Contoh Karya Tulis Makalah Sejarah Internet

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Karya Tulis Makalah Sejarah Internet - Puji syukur saya panjatkan kepada Allah swt. Yang telah melimpahkan rahmat dan karunia Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah saya ini dengan baik. Saya tahu dalam pembuatan makalah saya ini masih banyak terdapat kekurangan,maka dari itu saya minta saran dan kritikan dari ibu guna memperbaiki kesalahan dalam pembuatan makalah saya ini. Terima kasih atas kritikan dari ibu yang mengajar semoga saya bisa memperbaiki kesalahan saya. 

Belajar mengenai internet paling mudah tentu dimulai dari mempelajari sejarahnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui asal usul internet kita akan lebih mudah untuk memahami apa itu internet, fungsinya, tujuannya dan lain sebagainya. Salah satu karya yang biasanya banyak membahas mengenai hal ini adalah karya tulis makalah.

Dalam sebuah karya tulis khususnya yang membahas mengenai Sejarah Internet biasanya anda akan dengan mudah mendapatkan informasi perkembangan internet dari awal kemunculannya. Berikut beberapa informasi yang seharusnya ada dalam sebuah makalah sejarah internet.

Internet
A. Sejarah internet
B. Sejarah internet dunia
C. Daftar kejadian penting 
D. Perkembangan internet
E. Internet saat ini
F. Budaya internet
G. Tata tertib internet
H. Isu moral dan undang undang
I. Akses internet
J. Manfaat internet

E-mail, Blog dan Facbook
A. Pengertian e-mail
B. Manfaat e-mail
C. Kekurangan e-mail
D. Manfaat blog
E. Manfaat facebook

Karena judul dari tulisan ini adalah Contoh Karya Tulis Makalah Sejarah Internet maka sudah tentu kita akan mengupas mengenai makalah sesuai tema tersebut. Nah, berikut ini adalah cuplikan latar belakang yang bisa digunakan dalam makalah ini, silahkan di baca.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun1969, melalui proyek ARPAyang disebutARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardwaredan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. 

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Contoh Karya Tulis Makalah Sejarah Internet

Contoh Karya Tulis Makalah Sejarah Internet

Bagi anda, yang datang ke website ini untuk mencari makalah tentang sejarah internet maka anda bisa mendapatkan contoh yang anda butuhkan dengan cara download. Makalah lengkapnya sudah disiapkan, anda tinggal klik tautan download di bawah gambar di atas untuk mendapatkannya. 

Jika ada karya tulis lain selain Contoh Karya Tulis Makalah Sejarah Internet ini silahkan cari di bagian pencarian atau anda bisa melihat koleksi contoh terbarunya di bagian akhir tulisan ini. Jelas bukan, kalau jelas kita cukupkan sampai disini saja, semoga uraian singkat ini berkenan di hati anda!