Contoh Makalah Seni Tari Tradisional

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Seni Tari Tradisional - Segala puji bagi Allah Swt, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw beserta keluarganya. Berkat rahmat dan hidayat serta inayat-Nya penulis dapat menyelesaikan pembuatan karya tulis ini tanpa mengalami hambatan yang berarti, oleh karena itu penulis memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah Swt.

Semua kesalahan dan kekeliruan yang terdapat dalam karya tulis ini, sepenuhnya tanggung jawab sendiri. Akhirnya, dengan karya tulis ini penulis persembahkan pada rekan-rekan sekalian. Semoga menjadi titik sumbangan bagi pembangunan ilmu pengetahuan yang sangat luas. 

Jika anda membutuhkan sebuah contoh sebagai gambaran atau referensi mengenai Makalah Kesenian anda bisa mempelajari salah satu contohnya disini. Contoh yang akan diberikan ini adalah sebuah karya tulis yang membahas tentang seni tari tradisional. Anda juga bisa mendownload contohnya secara lengkap dari awal sampai akhir.

Untuk sekedar gambaran bagaimana isi dari makalah tersebut silahkan lihat daftar isi untuk Makalah Seni Tari Tradisional yang ada di bawah ini:

Kata Pengantar
Daftar Isi

Bab I. Pendahuluan
1.1 latar belakang masalah
1.2 perumusan masalah
1.3 tujuan 
1.4 alasan pemilihan judul 

Bab II. Materi/Isi 
2.1 pengertian tari tradisional 
2.2 contoh tari tradisional 
2.3 kekayaan tari tradisional
2.4 upaya melestarikannya

Bab III. Penutup
3.1 kesimpulan
3.2 saran

Daftar Pustaka

Dalam seni Tari Tradisional ini saya membuat agar semua kalangan-kalangan remaja ikut berpartisipasi. Karena pada umumnya tari tradisional ini cukup menyusut dengan tarian-tarian moderen masa kini. Maka dari itu saya ingin menjelaskan apa manfaat dari tari tradisional yang begitu kurang akan peminatnya. Banyak sebagian remaja yang tidak mengetahui apakah makna tari tradisional dan manfaatnya. Selain itu tari tradisional juga bisa membuat ketertarikan tersendiri bagi remaja-remaja saat ini.

Dari uraian yang saya tuliskan dalam karya tulis ini, bahwa seni tari merupakan sebuah karya manusia yang diekspresikan dalam gerak – gerak yang indah. Di mana setiap unsur geraknya mempunyai arti dan tujuan dari sang koreografinya. Gerak seni tari bukan hanya tertumpu pada tubuh saja tetapi kelengkapan tari ( Rias, busana, musik, dll ) menjadi kebutuhan yang sangat terkait. 

Berbagai macam tari yang sering kita lihat banyak di pengaruhi oleh fungsi social seperti tari upacara, tari hiburan dan tari pertunjukkan. Sementarabedasarkan penyajiannya bentuk tarian terbagi atas tari tunggal, tari rampak, tari berpasangan dan tari paduan berpasangan. Cara penyajiannya dapat secara Statis dan Mobile. 

Saya mempunyai saran untuk tari tradisional ini agar lebih di kembangkan kembali, karena alangkah baiknya jika tari tradisional ini lebih menonjol lagi di Negara kita Indonesia dan di adakannya festival-festival tari tradisional. Boleh juga diadakannya latihan-latihan atau kursus tari tradisional untuk kalangan-kalangan remaja khususnya untuk mengharumkan bangsa kita.

Contoh Makalah Seni Tari Tradisional
http://q.gs/7Y0ju
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya


Mudah-mudahan pembahasan singkat tentang contoh makalah seni tari tradisional ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Silahkan lihat juga beberapa contoh lainnya di bagian akhir tulisan ini. Jangan lupa untuk mendownload makalah lengkap tersebut dari tautan yang disediakan. 

Daftar Pustaka
Hidayat, Robby. 2005. Menerobos Pembelajaran Tari Pendidikan. Malang: Banjar Seni Gantar Gumelar. 

Kurnia, Ganjar. 2003. Deskripsi Kesenian Jawa Barat. Bandung : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat. 

Nana Priatna, Ade. 2008. Kurikulum Seni Tari. (Tanpa Kota Tanpa Penerbit). 

Rusliana, Iyus. 1990. Pendidikan Seni Tari : Buku Guru Sekolah Dasar. 

Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 

Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan Komposisi Tari. Yogyakarta