Contoh Makalah Tentang Sistem Koloid

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Sistem Koloid - Asslamu’alaikum Wr. Wb. Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nyalah kami dapat menyelesaikan makalah kami yang membahas Sistem Koloid. Untuk kedua kalinya sholawat serta salam kami haturkan kepada junjungan nabi Muhamad SAW semoga selalu terlimpahkan. Amien. 

Tak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada Bapak/ Ibu guru yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan Makalah Tentang Sistem Koloid ini. Dimana makalah ini kami mengupas sekelumit tentang Sistem Koloid dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. 

Semoga makalah ini bermanfaat bagi siswa siswa atau bagi pembacanya. Tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan penyusunan makalah ini yang masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak maupun bagi pembaca makalah ini. Wasalam

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering bahkan selalu menggunakan bahan-bahan kimia, seperti sabun, minyak wangi, pasta gigi, dan lain-lain. Bahan-bahan kimia tersebut tidak dalam bentuk padatan maupun larutan, tetapi dalam bentuk antara padatan dan larutan yang disebut koloid. Sistem koloid perlu kita pelajari karena berkaitan erat dengan hidup dan kehidupan kita sehari – hari. Cairan tubuh, seperti darah adalah sistem koloid; bahan makanan, seperti susu, keju, nasi dan roti adalah sistem koloid; cat, berbagai jenis obat, bahan kosmetik, tanah pertanian juga merupakan sistem koloid.

Karena yang anda baca ini merupakan suatu contoh maka hanya akan ada cuplikannya saja, untuk mengetahui apa saja materi yang di bahas dalam contoh karya tulis ini silahkan baca rumusan masalah yang tertera di bawah ini;
a. Apa yang dimaksud dengan sistem koloid?
b. Jelaskan macam-macam sistem koloid?
c. Bagaimana sifat-sifat koloid?
d. Bagaimana proses pembuatan sistem koloid?
e. Apa saja komponen sistem koloid, bentuk partikel dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari?

Dari rumusan masalah di atas tentu kita tahu apa saja yang akan dibahas yaitu antara lain mengenai pengertian sistem koloid, jenis atau macam sistem koloid dan lain sebagainya. Sistem koloid adalah merupakan suatu bentuk campuran (sistem dispersi) dua atau lebih zat yang bersifat homogen namun memiliki ukuran partikel terdispersi yang cukup besar. Macam-macam sistem koloid : Aerosol, sol, buih, emulsi dan gel. Sifat-sifat sistem koloid : Efek Tyndall, Gerak Brown, muatan listrik, kestabilan koloid, koloid liofil dan liofod. 

Pembuatan sistem koloid dibedakan menjadi 2 yaitu dengan cara kondensi dan dispepersi. Komponen penyusun koloid dibedakan menjadi 2 yaitu fase kontinyu dan fase diskontinyu. Bentuk- bentuk sistem koloid antara lain bulatan, batang, serat dam piringan. Kegunaan sistem koloid dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam bidang industri, makanan, kosmetik, obat-obatan dan sebagainya.

Sekarang, jika anda membutuhkan Contoh Makalah Tentang Sistem Koloid ini anda bisa mendapatkannya dari link di bawah ini. Silahkan klik link dibawah gambar untuk download makalah koloid lengkap mulai dari halaman judul sampai daftar pustaka. 

Contoh Makalah Tentang Sistem Koloid
Contoh Makalah Tentang Sistem Koloid
http://q.gs/7ZXio
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya

Jika ada contoh lain yang anda butuhkan jangan ragu untuk mencarinya di website ini, mudah-mudahan semua kebutuhan anda akan contoh karya tulis bisa anda dapatkan disini. Jangan lupa, jika anda berkenan anda bisa ikut berpartisipasi membangun situs ini dengan membagikan tulisan ini di media sosial seperti facebook dan lain sebagainya. Demikian pembahasan hari ini mengenai Contoh Makalah Tentang Sistem Koloid, semoga berkenan.