak contoh makalah lain yang bisa anda pelajari, pastikan anda juga membaca beberapa tema makalah menarik lainnya di bagian bawah. Jika memungkinkan catat juga alamat website ini sebagai tambahan referensi makalah yang sering di cari. Mudah-mudahan bermanfaat!